Gulung UEA, Timnas U-19 Lolos ke Perempat Final

"Indonesia bermain apik sepanjang 45 menit pertama. Sejumlah peluang didapat diantaranya Egy Maulana Fikri yang gagal memaksimalkan umpan Witan setelah tendangannya masih bisa dikuasai kiper Suhail di menit 20."

Gulung UEA, Timnas U-19 Lolos ke Perempat Final

Telegraf, Jakarta – Tim Nasional Indonesia U-19 memastikan lolos seara dramatis ke babak perempat final Piala AFC. Langkah ini ditentukan setelah pada laga terakhir grup, tim Garuda Nusantara mengemas kemenangan tipis 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/18) malam WIB.

Kemenangan ini membuka asa Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Indonesai hanya butuh satu kemenangan lagi atau lolos ke semifinal untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Witan Sulaiman di menit 23. Indonesia harus bersusah payah mempertahankan keunggulan karena bermain dengan 10 pemain. Ini setelah kapten Nurhidayat mendapat kartu kuning kedua di menit 53.

Indonesia bermain apik sepanjang 45 menit pertama. Sejumlah peluang didapat diantaranya Egy Maulana Fikri yang gagal memaksimalkan umpan Witan setelah tendangannya masih bisa dikuasai kiper Suhail di menit 20.

Tiga menit berselang kebuntuan Indonesia berakhir setelah Witan lewat aksi individunya menggiring bola sendirian berhasil menjebol gawang UEA.

Setelah itu sejumlah peluang didapat tim Garuda Nusantara. Diantaranya tendangan bebas Saddil Ramdani di menit 33 yang masih bisa diamankan kiper UEA. Lalu Witan yang gagal memaksimalkan umpan Egy setelah tendangannya masih melambung di area penalti di menit 36.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, UEA yang tertinggal langsung menekan pertahanan Indonesia. Ujian Indonesia semakin berat setelah Nurhidayat diganjar kartu kuning kedua. Bermain dengan 10 pemain mau tak mau Indonesia bermain bertahan sambil mengandalkan serangan balik.

Pergantian pemain dilakukan dengan menarik keluar Saddil dan memainkan bek Indra Mustafa. Ujian semakin berat buat Indonesia setelah Egy Maulana harus ditarik keluar karena cedera. Dia kemudian digantikan M Rafi di menit 68.

Meski mendapat tekanan, Indonesia beberapa kali mampu melakukan serangan balik yang merepotkan. Diantaanya tendangan keras Luthfi dari jarak jauh yang masih bisa diamankan kiper Suhail di menit 79. Beberapa kali aksi Witan dan Todd Rivaldi mereptotkan pertahanan lawan.

Indonesia memastikan kemenangan setelah mampu mempertahankan keunggulan sampai peluit panjang berbunyi.

Di babak perempat final nanti, Indonesia akan menghadapi Jepang. (Red)


Photo Credit : Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Uni Emirat Arab dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

Share



Komentar Anda