Kemendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton

"Pada kesempatan ini, kita menyaksikan penandatanganan kontrak ekspor sarang burung walet ke China sebanyak 10 ton. Hal ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan ekspor komoditas sarang burung walet ke pasar China"

Kemendag Lepas Ekspor Sarang Burung Walet 10 Ton

Telegraf, Jakarta – Kementrian Perdagangan (Kemendag) lepas ekspor sarang burung walet sebesar 10 ton yang setara dengan Rp500 miliar ke China. Ekspor yang dilakukan oleh PT Tong Heng Investment Indonesia Suyanti Ang yang bekerjasama dengan perusahaan asal China Quanzhou Yuyan Family Biotechnology Co., Ltd (Bird Nest Diary) dan Xiamen Fuen Imp & Exp Co., Ltd, di Jakarta.

“Pada kesempatan ini, kita menyaksikan penandatanganan kontrak ekspor sarang burung walet ke China sebanyak 10 ton. Hal ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan ekspor komoditas sarang burung walet ke pasar China,” ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Veri Anggrijono.

Veri mengatakan pemerintah melalui perwakilannya di luar negeri terus mengupayakan peningkatan akses pasar internasional dengan melakukan lobi, pameran, dan misi dagang di negara tujuan ekspor. Hal ini untuk menyukseskan program hilirisasi nasional dan meningkatkan ekspor produk bernilai tambah.

Diketahui perkembangan ekspor sarang burung walet hingga April 2019 Veri menjelaskan mengalami penurunan sebesar 8,25 persen yaitu sebesar US$ 87,7 juta jika dibandingkat waktu yang sama di tahun lalu yang sebesar US$95,60 juta, sementara untuk ekspor ke China sensiri diangka US$ 40.18 juta.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Beijing dan Shanghai, China pada 17—23 Juli 2019. Kunjungan ini dalam rangka melobi Pemerintah China, khususnya General Administration of Custom China (GACC) untuk lebih membuka dan memudahkan ekspor sarang burung walet indonesia.

”Kementerian Perdagangan, khususnya melalui Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center siap membantu dan memfasilitasi para eksportir untuk memperluas pasar
ekspornya di berbagai negara,” Kata Veri.

Baca Juga  AMC Hadir Untuk Menjawab Para Millenia Yang Tak Punya Waktu

Komisaris PT. Tong Heng Investment Indonesia: Mr. Chan Yu Ta menjelaskan ekspor kali ini bukan ekspor pertama melainkan ekspor pertama dari kerjasama dengan kedua perusahaan tersebut.

“Kita bukan ekspor yang pertama kali tetapi sudah mulai dari tahun 2017, bulan 10 (Oktober) ini hanya penandatanganan kontrak dengan klien baru dan ini ekspor perdana untuk mereka,” tutur Chan Yu Ta Jumat, (19/7).

Chan Yu Ta berharap tidak hanya 10 ton untuk kedepan bisa bertambah ekspor 20 hingga 30 ton dan naik setiap tahunnya. (Red)


Credit photo : Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Veri Anggrijono PT Tong Heng Investment Indonesia Suyanti Ang yang bekerjasama dengan perusahaan asal China Quanzhou Yuyan Family Biotechnology Co., Ltd (Bird Nest Diary) dan Xiamen Fuen Imp & Exp Co., Ltd, di Jakarta/telegraf




Komentar Anda