Ignatius Jonan dan Archandra Tahar Resmi Dilantik Sebagai Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM

Ignatius Jonan dan Archandra Tahar Resmi Dilantik Sebagai Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM

“Saya lebih dahulu bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara siap untuk mengemban tugas negara ini? Jika siap ikuti kata-kata saya untuk mengambil sumpah jabatan,”

Ignatius Jonan dan Archandra Tahar Resmi Dilantik Sebagai Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM

Telegraf, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini telah resmi melantik Ignasius Jonan siang ini sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai Wakilnya di Istana Negara, siang ini.

Presiden dengan mengenakan pakaian formal dan peci hitam, Jokowi mengambil sumpah dua orang yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM tersebut.

Ignasius Jonan dan Archandra Tahar mengaku siap untuk mengemban jabatan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Archandra Tahar sebagai wakilnya untuk sisa masa jabatan periode 2014-2019.

“Saya lebih dahulu bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara siap untuk mengemban tugas negara ini? Jika siap ikuti kata-kata saya untuk mengambil sumpah jabatan,” kata Jokowi, Jumat (14/10).

“Siap,” keduanya menjawab serentak.

Jokowi kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang diikuti oleh Jonan dan Arcandra.

“Saya akan menjalankan sesuai peraturan perundang-undangan dan selurus-lurusnya demi kehormatan saya, bangsa, dan negara. Dalam menjalankan tugas, saya akan menjunjung tinggi sumpah jabatan dan bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya akan jaga integritas dan tidak akan menyalahgunakan kewenangan serta menghindari diri dari kegiatan tercela.”

Demikian serangkaian prosesi atas dilantiknya Ignatius Jonan sebagai Menteri ESDM dan Archandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM, yang dulunya posisi Menteri ESDM adalah dijabat oleh Archandra yang kini turun kelas menjadi Wakil Menteri ESDM. (red)

Foto : Upacara pelantikan Menteri ESDM Ignatius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar. | Hendra

KBI Telegraf

close