Gantikan AHY, Partai Demokrat Akan Gelar KLB

"Dari kesimpulan pertemuan ini menyepakati harus segera diadakan KLB untuk memilih Ketua Umum yang baru yang dianggap mampu dan memiliki kapasitas jadi Ketua Umum Partai Demokrat dan membawa Partai Demokrat disukai masyarakat Indonesia, dan membuat Partai Demokrat besar,"

Gantikan AHY, Partai Demokrat Akan Gelar KLB


Telegraf – Para pendiri dan senior Partai Demokrat mendesak untuk segera diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) guna menghasilkan Ketua Umum baru untuk menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena dianggap gagal memimpin partai dan akan mencari sosok baru yang dianggap mampu membuat Partai Demokrat kembali disukai oleh masyarakat.

“Hari ini kami melaksanakan pertemuan antara pendiri Partai Demokrat dan senior Partai Demokrat untuk membahas tentang krisis kepemimpinan dan krisis kepercayaan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat AHY,” ujar Politisi Senior Partai Demokrat Darmizal lewat keterangan yang diterima, Sabtu (20/02/2021).

Hadir dalam pertemuan tersebut Subur Budhisantoso sebagai Pendiri Partai dan Ketua Umum Pertama, Umar Said selaku mantan Sekjen Partai Demokrat dan Senior Partai Demokrat, I Wayan Sugiana sebagai pendiri dan senior Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun sebagai Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Senior Partai, dan Agus Abubakar sebagai Senior Partai Demokrat.

“Dari kesimpulan pertemuan ini menyepakati harus segera diadakan KLB untuk memilih Ketua Umum yang baru yang dianggap mampu dan memiliki kapasitas jadi Ketua Umum Partai Demokrat dan membawa Partai Demokrat disukai masyarakat Indonesia, dan membuat Partai Demokrat besar,” imbuhnya.

Sebelumnya, senior Partai Demokrat Jawa Barat Yan Rizal Usman menyatakan Kongres Partai Demokrat pada Maret 2020 yang mengangkat AHY sebagai Ketua Umum cacat prosedur. Yan RIzal mengklaim bahwa Kongres 2020 itu penuh dengan rekayasa dan tidak taat azas.

“Sebab Kongres Maret 2020 tanpa ada laporan pertanggung jawaban Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan kata lain, tidak melengkapi layaknya persidangan partai politik,” katanya kepada media di Bandung, Senin (15/02/2021) lalu.

Baca Juga :   Webinar Muslimat NU, Dewi Arimbi Jelaskan Pentingnya Pencatatan Keuangan

Menurutnya, hal ini berbeda saat KLB PD pada tahun 2013 atas Ketua Umum Anas Urbaningrum yang kemudian digantikan oleh SBY, saat itu menjabat sebagai Presiden RI pada periode kedua.

“Karena itu wajar kalau ada tuntutan Kongres Luar Biasa. Ada hal-hal mendasar yang mendorong munculnya keinginan untuk menggelar KLB,” ucapnya.

“Partai Demokrat perlu hadirkan penyelamat partai untuk atasi kondisi terpuruk seperti ini,” ujarnya.


Photo Credit: Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti (AHY) pada saat menyampaikan pidato akan adanya upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa atau kudeta. ANTARA/Muhammad Adimaja

 

Edo W.

close