Connect with us

Ekonomika

Ini Yang dilakukan OJK Untuk Kasus PT WAL

Published

on

Photo Credit : Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK (Tengah ka) dan Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono (tengah ki)/Doc/OJK

Telegraf – Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, Otoritas Jasa Keuangan terus mengupayakan penyelesaian masalah di sejumlah perusahaan asuransi seraya memperkuat pengaturan dan pengawasan untuk semakin melindungi konsumen.

Seperti yang terjadi pada kasus PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life/PT WAL) yang sudah dicabut izin usahanya oleh OJK pada Desember lalu, OJK terus memantau pelaksanaan program kerja Tim Likuidasi (TL) yang sudah diajukan oleh Pemegang Saham dalam RUPS LB.

“Sesuai UU 40/2007 tentang Perusahaan Terbatas dan anggaran dasar PT WAL pembentukan TL sepenuhnya merupakan kewenangan dari RUPS. Adapun kewenangan OJK atas pembentukan TL adalah melakukan verifikasi terhadap persyaratan administratif calon TL yang diajukan oleh Pemegang Saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku,’tutur Ogi dalam konfrensi pers mengenai Perkembangan Kebijakan dan Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), Kamis (3/2).

Ia mengungkapkan Saat ini, TL telah melakukan pendaftaran dan pemberitahuan kepada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM, atas akta penetapan RUPS Sirkuler untuk membubarkan Perusahaan dan membentuk tim likuidasi tanggal 30 Desember 2022.

Sebelum RUPS Sirkuler memutuskan pembentukan tim likuidasi, OJK telah melakukan proses verifikasi calon TL yang diusulkan oleh pemegang saham dan disetujui oleh RUPS. Proses verifikasi yang dilakukan OJK mengacu kepada ketentuan Pasal 4 POJK 28/2015 tentang Pembubaran, Likuidasi, dan Kepailitan Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, hanya dua orang calon TL yang memenuhi syarat dari tiga orang yang diajukan. Dengan demikian, pembentukan Tim Likuidasi dan pembubaran Perusahaan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sesuai dengan pengumuman yang telah dilakukan oleh TL dalam surat kabar tanggal 11 Januari 2023, maka Para Pemegang Polis, Tertanggung, Peserta, Karyawan, dan Kreditor lainnya dapat segera menyampaikan tagihan kepada TL dan untuk selanjutnya TL akan melakukan verifikasi atas dokumen pendukung yang menjadi dasar perhitungan penyelesaian kewajiban kepada para pihak.

Para pemegang polis agar memperhatikan batas waktu pendaftaran tagihan sesuai dengan pengumuman yang disampaikan TL yang diatur sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. OJK juga telah berkoordinasi dengan TL dan meminta TL untuk menangani proses pendaftar tagihan secara cepat, aman dan memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Baca Juga :   Jelang Pemilu, Apindo Sebut UMKM Nikmati Perputaran Uang Selama Masa Kampanye

OJK menghargai proses hukum yang sedang dilakukan Kepolisian RI yang telah menetapkan 7 orang sebagai tersangka terkait kasus PT WAL termasuk Pemegang Saham Pengendali dan keluarganya yang diduga melakukan tindak pidana atas nama Evelina Fadil Pietruschka, Manfred Armin Pietruschka, dan Rezanantha Pietruschka, dan OJK mendorong agar Pihak Kepolisian dapat menyita harta kekayaan milik PSP untuk membayar kewajiban kepada pemegang polis.

OJK juga tetap meminta kepada Pemegang Saham Pengendali agar kembali ke Indonesia untuk bertanggung jawab atas permasalahan PT WAL. Selain itu, OJK akan melakukan tindakan tegas terhadap Akuntan Publik, Kantor Akuntan Publik, appointed actuary dan Konsultan Aktuaria yang memberikan jasa kepada PT WAL.

Dikesempatan yang sama Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, menjelaskan OJK terus memperkuat upaya pelindungan konsumen antara lain dengan menerbitkan pengaturan pelindungan konsumen yang seimbang, melalui penerbitan Peraturan OJK Nomor 6 tahun 2022 Tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan. Sejalan dengan hal itu, OJK juga terus memperkuat pengawasan market conduct, sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Selain upaya penguatan regulasi dan pengawasan market conduct, OJK berkomitmen untuk terus melaksanakan program edukasi keuangan secara masif.

“Di industri asuransi, OJK terus mendorong perusahaan asuransi untuk dapat mengoptimalkan fungsi internal dispute resolution, sehingga aduan/keluhan konsumen dapat segera ditangani dan terselesaikan dengan baik, dalam rangka mencegah potensi risiko reputasi terhadap perusahaan dan sektor industri asuransi nasional,” kata Friderica.

Lanjutnya terkait dengan PT WAL, OJK sebelumnya telah meminta perusahaan tersebut untuk menindaklanjuti pengaduan, termasuk memberikan sanksi peringatan tertulis karena terlambat/tidak menindaklanjuti pengaduan. OJK juga telah melakukan serangkaian pertemuan dengan konsumen PT WAL, baik sebelum maupun setelah Cabut Izin Usaha (CIU) untuk memberikan penjelasan proses penyelesaian bagi Pemegang Polis.

Advertisement
Click to comment

Ekonomika

Gandeng Pengusaha, Ganjar Siap Kembangkan KUR Murah dan Kredit Lapak Untuk UMKM Nasional

Published

on

Barisan pengusaha nasional dan lokal bersatu dalam relawan Progresif dan bertekad memenangkan Ganjar Mahfud sebagai Presiden 2024. FILE/Telegraf

Telegraf – Dukungan pada Capres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo terus bertambah. Kali ini, barisan pengusaha nasional dan lokal bersatu dalam relawan Progresif dan bertekad memenangkan Ganjar Mahfud sebagai Presiden 2024.

Deklarasi digelar di gedung Smesco Jakarta, Jumat (08/12/2023). Hadir dalam acara itu, ketua Tim TPN Ganjar Mahfud yang juga ketua KADIN, Arsjad Rasjid, Direktur Progresif Eka Sastra dan para pengusaha lainnya.

“Kami siap membantu pak Ganjar dan Pak Mahfud meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program UMKM. Kami optimis, UMKM Indonesia akan semakin naik kelas di bawah kepemimpinan pak Ganjar dan pak Mahfud,” ucap Eka Sastra.

Ganjar menyambut baik dukungan para pengusaha itu. Apalagi, mereka siap berjuang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat program-program pengembangan UMKM.

“UMKM memang menjadi salah satu konsen saya dan pak Mahfud. Karena saya punya pengalaman di Jawa Tengah, bagaimana potensi UMKM kita sangat besar dengan beragam kreasinya yang luar biasa,” jelasnya.

Selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah, banyak program yang telah dikeluarkan Ganjar untuk membantu UMKM. Selain pendampingan dan pelatihan, kemudahan akses modal juga diberikan.

Yang paling fenomenal adalah KUR dengan bunga murah. Saat KUR Nasional masih berbunga 12 persen, Ganjar mampu membuat KUR di Jateng berbunga 7 persen dan sekarang 6 persen pertahun.

Baca Juga :   Amarsyah Purba: Tingkatkan Kesejahteraan Petani Butuh Dukungan Korporasi dan Kecerdasan Lokal

“Dan program itu sangat membantu para pelaku UMKM di Jateng untuk mengakses modal. Dengan KUR itu, banyak UMKM di Jateng yang sukses dan naik kelas,” ucapnya.

Selain KUR murah, Ganjar juga membuat program lain bernama Kredit Lapak. Kredit khusus para pedagang kecil seperti pedagang pasar dan warungan itu membuat banyak pelaku usaha kecil semakin berdaya.

“Dua program itu sangat membantu dan akan terus kami lanjutkan. Apalagi sekarang didukung kekuatan pengusaha sebesar ini, maka ini bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Akan banyak UMKM yang bisa kita bantu agar mereka bisa naik kelas,” pungkasnya.

Continue Reading

Ekonomika

Gunakan Bahasa Jepang dan Inggris, Atikoh Sampaikan Potensi Kerja Sama Indonesia-Jepang

Published

on

Atikoh saat berpidato dalam acara ASJI Annual, International Symposium and Seminar on Japanese Studies in Indonesia di Universitas Sebelas Maret atau UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (07/12/2023). FILE/Telegraf

Telegraf – Siti Atikoh Supriyanti mengatakan Jepang-Indonesia mempunyai hubungan diplomasi yang baik dan ikatan kuat. Ada empat hal potensi kerja sama yang disampaikan Atikoh dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Atikoh menyampaikan hal tersebut saat berpidato dalam acara ASJI Annual, International Symposium and Seminar on Japanese Studies in Indonesia di Universitas Sebelas Maret atau UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (07/12/2023).

“Minasan, konnichiwa! Watashitachi wa kyou, koko ni. irasshaimashite, ureshii desu Hajimemashite, Atikoh hingga moushimasu. Kyou wa minna de tanoshiku issho ni. sugosou ke omotteimasu,” ucap Atikoh membuat riuh suasana peserta yang hadir.

Atikoh yang hadir sebagai Dewan Kehormatan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) itu kemudian menceritakan hubungan Jepang-Indonesia yang erat.

“Saat kita menghadapi berbagai tantangan, seperti bencana alam, pandemi, dan ketidakpastian ekonomi, kita harus bekerja sama untuk mengatasi permasalahan ini dan memastikan kesejahteraan warga negara kita,” ungkap Atikoh.

Istri calon presiden Ganjar Pranowo itu kemudian menyampaikan empat sektor yang potensial kerja sama. Yakni kesehatan, kebencanaan, stabilitas ekonomi dan kesetaraan gender.

Baik Jepang maupun Indonesia, Atikoh mengatakan, sama-sama rentan terhadap gempa bumi, tsunami, dan bencana alam lainnya.

“Dengan berbagi pengetahuan, keahlian, dan praktik terbaik, kita dapat meningkatkan sistem manajemen bencana dan meminimalkan dampaknya terhadap masyarakat,” ujarnya.

Berikutnya, Atikoh mengatakan Jepang-Indonesia punya potensi kerja sama di sektor kesehatan. Menurutnya, Jepang merupakan negara terdepan dalam kemajuan dan teknologi medis.

“Dengan membina kemitraan dalam penelitian, pengembangan, dan infrastruktur layanan kesehatan, kita dapat memperkuat sistem layanan kesehatan kita dan memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal di saat krisis,” katanya.

Baca Juga :   Gunakan Bahasa Jepang dan Inggris, Atikoh Sampaikan Potensi Kerja Sama Indonesia-Jepang

Selain itu, lanjut Atikoh, Jepang-Indonesia juga potensial dalam kerja sama terkait stabilitas ekonomi. Baik Jepang maupun Indonesia, memiliki perekonomian yang dinamis dan berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan kawasan.

“Mempromosikan perdagangan, investasi, dan kerja sama teknologi dapat menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif bagi masyarakat kita,” jelasnya.

Poin terakhir, Atikoh mengatakan Jepang-Indonesia punya kesamaan isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan berbagi pengalaman, praktik terbaik, dan kebijakan, kita dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan perempuan berpartisipasi penuh dalam semua aspek masyarakat. Perlu diingat, Ketika perempuan diberdayakan, masyarakat akan berkembang dan keamanan manusia akan menguat,” tegasnya.

Atikoh kembali memakai bahasa Jepang untuk menutup sambutannya. Dia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para tamu yang hadir dalam kesempatan tersebut.

“Minasan, gochisosama deshita. Kokoro kara osewa ni narimashita. Kondo, mata no okoshite no oai de, arigatou gozaimashita,” kata Atikoh.

Sebagai informasi, Atikoh Ganjar pernah mengenyam studi Strata 2 (S2) di Universitas Tokyo dengan mengambil jurusan kebijakan publik. University of Tokyo didirikan pada 1877.

University of Tokyo dianggap sebagai universitas paling selektif dan bergengsi di Jepang, serta termasuk salah satu universitas terbaik di dunia. Pada 2021, tercatat ada 17 perdana menteri Jepang lulusan dari kampus tersebut.

Continue Reading

Ekonomika

Kendalikan Impor, Kemenperin Imbau Agar Ada Penanganan Serius Terkait Barang Impor

Published

on

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. FILE/Kemenperin

Telegraf – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau kementerian dan lembaga lebih serius dalam upaya mengendalikan impor guna menekan masuknya barang dari luar negeri yang merugikan pelaku usaha lokal.

“Kami mengajak kementerian lain agar lebih serius dalam mengendalikan impor,” kata Agus di Kantor Kementerian Perindustrian Jakarta, Rabu (06/12/2023).

Dia mengatakan hal tersebut ketika menanggapi fenomena maraknya salah satu produk tekstil impor yaitu hijab yang diperjualbelikan di pasar dalam negeri.

Agus menjelaskan permintaan atas produk hijab dapat dipenuhi oleh produsen dalam negeri. Akan tetapi, masuknya hijab impor yang dijual dengan harga lebih murah membuat produk dalam negeri kalah saing sehingga menekan pertumbuhan industri tekstil di tanah air.

“Masalahnya kan ketika ada gempuran barang-barang impor, bentuknya mungkin dumping, harganya sangat murah nah itu yang membuat produk-produk kita jadi tertekan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu kunci penting dalam mengembangkan industri dalam negeri adalah dengan mengendalikan masuknya produk-produk impor terutama yang ilegal dan berpotensi merugikan pelaku usaha Indonesia.

“Salah satu kunci yang terpenting bagi pengembangan industri dalam negeri, salah satu ya dari beberapa kunci, yaitu bagaimana negara bisa memastikan bahwa produk-produk ilegal dan produk-produk impor yang pada gilirannya akan membuat injury dari produk-produk nasional itu bisa dikendalikan dengan baik,” katanya.

Baca Juga :   Jelang Pemilu, Apindo Sebut UMKM Nikmati Perputaran Uang Selama Masa Kampanye

Agus juga mendorong sinergi antar kementerian/lembaga untuk memberikan dukungan serta pembinaan kepada pelaku industri manufaktur yang menurutnya merupakan sektor usaha terpenting dalam perekonomian negara.

“Kita sama-sama mempunyai pandangan yang sama, ayo kita sama-sama mendukung atau membina industri manufaktur,” ucapnya.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat pada tahun 2022 dari 1,06 miliar hijab yang dibeli masyarakat, hanya 25 persen yang diproduksi dalam negeri dan selebihnya merupakan produk impor.

Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kementerian Koperasi dan UKM Temmy Satya Permana mengungkapkan harga yang lebih murah dibandingkan hijab produksi dalam negeri menjadi penyebab banjirnya produk hijab impor di pasaran.

“Hijab pada 2022 sebanyak 1,06 miliar pieces, dibeli oleh masyarakat kita, dari sejumlah itu hanya 25 persen produk dalam negeri,” kata Temmy.

Continue Reading

Ekonomika

Jelang Pemilu, Apindo Sebut UMKM Nikmati Perputaran Uang Selama Masa Kampanye

Published

on

Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana. FILE/Johan Tallo

Telegraf – Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana menyebutkan kelompok usaha yang menikmati perputaran uang selama pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pasalnya, kelompok usaha tersebut yang banyak melayani pesanan keperluan kampanye untuk pemilu seperti percetakan kaos, kalender hingga atribut lainnya.

“Jadi di industri besar tidak, agak sedikit bergeser perputaran uang selama pemilunya kepada masyarakat menengah ke bawah,” kata Danang dalam Seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024 di Jakarta, Rabu (06/12/2023).

Menjelang Pemilu 2024, terdapat beberapa peluang bisnis yang dilihat dunia usaha, seperti di bidang jasa konsultasi politik, atribut pemilu, jasa pemasangan spanduk dan baliho, katering dan perencanaan kegiatan, perhotelan dan transportasi, hingga iklan, media sosial dan pemasaran digital.

Adapun untuk industri besar, Danang memperkirakan beberapa industri seperti tekstil, produsen bahan-bahan percetakan, transportasi, hingga logistik tetap akan tumbuh selama pemilu meski tidak besar, yakni meningkat sekitar 2 persen sampai 5 persen.

Kendati demikian, dirinya mengingatkan dampak ekonomi selama pemilu menjadi tidak berarti jika pemilu dan transisi kepemimpinan tidak berjalan dengan baik.

“Dunia usaha mengharapkan kehidupan demokrasi berlanjut dengan baik dan tidak terdistorsi praktik negatif pemilu,” tuturnya.

Untuk itu, ia menyebutkan diperlukan koridor hukum, pemilu damai, jujur dan adil, kontestan yang mengedepankan pertarungan gagasan, hingga ekspektasi dan pengawasan dunia internasional dalam pesta rakyat kali ini, guna terus mendukung kelancaran perekonomian. Sementara itu, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan perputaran uang di tahun politik akan mencapai Rp100 triliun, yang berasal dari belanja makanan, minuman, akomodasi, hotel, transportasi, hingga logistik.

Baca Juga :   Ganjar Beberkan Strategi Stabilkan Harga Sembako

Salah satu perputaran uang yang terjadi di tahun politik berasal dari belanja pemerintah untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mencapai sekitar Rp50 triliun hingga Rp60 triliun.

 

Continue Reading

Ekonomika

Kunjungi Sejumlah Pasar Tradisional, Inilah Solusi Konkret Ganjar Atasi Kenaikan Harga Pangan

Published

on

Ganjar Pranowo, rutin mengunjungi pasar tradisional di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya di Pasar Selasa Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (06/12/2023). FILE/Telegraf

Telegraf – Ganjar Pranowo, rutin mengunjungi pasar tradisional di sejumlah daerah di Indonesia. Kali ini, capres nomor urut 3 itu berkunjung di Pasar Selasa Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (06/12/2023).

Di tiap pasar, Ganjar selalu mendapat keluhan dari pedagang terkait kenaikan harga bahan pangan. Inilah jawab konkret dari capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu.

Pertama, maksimalkan peran Bulog sebagai kepanjangan tangan pemerintah. Sehingga pangan tidak bisa diliberalisasi.

“Negara harus bisa mengendalikan harga pangan. Bulog harus dikembalikan fungsinya, karena pangan tidak boleh diliberalkan. Subsidi bukan hanya pupuk, tapi juga subsidi hasil pertaniannya,” ujar Ganjar.

Keberadaan Bulog, lanjutnya, juga sebagai upaya pemangkasan sistem distribusi yang memengaruhi besarnya harga.

“Jadi, Bulog bisa langsung membeli dari petani. Sehingga petani tidak menjual kepada tengkulak,” imbuhnya.

Kedua, pemerintah harus punya data pertanian secara detil. Mulai dari lahan, komoditas tanaman hingga petani. Data tersebut dapat mengendalikan kestabilan produksi pertanian.

“Saya sudah sampaikan berkali-kali, kalau data itu penting. Data menjadi acuan mulai dari produksi hingga hasil produksi,” lanjutnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menambahkan, pentingnya pemerintah membangun pabrik pupuk khusus petani.

“Banyak keluhan minimnya pupuk untuk petani, jadi rasa-rasanya pemerintah harus bangun pabrik pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani,” ungkapnya.

Baca Juga :   Gunakan Bahasa Jepang dan Inggris, Atikoh Sampaikan Potensi Kerja Sama Indonesia-Jepang

Setelah pupuk mampu mencukupi kebutuhan produksi, yang perlu diperhatikan adalah memperbaiki produksi menggunakan teknologi.

“Budidaya juga harus menggunakan teknologi yang baik. Dan, sarana produksi pertanian dan bantuan sarana produksi harus bagus,” paparnya.

Terakhir, upaya menjaga kestabilan harga pangan adalah rutin menggelar operasi pasar. Ini bertujuan untuk mengecek langsung kondisi di lapangan sekaligus meminta aspirasi dari para pedagang dan produsen.

“Operasi pasar harus dilakukan rutin. Jika ada gelaja supaya cepat ditangani,” tutur Ganjar.

Sementara Mistianawati, pedagang lain juga mengaku tidak menyangka jika tempat jualannya didatangi Ganjar. Dalam kesempatan itu, ia mengutarakan keluh-kesah soal harga bahan pangan yang naik.

“Iya ditanya soal harga pangan. Harapan kami Pak Ganjar bisa stabilkan harga,” tuturnya.

Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang ramah, baik dan merakyat.

“Orangnya baik dan ramah,” tandasnya.

Continue Reading

Ekonomika

Gudangnya Seni, Atikoh Sebut Industri Kreatif Jogja Tak Perlu Diragukan Lagi

Published

on

Siti Atikoh Supriyanti menemui ratusan pelaku UMKM dan industri kreatif di Yogyakarta, Rabu (06/12/2023). FILE/Telegraf

Telegraf – Istri Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menemui ratusan pelaku UMKM dan industri kreatif di Yogyakarta, Rabu (06/12/2023). Atikoh mengatakan, industri kreatif di Yogyakarta tak perlu diragukan sebab kental seni-budayanya di masyarakat.

Hal itu disampaikan usai berkunjung ke Jogja T-Shirt di Jalan Gamping, Sleman. Atikoh melihat langsung proses pembuatan produk kaos yang dijual sebagai oleh-oleh dengan desain yang unik dan menarik. Bahkan belajar proses menyablon.

Ia didampingi sang pemilik, Sugianto dan keluarga, serta sejumlah kader PDI Perjuangan juga dipandu berkeliling melihat toko dan produk lain yang dijual di Jogja T-Shirt. Kemudian, Ia menemui ratusan pelaku usaha yang telah menanti di aula.

“Kalau kita bicara industri kreatif Jogja punya potensi yang luar biasa ditunjang oleh pariwisata yang begitu potensial,” kata Atikoh,

Ia pun mencontohkan produk Jogja T-Shirt yang sebenarnya sederhana, tetapi mampu memaksimalkan dengan desain yang apik dan mengangkat kearifan lokal.

“Itu yang perlu dipertahankan dan pemiliknya sudah punya hak paten,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Atikoh sempat berdialog dengan dua pelaku usaha kecil. Keduanya hampir-hampir bergerak di bidang yang sama. Yakni fashion design dan fashion muslim.

Ada dua masalah yang dipertanyakan. Yakni soal akses dan permodalan. Berikutnya tentang kenaikan harga bahan baku.

Baca Juga :   Ganjar Beberkan Strategi Stabilkan Harga Sembako

“Memang ada kendala beberapa termasuk dari akselerasi digitalisasi. Ini PR kita bersama untuk memberikan pelatihan-pelatihan terutama kepada perempuan agar melek secara teknologi,” katanya.

Terkait ini, kata Atikoh, pemerintah tentu harus membuka dan memudahkan akses permodalan. Hal ini pernah dikerjakan oleh suaminya, capres Ganjar Pranowo saat memimpin Jawa Tengah dengan menelurkan beragam program KUR murah.

“Tentu diperlukan tindakan kreatif dari kita semua agar UMKM khususnya industri kreatif tidak hanya menjadi tuan rumah di negara sendiri tapi menguasai secara global,” tandasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

MUSIK

Advertisement
Advertisement

TELEMALE

Advertisement

Lainnya Dari Telegraf

close