Firmanzah Rektor Muda Paramadina

"Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Staf Khusus (Stafsus) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bidang Ekonomi."

Firmanzah Rektor Muda Paramadina


Telegraf – Dunia akademisi berduka. Rektor Universitas Paramadina Jakarta, Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu (o6/o2/2021).

Eks staf khusus (Stafsus) Presiden bidang Ekonomi pada jaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dikabarkan tutup usia akibat vertigo yang dideritanya.

Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Telah berpulang Prof Firmanzah. PhD akibat vertigo tadi subuh. Semoga husnul khotimah – tulis politisi Partai Demokrat Andi Arief di akun Twitter pribadinya, Sabtu (06/02/2021).

Akademisi kelahiran Surabaya, Jawa Timur (Jatim), 44 tahun silam itu, akan dimakamkan Sabtu (06/02/-2021), setelah salat Dzuhur. Alamat duka, Taman Parahyangan Golf Jalan Situ Indah Golf Nomor 12, Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Diketahui, seperti dihimpun dari Wikipedia, Firmanzah mulai terkenal pada saat usia 32 tahun. Dia berhasil menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) periode 2009-2013.

Sebagai akademisi, terpilihnya Fiz, sapaan akrabnya, sebagai dekan menerobos senioritas dalam tubuh UI. Fiz terpilih sebagai dekan pada 14 April 2008. Dia berhasil mengungguli Sidarta Utama dan Arindra A. Zainal.

Terpilihnya Firmanzah sekaligus menjadi sejarah baru sebagai dekan termuda yang pernah dimiliki UI. Menurut Fiz, impiannya membawa UI melalui fakultas yang dipimpinnya menjadi kampus modern dan terbuka adalah hal yang mendorongnya ikut mencalonkan diri menjadi dekan FEUI hingga akhirnya ia terpilih.

Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Staf Khusus (Stafsus) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bidang Ekonomi.

Dan pada 15 Januari 2015, dia akhirnya terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina Jakarta periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Riwayat Pendidikan

Saat lulus SMA, Firmanzah kuliah di Fakultas Ekonomi UI dan lulus dalam waktu 3,5 tahun.

Ia juga sempat terjun ke dunia asuransi sebagai analis pasar, sebelum memutuskan kembali ke bangku kuliah, setahun kemudian.

Firmanzah mengambil program S-2 di bidang yang sama dan menyelesaikannya dalam tempo waktu dua tahun.

Ia melanjutkan studi di Universitas Lille di Prancis, merupakan momen titik balik Fiz mengenal dunia yang lebih luas.

Firmanzah mendalami bidang strategi organisasi dan manajemen atas beasiswa dari universitas itu.

Ia juga menjalani studinya pada tingkat doktoral dalam bidang manajemen internasional dan strategis di Universitas Pau and Pays De l’Adour, dan selesai tahun 2005.

Karena lulus tercepat di angkatannya, Firmanzah lantas mendapatkan tawaran beasiswa program doktoral dalam bidang manajemen strategis internasional dari University of Pau et Pays de l” Adour dan meraih PhD pada 2005.

Firmanzah juga sempat mengajar setahun di almamaternya, sebelum dipanggil pulang oleh dekan FE UI yang saat itu dijabat oleh Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Tiga tahun berikutnya, ketika Firmanzah berusia 32 tahun, ia terpilih sebagai Dekan ke-14 FE UI periode 2009-2013 yang tercatat sebagai dekan termuda dalam sejarah UI.


Photo Credit: Akdemisi Prof. Firmanzah, PhD, rektor muda Paramadina pengganti Anies Baswedan yang juga mantan stafsus SBY. FILE/Dok/Ist Photo

 

A. Chandra S.

close