Kembangkan Usaha Kecil, UOB Buka Sentra UKM

"Para pelaku UKM membutuhkan nasehat atau masukan dari para petugas perbankan yang memiliki keahlian khusus dan mengerti kebutuhan-kebutuhan para pelaku UKM,"

Kembangkan Usaha Kecil, UOB Buka Sentra UKM


Telegraf, Jakarta – PT Bank UOB Indonesia bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Komitmen tersebut ditandai dengan pembukaan Sentra UKM di Jakarta.

Executive Director, Head of Business Banking UOB Indonesia, Denny Setiawan, di Jakarta, Selasa (13/12), mengatakan sentra ini membuka akses lebih luas lagi bagi para pelaku UKM untuk memperoleh informasi serta saran/masukan yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Selain itu, juga membuka akses lebih luas lagi bagi para pelaku UKM untuk mendapatkan pengetahuan tentang industri serta kesempatan guna membangun jaringan bisnis dalam upaya mendukung ekspansi bisnis mereka.

Ia menjelaskan, sektor UKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, sehingga diharapkan akan terus tumbuh, didorong oleh meningkatnya permintaan untuk barang dan jasa dari masyarakat kelas menengah Indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Selain itu juga inisiatif-inisiatif lintas negara seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership).

Denny menuturkan, pertumbuhan UKM kerap diiringi dengan berbagai tantangan seperti risiko-risiko perdagangan internasional dan kenyataan untuk menghadapi peraturan-peraturan pemerintah yang cepat berubah dan kompleks. Lebih dari 53 juta perusahaan lokal di Indonesia (atau mayoritas perusahaan) tergolong dalam kategori UKM dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) lebih dari 50%1.

“Saya berharap lebih banyak lagi nasabah UKM UOB Indonesia memperoleh berbagai kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan bisnis mereka baik di dalam maupun luar negeri. Untuk mewujudkan perkembangan bisnis tersebut, para pelaku UKM membutuhkan nasehat atau masukan dari para petugas perbankan yang memiliki keahlian khusus dan mengerti kebutuhan-kebutuhan para pelaku UKM,” kata Denny.

Baca Juga :   Mau Lakukan Perjalanan Pada 21-25 Juli, Ini Syaratnya

Berikutnya, kata dia, juga perlu memahami apa yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri, seperti bagaimana mengelola risiko pertukaran mata uang atau menghadapi peraturan pemerintah di pasar luar negeri. “Kami membuka Sentra UKM di Jakarta untuk menyediakan sebuah wadah yang dapat mendukung ambisi pertumbuhan bisnis para pengusaha UKM. Kami meyakini bahwa hadirnya Sentra UKM akan memberikan manfaat bagi para nasabah dalam memperoleh nasihat atau masukan pengelolaan keuangan yang diberikan oleh Relationship Manager kami,” ujarnya.

Denny menambahkan, melalui kemitraan dengan ITB ini juga maka para UKM memiliki akses untuk mendapatkan berbagai pandangan dan pengetahuan dari hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh ITB, seperti bagaimana mempertahankan karyawan dan meningkatkan produktifitas bisnis. Selain Sentra UKM, program Sertifikasi Eksekutif Perbankan UKM juga dilakukan, karena ini merupakan program pendidikan pertama yang dilakukan di industri keuangan, dan dirancang khusus untuk mencetak tenaga profesional perbankan UKM di Indonesia. (Red)

Photo credit : Reuters


KBI Telegraf

close