Gaji Ke -13 Untuk ASN dan Pensiunan Akan Cair Bulan Agustus

Gaji Ke -13 Untuk ASN dan Pensiunan Akan Cair Bulan Agustus

"Keputusan Bapak Presiden mengenai gaji ke-13 untuk tahun 2020 seperti diketahui bahwa gaji ke-13 itu sudah dianggarkan di dalam Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020 dan itu ada di dalam undang-undang APBN namun pelaksanaan undang-undang APBN 2020 Emang mengalami banyak sekali perubahan diakibatkan karena terjadinya konvid -19"

Gaji Ke -13 Untuk ASN dan Pensiunan Akan Cair Bulan Agustus


Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkn gaji ke 13 untuk Aparatur Sipil Negar (ADN) dan pensiunan akan di berikan pada bulan Agustus 2020 mendatang sebanyak Rp28,5 triliun.

“Keputusan Bapak Presiden mengenai gaji ke-13 untuk tahun 2020 seperti diketahui bahwa gaji ke-13 itu sudah dianggarkan di dalam Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020 dan itu ada di dalam undang-undang APBN namun pelaksanaan undang-undang APBN 2020 Emang mengalami banyak sekali perubahan diakibatkan karena terjadinya konvid -19,” ungkap Sri Mulyani dalam konfrensi pers yang di lakukan dengan Webinar Selasa (21/07).

Sri Mulyani mengatakan gaji ke 13 diberikan kepada seluruh ASN TNI Polri yang berada di tidak tidak masuk dalam kategori dari Pejabat Negara Eselon 1 dan Eselon 2 dan Pejabat setingkatnya. Sementara itu gaji ke 13 tidak diberikan kepada pejabat negara pejabat eselon 1 dan pejabat eselon 2 dan pejabat setingkat mereka.

Sri mulyani menyebutkah keseluruhan angaran untuk pembayaran gaji ke -13 sebesar Rp28,5triliun yang terdiri dari untuk ASN dan Gaji serta tunjangan yang melekat oada SSN Pusat, untuk pensiun dan untuk ASN daerah.

“Anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan pembayaran gaji ke-13 ini adalah sebesar 28,5 Triliun Rupiah yang terdiri dari untuk APBN ASN untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji ASN pusat adalah Rp6,73 triliun, sedangkan untuk pensiun ke-13 anggarannya adalah sebesar Rp7,86 triliun untuk pembayaran ASN daerah melalui APBD adalah sebesar Rp13,89 Triliun sehingga total untuk pembayaran gaji ke-13 ini adalah 28,5 Triliun,” ungkapnya.

Baca Juga :   Milad Ke 7 Jamsyar terus Secure, Survive, Sustain dan Catat Aset 1,9 Triliun

Pembayaran gaji ke 13 ini sebagai bagian dari stimulus perekonomian Indonesia selama pandemi. Untuk pelaksanaannya Kementrian Keuangan bekerja sama dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) terkait regulasi pada Peraturan Pemerintah Nomor 35 2019 tentang perubahan ketiga atas PP 19 Tahun 2006 tentang pemberian gaji pensiun dan tunjangan ke-13 untuk pegawai Negeri Sipil, Prajurit dan tunjangan Prajurit TNI dan Polri serta pejabat negara dan penerima pensiun. (AK)


Photo Credit: Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) berbincang di halaman kantor bupati Aceh Utara, Provinsi Aceh, Selasa (7/2). Sebanyak 11.800 PNS Aceh Utara belum menerima gaji bulan Januari 2017 akibat proses perombakan administrasi penambahan atau pengurangan pegawai menindaklanjuti Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru sesuai PP No.18 Tahun 2016. ANTARA/Rahmad

Atti K.

close