Fadli Zon Anggap Tudingan Jokowi Terkait Aktor Politik Sama Seperti Gaya Orde Baru

"Sebut namanya, apa yang dilakukannya, mana buktinya. Jangan menimbulkan keresahan. Ini kan pernyataan gaya orde baru,"

Fadli Zon Anggap Tudingan Jokowi Terkait Aktor Politik Sama Seperti Gaya Orde Baru

Telegraf, Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendesak agar Presiden Joko Widodo untuk segera menyebut aktor politik yang disebutnya dalam pernyataan usai aksi bentrokan demo 4 November. Jokowi menyebut ada aktor politik yang menunggangi ‘Aksi Bela Islam’ Jumat lalu.

Fadli menilai pernyataan Jokowi itu telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Jokowi juga disebut mengunakan cara lama dalam merespons situasi.

“Sebut namanya, apa yang dilakukannya, mana buktinya. Jangan menimbulkan keresahan. Ini kan pernyataan gaya orde baru,” kata Fadli saat dihubungi wartawan, Minggu (6/11).

Politikus Partai Gerindra itu juga mengkritik sikap Jokowi yang tidak mau menemui perwakilan demonstran saat aksi dan justru meninjau proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Usai dari bandara, Jokowi juga tidak langsung pulang ke Istana karena alasan kondisi yang tidak memungkinkan.

Pada malam harinya, Jokowi menggelar konferensi pers seteleh menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri, Kepala BIN, Panglima TNI, dan Kapolri. Ia menyesalkan aksi yang awalnya damai namun berakhir ricuh.

“Tapi kita menyesalkan kejadian ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar tetapi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditunggangi oleh aktor politik yang memanfaatkan situasi,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Sabtu dini hari (5/11).

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo juga berharap pemerintah segera mengungkap identitas aktor-aktor politik yang disebut menunggangi aksi 4 November.

Menurutnya, langkah itu untuk menurunkan tensi politik dan memperjelas duduk persoalan yang kini menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat.

“Tudingan Presiden Joko Widodo bahwa ada aktor politik yang menunggangi aksi damai itu membuat masyarakat terus bertanya-tanya,” kata Bambang dalam keterangannya, Minggu.

Menurut Bambang, pemerintah harus segera mengungkap hal tersebut agar masyarakat tidak lagi penasaran untuk mengetahui aktor-aktor politik yang dimaksud presiden. (Ist)

Foto : Fadli Zon bersama Fachri Hamzah pada saat mengikuti aksi demo 4 November. | Detikcom/Agung Pambudhy

KBI Telegraf

close