Gandeng BRI, TaniFund Gelontorkan Rp200 Miliar Bagi UMKM

Gandeng BRI, TaniFund Gelontorkan Rp200 Miliar Bagi UMKM

“Kami yakin, dukungan yang diberikan BRI untuk TaniFund dapat semakin memantapkan keyakinan masyarakat umum untuk turut terlibat dalam peningkatan kesejahteraan petani dan UMKM Indonesia,”

Gandeng BRI, TaniFund Gelontorkan Rp200 Miliar Bagi UMKM


Telegraf – TaniFund menandatangani kontrak kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Penandatanganan ini menjadikan mitra petani dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan TaniFund dapat menerima bantuan dana mulai bulan Maret 2021 mendatang.

“Kami yakin, dukungan yang diberikan BRI untuk TaniFund dapat semakin memantapkan keyakinan masyarakat umum untuk turut terlibat dalam peningkatan kesejahteraan petani dan UMKM Indonesia,” kata Pamitra, Presiden TaniHub Group melalui siaran persnya (26/02/2021).

Sebelumnya, BRI memang ingin merealisasikan penyaluran Kredit Modal Kerja bagi sektor pertanian dan UMKM hingga Rp200 miliar melalui TaniFund.

Sebagai P2P Agritech lending dengan pertumbuhan tertinggi dalam satu semester terakhir yakni sebesar 44.77%, TaniFund optimistis menjadi P2P Lending dengan market share terbesar di Indonesia melalui penyaluran kredit 600% lebih besar dari tahun sebelumnya.

Ke depan, Pamitra berharap dapat menjangkau lebih banyak petani dan UMKM di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2017, platform telah berhasil menyalurkan pendanaan sebesar Rp195,83 miliar melalui ratusan proyek di bidang pangan dan agrikultur.

Upaya tersebut diklaim berdampak pada peningkatan produksi 2.700 petani binaannya sebesar 20%.

Tidak hanya itu, Tanihub dalam laporannya juga telah berhasil meningkatkan inklusi keuangan. Hal tersebut terlihat pada peningkatan pendapatan petani binaannya secara umum sebesar 25% dengan kepemilikan rekening bank mencapai angka 100%.


Photo Credit: Pemerintah dinilai perlu memprioritaskan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi. Hal ini karena sektor UMKM bisa memberikan efek berganda atau multiplier effect kepada masyarakat, termasuk dalam menciptakan permintaan. FILE/IST. PHOTO

 

Shan Santi

close