Kapolri Instruksikan Antisipasi 4 Titik Mudik Rawan Kemacetan di Jateng

"Arus mudik tahun ini, mobil mengalami peningkatan dan motor mengalami penurunan, tetapi akan berjalan lancar,"

Kapolri Instruksikan Antisipasi 4 Titik Mudik Rawan Kemacetan di Jateng

Telegraf, Tegal – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengitruksikan kepada Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan seluruh jajarannya serta pihak terkait untuk mengatasi kemacetan di 4 titik di wilayah Jateng agar arus mudik Lebaran 2018 di sana berjalan lancar.

“Di Jawa Tengah terdapat 4 titik kemacetan, sehingga perlu lakukan penempatan baik anggota TNI Polri dan stake holder lainnya,” kata Tito saat meninjau Posko Mudik di Gerbang Tol Kertasari, Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (10/06/18).

Baca Juga  Wiranto: Silakan Saja Ajukan Hak Angket Untuk Iriawan

Sedangkan terkait kejadian kecelakaan lalu lintas mencapai angka 100 kejadian di seluruh Indonesia, menurut Kapolri, terjadi penurunan sebesar 35% dibandingkan mudik tahun lalu. Sampai saat ini, belum terjadi kecelakaan di tol pada arus mudik.

“Situasi sampai sekarang titik kemacetan di Jawa Barat terdapat 2 titik, Bekasi dan Cikampek serta di Jawa Tengah terdapat 4 titik. Secara inti, pemerintah menjamin arus mudik tahun 2018 berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan, pihaknya akan mencoba Jembatan Kalikuto bisa dilalui truk pada H-2 Lebaran. “Kunci kelancaran arus mudik adalah infrastruktur yang memadai, rekayasa lalu lintas dan kepatuhan berkendara,” katanya.

Sedangkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyampaikan, untuk arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan jumlah kendaraan roda empat atau mobil akan mengalami peningkatan. Sedangkan sepeda motor mengalami penurunan.

Baca Juga  Basarnas Terus Perluas Pencarian Korban KM Sinar Bangun

“Arus mudik tahun ini, mobil mengalami peningkatan dan motor mengalami penurunan, tetapi akan berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan agar penyelenggaraan mudik tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena infrastruktur telah dibangun dan perlu peningkatan kesiapan yang matang baik dari TNI dan Polri serta instansi terkait.

Setelah acara selesai, rombongan menuju Stadion Brebes, Jateng, untuk take off meneruskan perjalanan menuju Ngawi, Jawa Timur (Jatim) guna meninjau lokasi ketiga yang akan dicek kesiapannya untuk melayani pemudik Lebaran 2018. (Red)


Photo Credit : Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono (kiri) meninjau pintu keluar Tol Gringsing di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (23/6). Peninjauan ini guna memastikan pengamanan di titik pertemuan jalur tol dan non-tol tersebut berjalan lancar dan aman. ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Share