IAI Kembali Memberangkatkan Relawannya ke Lombok

"Relawan yang diberangkatkan kali ini adalah kloter ke 3, terdiri dari 11 apoteker yang berasal dari Sumatra Utara, Riau, Lampung, Banten, Bali, Samarinda dan Gorontalo. Sebelumnya diberangkatkan kloter pertama dan kedua masing-masing terdiri dari 11 apoteker yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Papua. Jadi ini adalah peran serta relawan apoteker dari seluruh Indonesia,"

IAI Kembali Memberangkatkan Relawannya ke Lombok

Telegraf, Banten – Peduli Lombok masih terus berdatangan kini dari Asosiasi Apoteker Indonesia (IAI) kembali membrangkatkan apoteker relawan yang ke 3, yang sebelumnya sudah memberangkatkan 2 kloter dari tanggal 6-13 September, disusul kloter kedua 13-20 September.

Relawan apoteker ini ditugaskan untuk membantu rumah sakit, puskesmas dan posko kesehatan di wilayah terdampak gempa.

“Relawan yang diberangkatkan kali ini adalah kloter ke 3, terdiri dari 11 apoteker yang berasal dari Sumatra Utara, Riau, Lampung, Banten, Bali, Samarinda dan Gorontalo. Sebelumnya diberangkatkan kloter pertama dan kedua masing-masing terdiri dari 11 apoteker yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Papua. Jadi ini adalah peran serta relawan apoteker dari seluruh Indonesia,” ungkap Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia Nurul Falah usai melepas keberangkatan relawan di Tangerang Banten.

Nurul menjelaskan para apoteker di sebar di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Dimana kedua kabupaten tersebut adalah yang paling parah dari dampak terjadinya gempa. Yaitu di puskesma Gunung Sari, posko darurat Kekait, RS Lapangan BSMI, RSUP Mataram, puskesmas Nipah, puskesmas Gangga, puskesmas Kayangan, posko darurat Pemenang Timur dan puskesmas desa Santong.

Nurul menambahkan para apoteker melakukan penataan logistik dan pelayanan kefarmasian. Disamping itu juga melakukan trauma healing terhadap anak-anak serta melakukan upaya promosi kesehatan (promkes) seperti edukasi pola hidup bersih dan sehat serta memberikan MPASI (Makanan pendamping ASI). (Red)


Photo Credit : IAI Kembali Memberangkatkan Relawan Apoteker ke Lombok. | Rakyat Merdeka

Share