Jonan dan Archandra Resmi di Duetkan Untuk Perbaikan Sektor Ekonomi Energi

Jonan dan Archandra Resmi di Duetkan Untuk Perbaikan Sektor Ekonomi Energi

“Ignasius Jonan diangkat sebagai Menteri ESDM Kabinet Kerja melalui Keputusan Presiden Nomor 114/P/2016 tentang pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja untuk sisa masa jabatan 2014-2019,”

Jonan dan Archandra Resmi di Duetkan Untuk Perbaikan Sektor Ekonomi Energi

Telegraf, Jakarta – Presiden Joko Widodo menerbitkan secara langsung dua Keputusan Presiden (Keppres) terkait dengan pengangkatan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai duo petinggi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Ignasius Jonan diangkat sebagai Menteri ESDM Kabinet Kerja melalui Keputusan Presiden Nomor 114/P/2016 tentang pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja untuk sisa masa jabatan 2014-2019,” kata Jokowi, Jumat (14/10).

Sementara Keppres untuk Arcandra bernomor 115/P/2016 yang menjadi landasan hukum dirinya menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM. Arcandra sendiri sebelumnya pernah diberhentikan Jokowi karena masalah kewarganegaraan ganda.

Ignasius Jonan merupakan profesional yang mengawali karirnya di bidang industri keuangan sebagai Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Di saat Kementerian BUMN dipimpin oleh Dahlan Iskan, ia dipercaya membenahi PT Kereta Api Indonesia mulai 2009 sampai 2014.

Jokowi kemudian mempercayanya menjabat sebagai Menteri Perhubungan ketika pertama kali memimpin Indonesia. Namun, pada 2016 lalu Jonan diberhentikan sebagai Menteri Perhubungan yang oleh banyak pihak dikaitkan dengan tragedi mudik terparah yang menyebabkan korban jiwa belasan orang, atau lebih dikenal dengan tragedi Brebes Exit (Brexit). (ist/red)

Foto :  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru, Ignatius Jonan di duetkan dengan Archandra Tahar. | Photo Ist

KBI Telegraf

close