Connect with us

Ekonomika

Ekspor Non Migas Topang NPI Tetap Solid pada Triwulan ke III 2022

Published

on

Photo Credit: Aktifitas bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/03). Bank Indonesia menilai penguatan nilai tukar rupiah secara global belum menggangu daya saing produk ekspor Indonesia. ANTARA
Photo Credit: Aktifitas bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/03)/Doc/ ANTARA

Telegraf – Kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan III 2022 tetap kuat didukung oleh kinerja ekspor nonmigas yang semakin kuat, menopang ketahanan eksternal hal itu di ungkapkan oleh Direktur Eksekutif Bank Indonesia Erwin Haryono dalam siaran pers yang di terima redaksi telegraf, Jumat (18/11).

Ia menjelaskan kinerja yang solid ditandai dengan peningkatan surplus sehingga dapat menahan tekanan terhadap NPI akibat tekanan pada transaksi modal dan finansial sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

“Dengan perkembangan tersebut, NPI pada triwulan III 2022 mencatat defisit 1,3 miliar dolar AS, dan posisi cadangan devisa pada akhir September 2022 tercatat sebesar 130,8 miliar dolar AS atau setara dengan pembiayaan 5,7 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional,” ungkapnya.

Lanjutnya semakin solidnya dengan melanjutkan tren peningkatan surplus ini didukung oleh kinerja ekspor nonmigas yang semakin kuat.Transaksi berjalan mencatat surplus sebesar 4,4 miliar dolar AS (1,3% dari PDB), lebih tinggi dari capaian triwulan sebelumnya sebesar 4,0 miliar dolar AS (1,2% dari PDB).

Di sisi lain, defisit neraca jasa tercatat lebih tinggi sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat dan berlanjutnya pemulihan ekonomi domestik. Surplus neraca pendapatan sekunder juga sedikit turun sehingga menahan peningkatan surplus transaksi berjalan lebih lanjut.

Baca Juga :   Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

Sementara itu transaksi modal dan finansial mencatat defisit sebesar 6,1 miliar dolar AS (1,8% dari PDB), lebih tinggi dibandingkan dengan defisit 1,2 miliar dolar AS (0,3% dari PDB) pada triwulan II 2022. Investasi asing langsung membukukan surplus yang tetap tinggi sejalan dengan optimisme investor terhadap prospek perbaikan ekonomi dan iklim investasi domestik yang terjaga. Sementara itu, aliran keluar neto investasi portofolio meningkat akibat ketidakpastian di pasar keuangan global yang semakin tinggi dan kebutuhan pembayaran surat utang swasta yang jatuh tempo.

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Ekonomika

Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

Published

on

By

Photo Credit : Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat/Doc/Ist

Telegraf – Menyediakan produk berkualitas tinggi, aman dikonsumsi, dan ramah lingkungan, adalah komitmen. ungkap Ketua Umum Asparminas, Johan Muliawan, dalam sambutannya, dalam memperingati 1 tahun berdirinya Asosiasi Pengusaha Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas).

Johan juga mengungkapkan apresiasi mendalam terhadap kontribusi dan kerja keras anggota Asparminas dalam mendukung visi asosiasi sebagai wadah independen terpercaya bagi produsen air minum kemasan (AMDK) nasional.

“Dari sebuah inisiatif kecil tepat satu tahun yang lalu, Asparminas kita bertumbuh dengan pesat dengan total anggota 60 perusahaan yang tersebar di 32 kabupaten, kota, dan 18 provinsi, ” ungkap Johan yang sekaligus sebagai Direktur Sustainability Le Minerale.

Ia berharap di tahun-tahun mendatang Asparminas terus tumbuh dengan keanggotaan di seluruh provinsi.

Menurut Johan, industri AMDK di Indonesia masih memiliki potensi pertumbuhan yang besar. Dia mencatat bahwa saat ini rata-rata tingkat konsumsi air kemasan warga di Jakarta mencapai 88 liter per orang per tahun, sementara di luar Jakarta, khususnya di Jawa, tingkat konsumsi masih berada di level 11 liter per orang per tahun.

Johan menyebutkan tingkat konsumsi AMDK bahkan hanya mencapai 8,8 liter per orang. Karena itu, dia optimis masih ada peluang pertumbuhan yang besar di sektor AMDK, termasuk untuk anggota Asparminas yang beroperasi di luar Jawa.

Selain itu, Johan juga mencatat bahwa industri AMDK di Indonesia memiliki karakteristik unik. Saat ini, terdapat lebih dari 1200 produsen dengan lebih dari 2100 merek AMDK yang memiliki izin edar, dengan volume produksi mencapai 35 milyar liter pada tahun 2021 dan nilai pasar mencapai 46 triliun per tahun.

Di kesempatan yang sama Sekjen Asparminas, Nio Eko Susilo, mengungkap berbagai kegiatan peningkatan kapasitas yang telah dilakukan oleh asosiasi dalam waktu relatif singkat. Beberapa kegiatan tersebut meliputi sosialisasi online, pelatihan, dan berbagai diskusi terkait peraturan dan inovasi dalam industri AMDK. Selain itu, Asparminas juga aktif dalam mengadvokasi isu-isu penting, seperti perizinan pengusahaan air, cukai plastik, pendauran ulang sampah kemasan, SNI AMDK, dan lainnya.

Baca Juga :   RUA dan RUALB PROPAMI 2023: Catatan Penting untuk Pasar Modal

Ke depannya, kata Eko, Asparminas berencana untuk terus meningkatkan kapasitas anggota asosiasi dengan berbagai kegiatan sosialisasi, termasuk penilaian industri hijau, efisiensi energi, persaingan usaha yang lebih sehat, inovasi teknologi, dan kepatuhan terhadap peraturan.

“Industri AMDK setiap tahunnya tumbuh paling sedikit 5% per tahun. Ini berarti setiap pelaku industri perlu terus berbenah, saling berbagi ilmu dan pengalaman, termasuk dalam isu-isu teranyar semisal pemanfaatan skema perdagangan karbon untuk pelaku industri AMDK,” katanya.

Adhi S. Lukman, Dewan Pengawas Asparminas, menggambarkan Asparminas sebagai sebuah ekosistem industri yang komprehensif dan unik. Adhi mengatakan Asparminas membuka diri dan bahkan mewadahi kehadiran dan keterlibatakan penuh perusahaan di sektor depot air minum dan pengelolaan sampah plastik industri.

“Dengan ekosistem yang terbuka seperti ini, saya berharap anggota Asparminas bisa terus saling berbagai ilmu dan bekerjasama sehingga usaha mereka lebih maju, lebih untung, labih lancar,’ kata Adhi yang juga Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi). Masih menurutnya, bisnis AMDK masih berpotensi tumbuh dengan besar namun bakal sulit dimanfaatkan oleh pelaku industri tanpa kehadiran dan dukungan aktif organisasi seperti Asparminas.

 

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

RUA dan RUALB PROPAMI 2023: Catatan Penting untuk Pasar Modal

Published

on

Image : Pengukuhan NS Aji Martono sebagai Ketua Umum terpilih PROPAMI periode 2023 hingga 2026 di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta 29/9/2023. (Doc/PROPAMI)
Image : Pengukuhan NS Aji Martono sebagai Ketua Umum terpilih PROPAMI periode 2023 hingga 2026 di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta 29/9/2023. (Doc/PROPAMI)

Telegraf – Dunia pasar modal Indonesia memasuki babak baru pada Sabtu, 29 September 2023, dengan dua peristiwa besar yang digelar oleh Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (PROPAMI).

Bertempat di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, PROPAMI menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) dan Rapat Umum Anggota Luar Biasa (RUALB).

Fokus utama acara ini adalah pertanggungjawaban pengurus PROPAMI periode 2020 – 2023 terkait program dan kondisi keuangan selama periode sebelumnya.

Selain itu, pemilihan Ketua Umum untuk masa jabatan 2023 hingga 2026 juga menjadi agenda krusial.

Keunikan acara ini terletak pada partisipasi yang luas, baik secara langsung di Hotel Mercure Convention Center Ancol maupun melalui siaran langsung (live streaming) di platform Zoom dan YouTube.

Hal ini memberikan fleksibilitas bagi anggota PROPAMI untuk berpartisipasi sesuai preferensi masing-masing.

Hasil pemilihan telah diumumkan, mengukuhkan NS Aji Martono sebagai Ketua Umum terpilih PROPAMI periode 2023 hingga 2026.

Keputusan ini mencerminkan kepercayaan anggota terhadap kepemimpinan yang diharapkan akan membimbing organisasi ke masa depan yang lebih cerah.

Boris Sirait, Ketua Panitia pelaksana acara, menegaskan komitmennya untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara RUA dan RUALB PROPAMI 2023.

Sementara itu, Lydia Trivelly Azhar, dewan pengawas PROPAMI, turut berperan dalam memastikan transparansi dan keberlanjutan dalam pengawasan seluruh kegiatan organisasi.

Dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua Umum PROPAMI, Aji menekankan pentingnya Kaderisasi dalam memperkuat fungsi kerja organisasi, terutama dewan pimpinan wilayah, serta membangun kolaborasi dengan para stakeholder terkait, terutama OJK.

Rapat Umum Anggota dan Rapat Umum Anggota Luar Biasa tahun ini dipercaya menjadi tonggak penting dalam perjalanan PROPAMI menuju masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

RUA RUALB PROPAMI 2023, dihadiri oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) seluruh Indonesia, antara lain DPW Aceh Raya, DPW Medan Raya, DPW Padang Raya, DPW Bandung Raya, DPW Semarang Raya, DPW Jogja Solo (Joglo) Raya, DPW Malang Raya, DPW BaliNusa Raya, DPW Pontianak Raya, dan DPW Makasar Raya, sepakat dan menerima laporan pertanggungjawaban (LPJ) serta laporan keuangan periode 2020 hingga 2023.

Baca Juga :   Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

Antusiasme anggota PROPAMI dalam pelaksanaan RUA dan RUALB terlihat dari langkah-langkah signifikan yang diambil untuk memperkuat organisasi ini, yang akan terus berkontribusi bagi Industri Pasar Modal khususnya dan industri keuangan Indonesia pada umumnya.

Tentang PROPAMI

Mengacu pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 27/POJK.04/2016 dan Surat Edaran OJK Nomor 45/SEOJK.04/2016, yang mewajibkan asosiasi Wakil Perusahaan Efek untuk mengajukan dan mendapatkan pengakuan dari OJK, APPMI saat itu juga wajib disahkan sebagai badan hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pengesahan APPMI sebagai badan hukum kemudian diterbitkan melalui Surat Pengesahan KEMENKUMHAM No. AHU-0011995.AH.01 Tanggal 10 Agustus 2017, yang mengubah kata asosiasi menjadi perkumpulan, menjadikan nama APPMI berubah menjadi Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia, disingkat PROPAMI.

Pengakuan dari OJK kepada PROPAMI akhirnya diterima melalui Surat Pengakuan OJK Nomor 68/D.04/2017 Tanggal 29 Desember 2017.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Perluas Agen46, BNI Gandeng Kinarya Selaras Solusi

Published

on

By

Photo Credit : Perluas Agen46, BNI Gandeng Kinarya Selaras Solusi/Doc/Ist

Telegraf – Tingkatkan akses layanan keuangan kepada masyarakat, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjalin kerja sama dengan PT Kinarya Selaras Solusi.

Direktur Network & Services BNI Ronny Venir menyampaikan, melalui kerja sama ini perseroan menargetkan penambahan jumlah mitra Agen46 di 13 cluster kelolaan Solusi untuk bergabung menjadi Agen46 agar jangkauan layanan perbankan BNI melalui agen laku pandai dapat lebih luas.

“Kami mengapresiasi kesempatan kolaborasi dari Solusi. Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan dalam hal layanan keuangan kepada masyarakat luas,” kata Ronny.

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati ratusan fitur layanan transaksi keuangan BNI seperti transfer antar bank, transfer dana, pembukaan rekening, pengisian pulsa, hingga pembayaran tagihan listrik dan dapat diakses melalui channel web, mobile apps maupun Electronic Data Capture (EDC).

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses dan memanfaatkan layanan keuangan yang disediakan oleh Agen46,” kata Ronny.

Ronny menuturkan, layanan keagenan Agen46 memberikan keuntungan bagi masyarakat yang sulit dijangkau oleh kantor cabang BNI dan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang juga bisa menjadi Agen46.

Dengan adanya kemitraan BNI bersama Solusi, masyarakat tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengakses layanan keuangan, di semua mitra-mitra Solusi terdekat yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca Juga :   RUA dan RUALB PROPAMI 2023: Catatan Penting untuk Pasar Modal

“Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia,” pungkas Ronny.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Tingkatkan Brand Awareness, BTN Gelar Akad Masal Serentak Melibatkan 32 Kantor Cabang Syariah Seluruh Indonesia

Published

on

By

Photo Credit : Tingkatkan Brand Awareness, BTN Gelar Akad Masal Serentak Melibatkan 32 Kantor Cabang Syariah Seluruh Indonesia/Doc/Ist

Telegraf – Dalam rangka meningkatkan brand awareness KPR BTN Syariah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melalui Unit Usaha Syariah (UUS/BTN Syariah) bekerjasama dengan BP Tapera menggelar Akad Massal KPR Syariah sebanyak 2.300 unit secara serentak di seluruh Indonesia.

Gelaran akad massal KPR Syariah tersebut dipusatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan.

“Akad Massal KPR Syariah yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini selain untuk mendukung Program Sejuta Rumah, juga dalam rangka memperingati satu tahun KPR Tapera Syariah. Bank BTN termasuk BTN Syariah ingin terus menjadi bagian penting pemerintah dalam mensejahterakan rakyat dalam mewujudkan rumah yang layak huni,” ujar Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (26/9).

Hirwadi menjelaskan dalam gelaran akad masal tersebut melibatkan 32 Kantor Cabang Syariah (KCS) di seluruh Indonesia. “Target akad KPR Syariah adalah minimal 1.700 unit KPR Subsidi dan minimal 600 unit KPR Non Subsidi. Sehingga total akad serentak KPR Syariah Bank BTN adalah minimal sebanyak 2.300 unit,” kata Hirwadi.

BTN Syariah memiliki kepedulian tinggi untuk keberlanjutan berbagai program pemerintah termasuk program perumahan rakyat. Untuk itu, pelaksanaan Akad KPR Massal yang BTN Syariah lakukan serentak di seluruh Indonesia merupakan wujud nyata dalam mendukung keberlanjutan program perumahan rakyat.

“Dukungan BTN Syariah terhadap keberlanjutan program perumahan rakyat salah satunya dengan terus berupaya meningkatkan pelayanannya sampai kepada sektor informal yang ingin memiliki rumah melalui kerjasama dengan organisasi seperti PP Muhammdiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan lainnya,” pungkas Hirwandi.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, BP Tapera telah menyalurkan pembiayaan syariah yang bersumber dari dana FLPP tahun 2022 sebanyak 42.237 unit senilai Rp4,62 triliun dan per 15 September 2023 sebanyak 31.299 unit senilai Rp3,46 triliun. Khusus untuk Sumatera Selatan, telah tersalurkan sebanyak 2.085 unit yang terdiri dari 213 perumahan, 133 pengembang, 2 bank, di 10 kota/kabupaten. Sedangkan untuk pembiayaan syariah yang bersumber dari dana Tapera, sejak Tahun 2021 hingga 14 September 2023, BP Tapera telah merealisasikan akad sebanyak 1.660 unit rumah.

Baca Juga :   Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

“Kami berharap masyarakat di provinsi Sumatera Selatan bisa memanfaatkan program pembiayaan perumahan untuk rumah Tapera ini, karena rumah Tapera adalah rumah yang berkualitas, dihuni dan tepat sasaran,” ungkap Adi Setianto.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna sendiri mengakui bahwa pembiayaan perumahan syariah di Indonesia sendiri baru mencapai 10 persen.

Padahal dengan potensi masyarakat yang mayoritas muslim, seharusnya pembiayaan syariah khususnya di sektor perumahan angkanya bisa lebih ditingkatkan dari realisasi yang ada saat ini.

“Ini anomali yang terjadi di Indonesia, padahal dengan penduduk muslim yang mencapai 90 persen seharusnya pembiayaan perumahan syariahnya bisa lebih dari 10 persen. Angka ini yang harus bisa kita balik ke depannya,” ujarnya.

Hirwandi menegaskan, BTN Syariah akan tetap fokus melayani seluruh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di berbagai segmentasi yang ingin memiliki rumah bersubsidi pemerintah melalui program KPR Sejahtera FLPP dan KPR Tapera Syariah.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Kembangkan Duta Digital Go Global, BNI Rangkul PPI Hong Kong

Published

on

By

Photo Credit : Kembangkan Duta Digital Go Global, BNI Rangkul PPI Hong Kong/Doc/Ist

Telegraf – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) ajak Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hong Kong untuk dapat memiliki pengetahuan lebih komprehensif terkait produk jasa perbankan di Tanah Air.

“BNI hadir di sini untuk memberikan nilai tambah kepada para pelajar Indonesia. Semoga mereka dapat memiliki pengetahuan lebih lengkap terkait produk jasa perbankan di Tanah Air, khususnya produk perbankan dari BNI,” ungkap Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati dalam pertemuan BNI dengan PPI Hong Kong, Sabtu (23/9).

Ia menjelaskan saat ini pelajar Indonesia di luar negeri mulai aktif mempelajari berbagai produk jasa keuangan.

BNI berupaya lebih proaktif agar proses pembelajaran dari para pelajar Indonesia dapat lebih terarah pada produk & jasa keuangan yang aman dan berlisensi dari regulator.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyampaikan BNI berkomitmen untuk memberikan solusi kebutuhan produk jasa perbankan seperti tabungan, transaksi valas dan pendampingan investasi.

Dia juga menegaskan bahwa BNI adalah pilihan utama bagi para pelajar Indonesia di luar negeri, karena BNI adalah BUMN yang telah memiliki jaringan outlet luar negeri di 7 negara antara lain Singapura, Hong Kong, Tokyo, New York, London, Seoul, hingga Amsterdam.

Lebih lanjut, Susi menginfokan terkait sinergi antara BNI dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri khususnya dalam sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan Nomor Identitas Tunggal (NIT).

Baca Juga :   Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

“Dukcapil punya program IKD dan NIT. Jadi enggak perlu lagi datang ke Jakarta untuk mengurus dokumen kependudukan ini sudah bisa lewat digital dan bisa buka tabungan BNI dari Hong Kong,”kata Susi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPI Hong Kong Jenika Huang menjelaskan bahwa pelajar Indonesia di Hong Kong menyukai bank yang mampu memfasilitasi kebutuhan transaksi dengan menghadirkan banyak program kemudahan dan promo.

“Kami tentu sangat senang dengan BNI. Kami mencari layanan keuangan itu yang memiliki program promo transaksi food & beverage. Itu buat kita lebih oke. Dompet digital juga kami suka. Untuk belanja jadi lebih mudah. Dan kami juga berharap exchange rate yang kompetitif. Hal-hal ini yang kita harapkan dari BNI,” ujar Jenika.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Ekonomika

Promosi Produk Lokal Go Global, BNI Boyong UMKM ke Pameran CAEXPO 2023 di China

Published

on

By

Telegraf – Terus dorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa bersaing dengan pemain global. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan, turut menjadi bagian di pameran terbesar China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2023 di Kota Nanning, Guangxi, China, 16-19 September 2023, yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin.

“Kami mengapresiasi kesempatan kontribusi yang diberikan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan dalam CAEXPO 2023 ini. Kami harap lebih banyak UMKM binaan yang memiliki kualitas dan kapabilitas untuk mampu go global,” ungkap Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo dalam keterangan pers, Kamis (21/9).

Okki menjelaskan dalam pameran tersebut, BNI membawa produk-produk UMKM garapan Rumah BUMN untuk menawarkan kerja sama kepada buyers China seperti kebutuhan Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C) dengan katagori handycraft, jewelry, fashion aksesories, dan wastra nusantara.

Okki berharap selain mendapatkan buyers, kegiatan ini menjadi bagian promosi BNI bagi produk UMKM karya Rumah BUMN agar dapat Go Global.

Lanjutnya rumah BUMN merupakan wadah kolaborasi BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

Okki menjelaskan, Rumah BUMN merupakan wadah kolaborasi BUMN sebagai rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UMKM menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas. Yang tersebar di beberapa provinsi melalui program-program pelatihan untuk mendorong UMKM naik kelas serta membantu pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga :   Asparminas : Perjuangkan Wadah Independen dan Yakin Industri AMDK Akan Terus Tumbuh Pesat

Okki menambahkan BNI memiliki program khusus yang selaras dengan pengembangan UMKM di Indonesia melalui BNI Xpora. Program yang dikembangkan BNI ini diperuntukkan bagi UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis, serta business matching.

“Lewat BNI Xpora, UMKM bisa berkembang lebih luas dan kami siap dan terbuka untuk membantu mereka naik kelas sehingga bisa sejajar dengan pemain global. Kami siap memberikan pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas,” tambahnya.

Bagikan Artikel
Continue Reading
Advertisement
Advertisement

MUSIK

Advertisement
Advertisement

TELEMALE

Advertisement

Lainnya Dari Telegraf

close