Hanya Rp85.000, KAI Sediakan Layanan Rapid Test di Stasiun

"Pada tahap awal layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, mulai Senin (27/07/20). Sedangkan untuk stasiun lainnya secara bertahap akan menyediakan layanan rapid test tersebut."

Hanya Rp85.000, KAI Sediakan Layanan Rapid Test di Stasiun

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia menyediakan layanan rapid test Covid-19, salah satunya di Stasiun Solo Balapan.

Biaya rapid test tersebut hanya Rp85.000 di berbagai stasiun bagi pelanggan yang akan naik KA jarak jauh. Di wilayah Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta layanan ini tersedia di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru.

Untuk sementara waktu PT KAI Daops VI Yogyakarta bersama PT RNI akan menyelenggarakan layanan rapid test Covid-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Layanan rapid test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 WIB-19.00 WIB. “Biayanya Rp85.000. Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA jarak jauh. Artinya, hanya penumpang KA yang boleh mengakes layanan ini,” paparnya seperti dilansir dari Solopos, Minggu (26/7/2020) malam WIB.

Pada tahap awal layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, mulai Senin (27/07/20). Sedangkan untuk stasiun lainnya secara bertahap akan menyediakan layanan rapid test tersebut.

Menurutnya, layanan rapid test tersebut di Stasiun Solo Balapan akan dibuka secepatnya. Sedangkan tempat tes direncanakan di hall pintu masuk ke peron Stasiun Solo Balapan.

Di sisi lain, inovasi ini adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo.

Bertahap

Selain Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan, layanan tes cepat ini bakal hadir di berbagai stasiun lainnya seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung.

Baca Juga :   Pakar Hukum: Kasus Djoko Tjandra Momentum Bersihkan Penyamun di Kejaksaan

Selain itu Stasiun Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang secara bertahap.

“Layanan rapid test di Stasiun Balapan akan menyusul secepatnya. Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, menambahkan kemungkinan besar layanan rapid test di stasiun tersebut dibuka akhir pekan ini. Hal ini mengingat KA jarak jauh hanya beroperasi saat akhir pekan.


Photo Credit: Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian Covid-19. ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Adarory