Era Digital BNI Syariah Terus Memudahkan Masyarakat Melalui Tranformasi Bisnis Digital

Era Digital BNI Syariah Terus Memudahkan Masyarakat Melalui Tranformasi Bisnis Digital

“BNI syariah hadir mensurpot dan mempersiapkan terkait apapun juga tidak harus fintech tapi medigitalkan aktifitas aktfitas yang selama ini dilakukan secara manual itu adalah misi BNI Syariah”

Era Digital BNI Syariah Terus Memudahkan Masyarakat Melalui Tranformasi Bisnis Digital


Telegraf, Jakarta – Memasuki era digital, industri perbankan juga harus melakukan tranformasi, tidak terkecuali termasuk perbankan syariah. Di era digitalisasi ini, digitalisasi menjadi mutlak karena teknologi sudah menjadi bagian hidup masa kini, selain itu juga perkembangan digital semakin mempermudah dan efisien.

Termasuk PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) salah satu bank syariah yang terus menyesuaikan perkembangan teknologi terkini dengan tranformasi bisnis digital. Hal itu di ungkapkan SEVP Keuangan dan Operasional Bni Syariah, Wahyu Avianto di suatu kesempatan.

“BNI syariah hadir mensurpot dan mempersiapkan terkait apapun juga tidak harus fintech tapi medigitalkan aktifitas aktfitas yang selama ini dilakukan secara manual itu adalah misi BNI Syariah,” tuturnya.

Wahyu menjelaskan BNI Syariah terus melakukan pembenahan antara lain penataan organisasi melalui pembentukan Divisi Digital Bisnis. Kedua, menyusun strategi bagaimana BNI Syariah menjalankan digital banking yang mengacu pada 2 pilar, yaitu banking business digitalization dan startup fintech collaboration.

Seperti yang sudah dilakukan oleh BNI syariah yaitu bekerja sama dengan Srartup di Indonesia dengan 120 trevel haji dan umrah dalam hal ini untuk memudahkan para jamaah haji dan umrah, dimana Indonesia mayoritas beragama muslim ini adalah peluang besar untuk BNI syariah, kata Wahyu.

Selain bekerjasama dengan Trevel trevel umrah BNI Syariah juga bekerjasama dengan ITQON untuk komunikasi pembimbing haji umrah dan jamaah dengan menggunakan smartphone tidak ketinggalan pula aplikasi Ustadku, untuk mempertemukan jamaah yang membutuhkan ustadz dan daftar ustadz berdasarkan lokasi dimana ustadz sedang berceramah.

Banking Business Digitalization, sebagai bentuk sinergi digital dengan induk BNI, di tahun depan direncanakan menjadi bank yang dapat menerima layanan laku pandai dan pembayaran dengan uang elektronik.

Hasanah Digiverse

Melalui Hasanah Digiverse (Hasanah Digital Universe) yang diluncurkan bersamaan dengan moment ulang tahun BNI syariah yang ke 8, BNI Syariah terus mengupayakan mentranformasi kearah yang lebih baik dalam melayani dan mempermudah serta memberikan kemanfaatan yang tak terhingga/infinity sehingga keberadaan BNI syariah sebagai Hasanah Banking Partner dapat memberikan seluas-luasnya manfaat bagi masyarakat dan seluruh stakeholders.

“Keberadaan BNI Syariah di industri perbankan masih tergolong muda. Harus terus bergerak mengikuti perkembangan zaman dengan tetap mengedepankan kemanfaatan yang tak terhingga/infinity. Inilah misi yang kami bangun di milad 8 sebagai Hasanah Banking Partner. Salah satunya menjawab kebutuhan nasabah di era digital, tetapi tidak meninggalkan esensi untuk berbagi dengan sesama melalui fasilitas transaksi pembayaran Ziswaf (Zakat, Infaq, Shodakoh dan Wakaf) melalui pilihan aplikasi digital BNI Syariah,” ungkap Abdullah Firman Wibowo Direktur Utama BNI Syaraiah.

BNI Syariah berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan mengembangkan inovasi melalui edukasi dan inklusi keuangan syariah serta aktivasi penggunaan e-banking dan produk berbasis digital diantaranya Yap (Your All Payment), Tapcash, VCN (Virtual Card Number), Mobile Banking, Wakaf Hasanah, Hasanah Personal dan Hasanah Lifestyle. Dengan adanya kemudahan aplikasi digital ini, BNI Syariah berupaya mendukung program pemerintah terkait Gerakan Non Tunai/cashless dengan harapan 2,6 juta nasabahnya dapat menggunakan aplikasi digital BNI Syariah.

Firman mengatakan untuk wakaf hasanah berbasis andriod ini berguna untuk masyarakat yang ingin mewakafkan harta miliknya secara produktif melalui Nadzhir (mengawasi/mengelola) yang telah bekerjasama dengan BNI syariah.

Hasanah personalpun merupakan aplikasi berasis android dimana jamaah dapat dengan mudah mencari paket paket wisata halal, maupun paket paket umrah dan trevel trevel yang sudah bekerjsama dengan BNI syariah.

BNI Syariah Meneriama Penghargaan

Hingga akhir tahun 2018 BNI syariah berturut turut menyabet penghargaan dari berbagai kategori ini terbukti BNI Syariah di terima masyarakat dan dan puas dengan kinerja BNI Syariah, dengan penghargaan tersebut BNI Syariah terus memperbaiki diri dalam melayani masyarakat Indonesia.

BNI Syariah menerima peghargaan sebagai bank syariah terbaik dalam kategori The Most Reliable Bank dan The Most Efficient Bank kategori Bank Syariah Aset diatas Rp 10 Triliun selama lima tahun berturut-turut dalam ajang Indonesia Banking Award 2018, penghargaan ini diberikan oleh Tempo Media Group bekerjasama dengan Indonesia Banking School yang merupakan penghargaan tahunan kepada institusi perbankan di Indonesia.

BNI Syariah juga menerima pengakuan The Best Website Bank Syariah untuk kedua kalinya berkat inovasi yang dikembangkan. Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Marketing dengan lembaga survey independen.

Banking Service Excellence Awards 2018 pun di sabet oleh BNI Syariah di bulan Juni yang lalu, dimana peghargaan ini di berikan oleh Majalah Infobank dengan bekerjasama dengan Marketing Research Indonesia (MRI) sebagai bentuk apresiasi atas layanan kepada nasabah yang telah dilakukan oleh perbankan.

dan yang terbaru adalah menerima penghargaan sebagai The Best Commercial Bank kategory Syaria bank dalam acara Islamic Bussiness &Finance Southeast Asia Award 2018. (Red/Ati kurnia)


Credit Photo : Era Digital BNI syariah Terus Memudahkan Masyarakat Melalui Tranformasi Bisnis Digital


Atti K.

close