Film Lima Gagal Dapatkan Sensor 13 Tahun Apa Sebabnya

“Sebenarnya saya enggak berhak bicara. Ini sesuai kesepakatan tadi, bahwa ini hanya sampai di dalam internal saja. Dan saya harus menyepakati bagian yang itu,”

Film Lima Gagal Dapatkan Sensor 13 Tahun Apa Sebabnya

Telegraf, Jakarta – Film Lima karya Lola Amaria gagal mendapatkan sensor 13 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film (LSF) seperti yang mereka inginkan. LSF justru meloloskan film tersebut untuk kategori 17 tahun ke atas.

Saat dikonfirmasi usai mediasi antara LSF, pemilik film, DPR, dan komunitas film di Gedung Film, Jakarta Selatan, Senin (28/05/2018), Lola enggan membocorkan alasan utama mengapa filmnya gagal mendapatkan klasifikasi 13 Tahun Ke Atas.

“Sebenarnya saya enggak berhak bicara. Ini sesuai kesepakatan tadi, bahwa ini hanya sampai di dalam internal saja. Dan saya harus menyepakati bagian yang itu,” katanya.

Dalam mekanismenya sendiri, sebenarnya LSF bisa mengubah kategori sensor sebuah film asalkan film tersebut melakukan beberapa revisi. Namun, karena waktu perilisan yang sudah dekat Lola lebih memilih untuk menerima hasil sensor dari LSF.

“Sebenarnya ada penawaran (penurunan klasifikasi) itu tapi itu internal sih dan sepertinya keputusan tadi harus diterima dengan baik di kedua belah pihak. Saya harus tegaskan bahwa saya sebagai pemilik film sudah menerima keputusan itu dengan lapang dada,” lanjutnya.

Film Lima sendiri mengangkat tema Pancasila di dalam ceritanya. Film yang dibintangi oleh Prisia Nasution ini akan tayang pada 31 Mei untuk menyambut Hari Kesaktian Pancasila atau Hari Lahirnya Pancasila yang biasa diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Lola sendiri mengaku awalnya memang film Lima dibuat untuk dikonsumsi anak-anak dari usia 13 tahun. Menanggapi keputusan yang telah diberikan oleh LSF, ia pun harus menerima dengan lapang dada.

“Saya lapang dada, tapi beberapa ibu-ibu, kepala sekolah, dan guru-guru yang merasa anak muridnya wajib nonton itu, protes dan bilang ke saya untuk berjuang. Lho, saya sudah membuat filmnya dan memang saya membuatnya juga untuk 13+ tapi ya pada kenyataannya dapat 17+ saya enggak bisa berbuat apa-apa,” pungkasnya. (Red)

Baca Juga  Benang Merah di Sinetron Rompis, Terbawa Hingga Layar Lebar

Photo Credit : Film Lima karya Lola Amaria gagal mendapatkan sensor 13 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film (LSF) seperti yang mereka inginkan. LSF justru meloloskan film tersebut untuk kategori 17 tahun ke atas. KL/Bayu



Share