Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Lawan Terorisme

“Kita butuh kerja sama untuk segera bisa melakukan akselerasi kemampuan siber kita dan juga agar bisa mengimbangi dinamika kemajuan siber di lingkungan regional maupun global yang sangat cepat sekali,”

Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Lawan Terorisme

Telegraf, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengungkapkan bahwa Indonesia dan Australia sepakat untuk terus melanjutkan kerja sama yang selama ini sudah terjalin, di antaranya bersama-sama melawan aksi terorisme dan kerja sama di bidang keamanan siber.

“Sebagai Dubes yang baru, tentu dia keliling untuk mengenalkan diri, termasuk ke Menko Polhukam. Pembicaraan jelas membicarakan banyak hal mengenai kelanjutan dari apa yang telah kita sepakati dengan pihak Austalia,” kata  Wiranto usai menerima kunjungan kehormatan Dubes Australia untuk Indonesia Gary Quinlan AO di kantornya, Jakarta, Senin (04/06/18).

Wiranto mengatakan, keduanya membahas mengenai kelanjutan pertemuan tingkat menteri untuk bagaimana bersama-sama melawan terorisme dan juga bagaimana melakukan penyekatan terhadap pembiayaan terorisme.

“Lalu kita juga akan mengadakan satu pertemuan khusus, back to back, bersama-sama sekaligus dengan pihak Australia, New Zealand, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina, melanjutkan pertemuan pasca-Marawi dulu, supaya kita bisa melakukan satu pengamanan bersama kawasan-kawasan kita dari aksi terorisme,” imbuhnya.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas mengenai kerja sama keamanan siber. Sebagaimana diketahui, Indonesia baru saja membentuk badan siber baru, yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dengan negara-negara lain agar bisa melakukan akselerasi kemampuan siber di Indonesia.

“Kita butuh kerja sama untuk segera bisa melakukan akselerasi kemampuan siber kita dan juga agar bisa mengimbangi dinamika kemajuan siber di lingkungan regional maupun global yang sangat cepat sekali,” ungkap Wiranto. (Red)


Photo Credit : Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. FILE/Dok/Ist. Photo

 

Share