Enam Cara Cerdas Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu, Apa Saja?

"Jika anda berencana untuk membeli produk dengan harga cukup mahal, pastikan barang tersebut memiliki garansi. Umumnya, setiap toko memiliki kesepakatan garansi yang berbeda."

Enam Cara Cerdas Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu, Apa Saja?

Telegraf, Jakarta – Seberapa sering anda menyempatkan waktu berada di depan komputer untuk belanja online? Memang, saat ini kebanyakan orang lebih memilih belanja online daripada harus belanja konvensional di toko. Hal ini tentunya dikarenakan semakin banyak e-commerce atau toko online yang menawarkan kemudahan berbelanja  seperti keperluan rumah tangga, pakaian, hingga barang elektronik. Selain lebih praktis, belanja online juga tergolong lebih murah, mengingat tingginya persaingan e-commerce membuat mereka jadi berlomba-lomba menawarkan promo untuk menarik perhatian para konsumen.

Meski begitu, anda perlu menjadi konsumen cerdas agar tidak mudah tertipu dengan iklan toko online yang terkesan menjanjikan. Penasaran bagaimana caranya? Mari, simak tipsnya berikut ini:

1.      Hati-Hati Penipuan

Perlu anda ingat bahwa maraknya tren belanja online membuat semakin banyak beredar produk palsu, penipuan, dan duplikat. Bahkan beberapa toko online tidak bertanggung jawab ini dapat mencuri informasi keuangan dari calon pembeli. Itu sebabnya, sebelum berbelanja online, pastikan website dari toko online tersebut menggunakan https atau SSL. Selain itu, perhatikan juga apakah toko online tersebut memiliki informasi kontak yang bisa diverifikasi dan yang paling penting memiliki banyak ulasan pelanggan.

2.      Ketersediaan Garansi

Jika anda berencana untuk membeli produk dengan harga cukup mahal, pastikan barang tersebut memiliki garansi. Umumnya, setiap toko memiliki kesepakatan garansi yang berbeda. Untuk itu, coba lakukan riset dan pilih garansi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contohnya cari tahu garansi berlaku hingga berapa tahun dan lokasi layanan toko jika terjadi kerusakan.  Pastikan perjanjian garansi yang anda miliki terdaftar dan dapat dipercaya.

3.      Membandingkan Produk

Membandingkan produk yang ingin anda beli di beberapa toko online lain dapat membantu anda mendapatkan penawaran terbaik. Perbandingan ini tidak hanya fokus pada harga produk saja, tapi juga biaya pengiriman, dan review yang dimiliki toko online tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anda juga perlu membandingkan kebijakan garansi antara satu toko online dan lainnya. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan produk dengan harga super murah.

4.      Membuat Anggaran

Agar tidak menyesal dikemudian hari, sebaiknya anda telah menetapkan anggaran sebelum berbelanja online. Tentu saja sebelum menetapkan anggara, pastikan anda telah melakukan review soal kisaran harga produk yang ingin anda beli. Nah, ketika berbelanja online, pastikan anda tetap pada anggaran tersebut. Meski produk lain sering kali menggoda dengan perbedaan harga yang tipis, usahakan anda tetap membeli produk sesuai dengan anggaran, ya. Dijamin tidak akan membuat anda menyesal.

5.      Perhatikan Review

Ini dia salah satu tips paling efektif untuk menghindari penipuan ketika belanja online. Yah, membaca review toko online dapat membantu anda membuat keputusan berlanja yang cerdas. Saat ini, ada banyak sekali toko online memasang iklan menarik dan berhasil membuat konsumen menjadi impulsive dalam membeli produk yang ditawarkan. Pastikan anda tidak melakukan kesalahan ini. Coba luangkan beberapa waktu untuk memeriksa pendapat konsumen lain yang telah membeli barang di toko online tersebut. Biasanya, review konsumen akan menceritakan pro dan kontra dari pelayanan serta produk yang mereka beli. Jika toko online tersebut memiliki lebih banyak review negatif ketimbang positif, anda disarankan mencoba cari tempat lain yang lebih kredibel.

6.      Perhatikan Kebijakan Pengiriman

Memastikan kedatangan produk tentu sama pentingnya dengan proses membelinya. Itu sebabnya, pastikan anda membaca kebijakan pengiriman sebelum membeli suatu produk, ya. Selain itu, pastikan juga toko online tersebut menyediakan asuransi perjalanan. Ini berguna untuk mengatasi masalah seperti paket hilang atau rusak dalam perjalanan.

Belanja online memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan juga menegangkan. Agar terhindar dari masalah penipuan, anda pun dituntut menjadi pembeli yang cerdas dalam memilih toko online yang terpercaya. Untuk itu, Shopee menawarkan kemudahan dan keamanan terjamin pada para konsumen. Dengan promo menarik seperti gratis ongkir, Shopee menawarkan garansi harga termurah. (Red)


Photo Credit : Ilustrasi belanja online : Shutterstock

Share



Komentar Anda