Kementrian Perdagangan Membuka Bazar Ramadhan 1440 Hijriyah

Rangkaian pasar murah diawali pada tgl 16 di Bandung dan akan terus dilakukan di kantor kantor Kemendag dan terakhir di kantor Kemendag pusat. semua program itu bisa berjalan adanya kerjasama dengan semua pelaku usaha, asosiasi dengan pemerintah, sehingga terus menjaga kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau"

Kementrian Perdagangan Membuka Bazar  Ramadhan 1440 Hijriyah

Telegraf, Depok – Bertempat di Lapangan parkir Pusdiklat Kementrian Perdagangan (Kemendag) Cinangka, Depok, Kementrian Perdagangan, membuka bazar 2 hari (20-21 Mei) dalam rangka Ramadhan 1440 Hijriyah Lebaran 2019.

Berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah diperuntukan untuk masyarakat, seperti daging sapi, ayam ras potong, telur, terigu, minyak goreng, gula, beras, buah dan sayur.

Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan Karyanto Suprih menjelaskan program kerjasama pemerintah dengan pelaku usaha menunjukan bahwa negara hadir dalam setiap kegiatan keagamaan, kita tau awal bulan yang lalu ada kenaikan dan kami selaku pemerintah bersama sama kementrian lembaga lain dan pelaku usaha agar harga yag naik itu kembali normal.

Karyanto menerangkan pemerintah ingin dalam menghadapi ramadhan dan lebaran stok kebutuhan bahan pokok aman, dengan demikian jika stok aman maka tidak ada alasan barang naik harganya.

“Rangkaian pasar murah diawali pada tgl 16 di Bandung dan akan terus dilakukan di kantor kantor Kemendag dan terakhir di kantor Kemendag pusat. semua program itu bisa berjalan adanya kerjasama dengan semua pelaku usaha, asosiasi dengan pemerintah, sehingga terus menjaga kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Lanjut Karyanto barang barang yang dijual pada bazar tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga harga diluar/dipasaran. Ia berharap masyarakat tidak membeli dengan kalap atau membeli dengan partai besar.

Ditemui di tempat yang sama Tuti Prahastuti, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting menjelaskan bazar tersebut adalah kegiatan bagaimana pemerintah mencoba mendekatkan kepada masyarakat agar masyarakat bergembira dalam bulan ramadhan dan menyambut lebaran.

Bazar diikuti 31 stand antaralain dari Asosiasi, penjual bahan pokok, perum Bulog , retail moderen antaralain Giant, Transmart, Lotemart, Alfa dan Matahari Putra Prima.

Baca Juga  Pemerintah Perlu Berpihak pada Petani Tembakau

“Bazar Ramadhan adalah kegiatan rutin kmi yang sudah di lakukan beberapa tahun terakhir, dampaknya sangat besar dimana transaksi tahun lalu sangat besar yaitu mencapai kurang lebih 2 milyar,” kata Tuti.

Untuk stook paket yang di sediakan Giant sebanyak 600 paket dalam 2 hari. Satu paket berisikam 5 item barang yaitu mie instan 5 bungkus, minyak 1 kilo gram (kg), 1 sirup, gula 1 kg, dan 1 bungkus nata de coco 500 gram di bandrol dengan harga Rp25.000, yang harga normal sebesar Rp50.000 disini masyarakat dapat menghemat Rp25.0000.

Lain halnya dengan bawang putih yang akhir akhir ini harganya melambung tinggi, harga bawang putih di bandrol per kilogramnya seharga Rp20.000, untuk daging sapi per kilonya seharga Rp78.000. (Red)


Credit Photo : Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan Karyanto Suprih saat melayani pembeli paket bazar ramadhan 2019 di stand Giant/telegraf


Share



Komentar Anda