Festival Musik Rumah ‘Sederhana’ Kita Belajar Kebersamaan Melalui Musik

Oleh : Atti K.

Telegraf – Festival Musik Rumah (FMR) adalah sebuah festival musik yang format sajian musiknya adalah live yang diadakan di rumah. FMR akan melibatkan 30 band hingga solois dari berbagai daerah bahkan negara, yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 19-21 Agustus 2022.

“Konser rumah menyajikan pengalaman yang khas dibanding bentuk live music lainnya. Di sana ada kehangatan, kekeluargaan, intim sekaligus apresiatif dan responsif seperti layaknya kita betah di suatu rumah. Tentunya banyak faktor yang menimbulkan fitur-fitur tersebut. Justru di Festival Musik Rumah inilah kita belajar dan bergotong royong untuk bisa merayakannya” ungkap Petrus Briyanto Adi (panggilan Adoy), penggagas dan pengarah Festival Musik Rumah (FMR) dalam konfrensi pers di Jakarta Senin (9/7).

Ia juga menjelaskan melalui ‘musik rumah’ sesungguhnya kita diajarkan bagaimana merawat gotong- royong dan kebersamaan melalui musik. Kita belajar dari musik, kita belajar dari rumah. Kita belajar dari kesederhanaan, kebersahajaan dan kerukunan dari musik dan juga dari rumah. Sebuah konsep partisipatoris yang meleburkan membumi antara musisi dengan para pencinta musik.

“Kami ingin FMR menjadi sarana belajar hidup bersama. Apa yang kami percaya penting untuk kita latih dan samakan semangatnya kita jadikan tema di setiap FMR. Tahun ini temanya adalah ‘sederhana,” tutur Adoy.

Dikesempatan yang sama Harry ‘Koko’ Santoso Pemerhati Musik mengatakan secara konsep sangat unik bahwa sebuah karya musik yang bagus bukan lahir dari konser -konser besar, atau dari hotel ke hotel, bahkan dari atas pesawat terbang. Tapi sebuah karya hebat musik lahir dari rumah – rumah yang membuat mereka tenang dan nyaman. Konser rumah ini secara positif akan menjadi sesuatu yang besar nantinya. Karena musik di tanah air butuh infrastruktur yang banyak.

Adoy menambahkan dari 30 yang akan berpartisipasi dalam FMR antara lain Jakarta tentunya Bandung (1), Salatiga (6), Selangor Malaysia (3), Phnom Phen Kamboja (3), Hamburg Jerman (1), Bali (2), Toraja (2), Lombok (1), dan Bogor (1).

Adoy menutup selain menjadi semangat bersama “sederhana” juga menjadi semacam panduan dalam berpartisipasi di dalam FMR2022. Bagaimana publik bisa turut menikmati FMR? Cara utama adalah dengan dating bertamu ke rumah-rumah konser di FMR2022 pada jadwal yang diumumkan. Namun jika tidak memungkinkan, konser-konser rumah ini dapat disaksikan liputannya / siaran langsungnya / dokumentasinya di kanal resmi FMR : http://festivalmusikrumah.id dan YouTube channel: Festival Musik Rumah.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close