Fasilitasi Nasib Tukang Bangunan, Aplikasi Tukangharian.id Diluncurkan

“Dan jelas bahwa negara kita ini sedang darurat radikalisme. Tidak puas di Pilkada DKI, mereka gempur lagi melalui Pilpres. Tak berhasil juga mereka tidak berhenti sampai di situ. Lihat, betapa banyak isu-isu yang mereka tunggangi untuk memecah-belah NKRI, kasus di Papua misalnya yang masih hangat dalam ingatan kita,"

Fasilitasi Nasib Tukang Bangunan, Aplikasi Tukangharian.id Diluncurkan

Sementara itu, Mayor Jenderal (Mayjen (Purn) Tatang Jaenudin selaku Ketua Dewan Pembina PERKASA mengusulkan agar setiap tanggal 21 September diperingati sebagai Hari Tukang Bangunan Nasional.

“Semua yang dilakukan DPN PERKASA merupakan upaya membentuk kebanggan pada tukang bangunan. Dari sana,  para tukang bangunan akan belajar menjadi sosok yang profesional, percaya diri, mandiri serta berintegritas,” katanya.

Tjetjep Saefulloh selaku Ketua Panitia Kongres mengungkapkan bahwa kongres bertujuan mengetuk hati pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib tukang bangunan.

“Pemerintah harus buka mata dan telinga atas keberadaan dan masa depan mereka yang lebih baik,” ujar Tjetjep Saefulloh yang juga Ketua Harian DPN PERKASA.

Lebih lanjut, kongres pertama tukang bangunan ini memiliki sejumlah tujuan yang nantinya akan dirumuskan bersama dengan stakeholder terkait. Pertama, mengajukan dan merealisasikan visi dan misi untuk para tukang bangunan di seluruh Indonesia dengan menggandeng kementerian.

Dari situ, pemerintah bisa mendukung kementerian dengan merumuskan dan menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Kementerian yang menjadi dasar untuk meningkatkan kesejahteraan tukang bangunan seluruh Indonesia.

“Ke-dua, menetapkan SKB 4 Menteri yaitu, Menaker, Menteri PUPR, Mendag dan Menteri BUMN sebagai payung hukum organisasi tukang bangunan Indonesia. Dan ketiga melegitimasikan 34 Pengurus Bedeng Wilayah (PBW) setingkat provinsi, 220 Pengurus Bedeng Daerah (PBD) tingkat kabupaten-kota dan 70 Pengurus Bedeng Cabang (PBC) tingkat kecamatan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kongres I DPN PERKASA dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (red/ham), pejabat lintas kementerian, pengurus DPN PERKASA serta ribuan tukang bangunan. (Red)


Photo Credit : Haidar Alwi bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara sertifikasi tukang. FILE/DOK/IST. PHOTO

A. Chandra S.

Pages: 1 2 3 4