Jangan Hanya Tolak, Polri Nyatakan Hoax Juga Harus Dilawan

"Untuk mencegah hoax menyebar kan ada di masyarakat juga, bagaimana masyarakat memfilter informasi yang diterima. Karena itu, kita juga melakukan sosialisasi literasi cerdas bermedia sosial agar masyarakat tidak menjadi korban hoax,"

Jangan Hanya Tolak, Polri Nyatakan Hoax Juga Harus Dilawan


Telegraf, Jakarta – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengajak masyarakat agar melawan hoax atau berita bohong. Menurut Setyo, sekarang masyarakat tidak hanya menolak, tetapi harus melawan hoax.

“Saat masyarakat tidak hanya tolak hoax, tetapi harus dengan melawannya dengan cara menghapus atau tidak menyebarkah hoax,” ujar Setyo saat acara seminar bertajuk “Mengunggah Aman Tanpa Melanggar Hukum” di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (17/10/18).

Masyarakat, kata Setyo tidak boleh menerima begitu saja berita yang beredar khususnya dari media sosial. Jangan sampai menjadi korban dari berita hoax, yang justru merugikan diri sendiri.

“Untuk mencegah hoax menyebar kan ada di masyarakat juga, bagaimana masyarakat memfilter informasi yang diterima. Karena itu, kita juga melakukan sosialisasi literasi cerdas bermedia sosial agar masyarakat tidak menjadi korban hoax,” terangnya.

Menurut dia, hoax berkembang karena adanya kecenderungan masyarakat Indonesia yang kurang bertanggung jawab dalam bermedia sosial dan ingin pertama menyebar berita. Namun, Setyo mengakui bahwa ada juga yang memanfaatkan haox untuk mendapat keuntungan ekonomi, mempengaruhi ideologi, membuat provokasi, atau menjatuhkan lawan.

“Apalagi menjelang Pileg dan Pilpres 2019, perlu hati-hati karena hoax akan meningkat. Pasalnya masing-masing calon ingin menang dan mengalahkan yang lain. Dari 150 juta penduduk juga yang menggunakan internet, 80 persen di antaranya adalah pemilih. Ini adalah pangsa pasar yang besar,” pungkasnya. (Red)

Baca Juga :   Lebaran 1 Syawal 1442 H Jatuh Pada Kamis 13 Mei 2021

Photo Credit : Aria Pradana

KBI Telegraf

close