Jumlah Waralaba di Indonesia Tembus 698 Brand, Hingga Omzetnya Capai Rp 172 Triliun

Oleh : KBI Media


Telegraf, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan, saat ini pertumbuhan usaha waralaba pada beberapa negara berkembang sangat pesat. Di Indonesia sendiri tercatat ada 698 brand waralaba dengan jumlah gerai sebanyak 24.400.

“Itu terdiri dari 63% waralaba dan bussiness opportunity (BO) lokal serta 37% waralaba asing, dengan omzet mencapai nominal Rp172 triliun per tahun,” ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/11/2016).

Sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba, Kementerian Perdagangan akan membantu melakukan pembinaan, pelatihan kepada pelaku dan calon pelaku waralaba. Kegiatan ini, kata Enggarstiato, sudah dilakukan 10 tahun terakhir dengan tujuan menumbuhkan dan meningkatkan daya saing waralaba nasional.

“Kami ingin lebih menstimulus pelaku usaha waralaba untuk beroperasi sesuai ketentuan yang berlaku, terutama memiliki legalitas usaha berupa surat tanda pendaftaran waralaba (STPW),” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia Franchise and SME Expo (IFSE) 2016 telah resmi dibuka. Kegiatan yang menampilkan berbagai perusahaan waralaba ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) selama tiga hari pada 25 sampai 27 November 2016. (Red)

Foto : Ilustrasi berbagai jenis minuman, bentuk waralaba yang banyak didapati di Indonesia. | Ist. Photo


Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close