Keselamatan di Jalan Raya, Honda Hadirkan Fitur Sensing Elite

"Fitur ini diadopsi untuk memastikan pemahaman intuitif tentang status operasi, situasi saat mengemudi, dan setiap permintaan untuk mengalihkan kembali kendali ke pengemudi."

Keselamatan di Jalan Raya, Honda Hadirkan Fitur Sensing Elite


Telegraf – Honda telah merilis sistem keamanan Honda Sensing Elite sebagai piranti standar di Honda Legend EX, yang mulai dipasarkan pada Jumat (05/03/2021).

Dengan mengusung slogan ‘Safety for Everyone’, Honda berkomitmen menjaga keselamatan berkendara dan terhindar dari tabrakan atau kecelakaan.

Kehadiran Honda Sensing Elite dinilai sebagai langkah maju pabrikan asal Jepang itu dalam menyuguhkan teknologi otonom Level 3. Dimana saat ini sedang dalam persetujuan pemerintah Jepang.

Penyematan ‘elite’ menunjukkan sebagai yang terdepan dan teknologi mewah dengan segala kelebihannya. Salah satu teknologi ‘elit’ adalah ‘Traffic Jam Pilot’, merupakan yang terkini untuk Level 3 dalam kondisi berkendara otonom.

Sistem ini secara otomatis bisa mengendalikan kendaraan, bahkan bisa di kondisi jalur perempatan atau tol. Menggunakan data kondisi jalan raya terbaru dan posisi kendaraan melalui peta tiga dimensi high-definition serta Global Navigation Satellite System (GNSS). Dibantu pula dengan berbagai sensor di kendaraan memantau 360 derajat.

Pada saat bersamaan, terdapat kamera yang memantau kondisi pengendara. Berdasarkan semua data yang didapat, Electronic Control Unit (ECU) akan mengolah kondisi, mengatisipasi kondisi nantinya dan mengotrol penuh pedal akselerator, rem dan putaran kemudi. Hal ini dapat membantu pengemudi mencapai kualitas mengemudi sekaligus menjanjikan pengendaraan yang halus.

Sedangkan dalam pengembangan yang terfokus pada keselamatan dan daya tahannya, setidaknya ada 10 juta pattern yang disimulasikan seperti layaknya berkendara. Pengujian menempuh hingga 1,3 juta kilometer.

Baca Juga :   Hyundai dan Uber Jadi Pemasok Kendaraan Listrik di Eropa

Honda Sensing Elite bisa dijumpai di kabin berupa lampu indikator untuk menyatakan aktifnya. Dibantu juga oleh pantauan layar LCD 12,3 inci. Fitur ini diadopsi untuk memastikan pemahaman intuitif tentang status operasi, situasi saat mengemudi, dan setiap permintaan untuk mengalihkan kembali kendali ke pengemudi.


Honda Sensing Elite. Honda Motor

 

Fajri Setiawan

close