Kembali Menangkan Pemilu Turki, Erdogan Deklarasikan Kemenangan

"Serbia sangat mengutamakan persahabatan dengan Turki. Kami akan terus menjadi rekan yang bisa diandalkan kepada Turki dan pemimpinnya, yang siap melindungi negaranya di masa yang penuh tantangan,"

Kembali Menangkan Pemilu Turki, Erdogan Deklarasikan Kemenangan

Telegraf, Ankara – Hasil perhitungan suara memperlihatkan presiden petahana Turki Recep Tayyip Erdogan meraih 52,7 persen suara dalam pemilihan presiden (pilpres) setelah 96,5 persen suara dihitung menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, pada Minggu (24/06/18).

Pesaing utama Erdogan dalam pemilihan presiden, adalah Muharrem Ince dari kubu utama oposisi Partai Rakyat Republik, mengantongi 30,7 persen suara.

Dalam pemilihan anggota parlemen, Partai Pembangunan dan Keadilan–yang memerintah– memperoleh 42,5 persen suara setelah 96,5 persen suara dihitung menurut siaran kantor berita Xinhua. “Rakyat kita telah memberi kami tugas untuk memikul jabatan presiden dan pos eksekutif,” kata Erdogan (64) dalam pesan singkat nasional, saat kertas suara masih dihitung.

“Saya harap tak seorang pun meragukan hasilnya dan membahayakan demokrasi untuk menyembunyikan kegagalan mereka sendiri,” katanya.

Kepada para reporter di Istanbul, dengan mengutip hasil tidak resmi yang membuatnya menjadi pemimpin pertama Turki di bawah sistem presidensial, Erdogan kembali menyatakan bahwa rakyat Turki telah memberi saya tugas kepresidenan dan kekuasaan eksekutif.

Menurut hasil tidak resmi berdasarkan 98,11 persen surat suara yang sudah dihitung, Erdogan meraih 52,52 persen suara.

Dia juga mengatakan bahwa Partai Pembangunan dan Keadilan (AK) dan Aliansi Rakyat persekutuan antara Partai AK dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) juga mengamankan mayoritas parlemen menurut hasil tidak resmi, yang menunjukkan AK dan MHP bersama-sama mengumpulkan 53,59 persen suara.

Erdogan menggarisbawahi keamanan surat suara dan kebebasan menggunakan hak suara merupakan ekspresi kekuatan demokrasi Turki.

“Turki telah memberi pelajaran demokrasi bagi dunia dengan tingkat partisipasi hampir 90 persen,” kanya sebagaimana dikutip dari Anadolu.

Pemimpin Turki itu menyeru semua orang meninggalkan semua argumen, ketegangan dan kemarahan selama masa kampanye dan fokus pada masa depan bangsa.

Ucapan Selamat Dari Para Pemimpin Dunia

Pemimpin dari berbagai negara dunia mengucapkan selamat atas kesuksesan Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden (pilpres) dan parlemen Turki meski hasil pemungutan suara masih dihitung.

Ucapan pertama muncul dari Perdana Menteri Hungaria Victor Orban menurut sumber kepresidenan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kesuksesan besar dalam pemilu presiden menurut pernyataan dari kantor kepresidenan Azerbaijan seperti dikutip Reuters.

Dalam pembicaraan telepon, Aliyev mengatakan bahwa Turki tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Erdogan dan posisi Ankara di dunia internasional juga semakin baik.

Hasil gambar untuk erdogan win the election

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan atas kesuksesan proses demokrasi di Turki dan kemenangannya dalam pemilihan presiden, menurut siaran kantor berita WAFA. “Saya berharap Turki semakin sukses, maju, dan stabil,” kata dia.

Erdogan menjawabnya dengan menegaskan dukungan Turki kepada rakyat Palestina dan serta perjuangan mereka menuntut keadilan, kebebasan, dan stabilitas.

Dari Serbia, Presiden Aleksander Vucic berharap Erdogan berhasil menjalankan amanah. “Serbia sangat mengutamakan persahabatan dengan Turki. Kami akan terus menjadi rekan yang bisa diandalkan kepada Turki dan pemimpinnya, yang siap melindungi negaranya di masa yang penuh tantangan,” kata Vucic dalam pernyataan tertulis.

Ucapan selamat juga datang dari negara-negara dengan mayoritas penduduk Islam seperti Pakistan, Qatar, dan Kuwait.

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilu.

Hussain menegaskan tingginya tingkat partisipasi dan damainya pemilu adalah bukti kekuatan nilai-nilai dan institusi demokrasi di Turki.

Emir Qatar Tamim bin Hamad at-Thani dan Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jabar as-Sabah juga menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan. (Red)


Photo Credit : Presiden petahana Turki Recep Tayyip Erdogan meraih 52,7 persen suara dalam pemilihan presiden (pilpres). REUTERS/Umit Bektas

 

Share