Ketua PBNU: Umat Muslim Boleh Ucapkan Selamat Natal ke Kristen

Date:



Telegraf, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengatakan, tidak masalah bagi umat Islam mengucapkan selamat Natal. Namun ucapan itu ditujukan untuk nabi Isa Almasih.

“Mengucapkan selamat Natal boleh. Tapi yang kita ucapkan itu atas kelahiran nabi Rasullah Isa Almasih,” kata Said usai menghadiri acara Haul ke-7 Gus Dur di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016).

Said mengatakan, umat Islam tidak perlu khawatir bila ingin menyampaikan ucapan selamat Natal kepada tetangga, kerabat atau rekan kerja.

“Boleh-boleh. Kita mengucapkan selamat hari Natal atas kelahiran nabi besar Isa Almasih binti Maryam. Jadi kita mengucapkan selamat ke nabi dan rasul, bukan ke anak Tuhan,” jelas Said.

Boleh tidak penyampaian ucapan selamat hari Natal kepada umat kristiani oleh seorang muslim menjadi perdebatan, antara lain setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa, yang isinya melarang seorang muslim mengikuti ritual keagamaan umat kristiani saat perayaan hari natal.

Seperti yang dibertakan sebelumnya, Ketua MUI, Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya sama sekali belum mengeluarkan fatwa terkait ucapan selamat hari raya Natal. Namun karena hal itu belum diputuskan, ia sendiri memilih untuk tidak menyampaikan ucapan tersebut.

Photo credit : Antara


Artikel Lainnya

Lainnya Dari Telegraf
Telegraf

BTN Bersama REI Wujudkan Rumah Rakyat Berkualitas

Telegraf - Bersama REI PT Bank Tabungan Negara (Persero)...

SKK Bantah Terkait Under Invois Ini Keterangannya

Telegraf – Menyikapi keterangan Fungsional Peneliti Dokumen Tingkat Terampil...

Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah Kongres IPA 2022

Telegraf - DKI Jakarta sebagai salah satu UNESCO City...

Terkait Perlindungan Konsumen OJK Terbitkan POJK Baru Berikut Isinya

Telegaf –Dalam rangka memperkuat upaya perlindungan konsumen Otoritas Jasa...