Juventus Keluarkan Rp 347 M Untuk Pecat Maurizio Sarri

"Pelatih yang pernah menangani Napoli dan Chelsea ini masih terikat kontrak dengan Juventus hingga Juni 2022, dengan gaji 5,5 juta euro bersih musim."

Juventus Keluarkan Rp 347 M Untuk Pecat Maurizio Sarri

Juventus resmi memecat pelatih Maurizio Sarri setelah gagal membawa Juve melaju ke perempat final Liga Champions, Sabtu (08/08/2020).

Meski menang, Juve gagal ke perempat final Liga Champions usai kalah agregat dari Olympique Lyonn.

“Juventus Football Club mengumumkan bahwa Maurizio Sarri telah dibebaskan dari posisinya sebagai pelatih tim pertama,” demikian pernyataan klub di laman resminya.

“Klub ingin berterima kasih kepada sang pelatih yang telah menulis babak baru dalam sejarah Juventus dengan memenangi gelar untuk kesembilan kalinya secara beruntun, kulminasi perjalanan pribadi yang membawa dia naik ke semua divisi sepak bola Italia,” tambahnya.

Tersingkirnya Juventus dari putaran 16 besar Liga Champions dari Olympique Lyon pada Sabtu dini hari WIB menjadi hantaman terakhir bagi Bianconerri yang tampil tidak konsisten.

Keputusan memecat Maurizio Sarri membuat Juventus harus “membuang” uang 20 juta euro atau Rp 347 miliar. Ini adalah nilai uang yang harus dibayarkan Juventus kepada Maurizio Sarri yang dipecat sebelum masa kontraknya selesai.

Dalam dua tahun beruntun, Juventus mendepak pelatih yang sebenarnya membawa mereka menjuara Serie A. Tahun lalu mereka mendepak Massimiliano Allegri, meski menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang mampu membawa sebuah klub menjadi juara Serie A lima musim beruntun. Kini, Bianconeri juga mendepak Maurizio Sarri yang baru saja mengantar tim itu menjuarai kompetisi yang sama.

Massimiliano Allegri didepak meski masih memiliki satu tahun sisa kontrak. Dia pun memutuskan untuk tidak melatih selama musim 2019/2020. Situasinya berbeda bagi Maurizio Sarri.

Pelatih yang pernah menangani Napoli dan Chelsea ini masih terikat kontrak dengan Juventus hingga Juni 2022, dengan gaji 5,5 juta euro bersih musim.

Jika Maurizio Sarri dipecat sebelum kontraknya selesai maka Juventus harus membayar 11 juta euro gaji bersih. Jika digabung dengan yang lainnya maka nilai yang harus dibayarkan Juventus mencapai 20,3 juta euro.

Seluruh staf juga dipecat sebagai bagian dari revolusi terbaru di klub yang bermarkas di Turin itu.


Photo Credit: Maurizio Sarri. AP Photo

Fajri Setiawan