Fukushima Jepang Diguncang Gempa 7,2 Magnitudo

United States Geological Survey (USGS) mengatakan gempa itu terjadi di kedalaman 54 kilometer (33 mil) di Pasifik, di lepas pantai Fukushima - dekat episentrum gempa mematikan tahun 2011 yang memicu tsunami yang menjulang tinggi dan menewaskan lebih dari 18.000 orang.

Fukushima Jepang Diguncang Gempa 7,2 Magnitudo

Telegraf – Gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang prefektur Fukushima, Jepang, pada Sabtu (13/2/2021) malam. Japan Times mewartakan, pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer lepas pantai Prefektur Fukushima, pada pukul 23.08 waktu setempat.

Sejauh ini belum ada peringatan tsunami. Namun, untuk berjaga-jaga warga diimbau berpindah ke tempat yang lebih tinggi. Sementara itu New York Times melaporkan, pusat gempa berada dekat lokasi gempa bumi dahsyat hampir 10 tahun lalu yang meruntuhkan 3 reaktor nuklir. Bencana yang dikenal dengan nama Gempa Tohoku itu juga memicu tsunami.

United States Geological Survey (USGS) mengatakan gempa itu terjadi di kedalaman 54 kilometer (33 mil) di Pasifik, di lepas pantai Fukushima – dekat episentrum gempa mematikan tahun 2011 yang memicu tsunami yang menjulang tinggi dan menewaskan lebih dari 18.000 orang.

Gempa dilaporkan juga terasa di Tokyo selama sekitar 30 detik, dan guncangannya sangat kuat di Fukushima serta Sendai. Kantor Perdana Menteri langsung mengaktifkan pusat manajemen krisis. Kemudian Tokyo Electric Power Company atau Tepco yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir, sedang mengecek apakah ada kebocoran atau tidak.

 

idaulat