Jaksa Agung: Tergantung Hakim Sidang Ahok Disiarkan Langsung Atau Tidak?

“Sudah bukan menjadi kewenangan jaksa lagi bahwa pelaksanaan persidangan di pengadilan itu menjadi kewenangan penuh dari pihak pengadilan. Hakimnya mengizinkan atau tidak (disiarkan terbuka), kan gitu,”

Jaksa Agung: Tergantung Hakim Sidang Ahok Disiarkan Langsung Atau Tidak?


Telegraf, Jakarta – Berkas kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama telah P21 dan siap dilimpahkan ke pengadilan. Persidangan rencananya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan, prinsipnya proses persidangan dilakukan secara terbuka. Namun, terkait kemungkinan disiarkan langsung oleh media, menurutnya, hal itu bukanlah ranah Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Sudah bukan menjadi kewenangan jaksa lagi bahwa pelaksanaan persidangan di pengadilan itu menjadi kewenangan penuh dari pihak pengadilan. Hakimnya mengizinkan atau tidak (disiarkan terbuka), kan gitu,” kata Prasetyo seusai menghadiri acara puncak Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) 2016 di Jakarta, Kamis (1/12).

Pada bagian lain, dia membenarkan bahwa Ahok tidak dikenakan dengan Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Artinya, Ahok hanya dijerat dengan Pasal 156 dan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Hal ini sesuai berkas dari kepolisian ke kejaksaan. “Kita terima berkasnya tidak ada UU ITE, yang ada penistaan agama,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah merampungkan penyusunan dakwaan. “Sudah selesai. Kita bergerak sejak awal, untuk merespons imbauan keinginan dan tuntutan sementara pihak dan masyarakat,” imbuhnya. (Red)

Foto : Jaksa Agung M. Prasetyo. | Antara Photo//Rivan Awal Lingga


KBI Telegraf

close