Kanada Temukan Dokumen Soal Pencari Suaka Dari AS

Kanada Temukan Dokumen Soal Pencari Suaka Dari AS

"Kami telah memberikan informasi mengenai dokumen-dokumen khusus yang diperlihatkan di perbatasan karena itu semua adalah dokumen Amerika,"

Kanada Temukan Dokumen Soal Pencari Suaka Dari AS


Telegraf, Ottawa – Kebanyakan orang yang melintasi perbatasan Amerika Serikat-Kanada untuk masuk ke Kanada adalah pencari suaka yang sebelumnya masuk secara resmi ke AS.

Kanada membagi informasi ini dengan pihak berwenang AS agar Amerika memahami fenomena itu, kata seorang pejabat tinggi Kanada seperti dilansir Reuters.

Ratusan pencari suaka yang kebanyakan dari Afrika dan Timur Tengah, telah memasuki Kanada.

Badan-badan pengungsi dan imigran Kanada mengambinghitamkan Presiden AS Donald Trump sebagai biang banjirnya pengungsi ke Kanada, setelah Trump menyatakan hendak menekan arus imigrasi.

“Kami telah memberikan informasi mengenai dokumen-dokumen khusus yang diperlihatkan di perbatasan karena itu semua adalah dokumen Amerika,” kata Menteri Keselamatan Publik Kanada Ralph Goodale kepada wartawan.

Goodale berbicara setelah bertemu dengan Menteri Keamanan Dalam Negeri AS John Kelly di Ottawa untuk membahas banjir pengungsi yang telah menekan pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau. (Red)

Photo credit : Reuters/Jim Young


KBI Telegraf

close