Dovizioso Tumbang, Marquez Juarai Le Mans

Dovizioso Tumbang, Marquez Juarai Le Mans

"Pada putaran ketiga dua pembalap Ducati Jorge Lorenzo dan Dovizioso mampu memimpin balapan. Menginjak putaran kelima, Dovi bahkan mampu menyalip rekannya untuk memimpin balapan. Sayangnya, beberapa tikungan kemudian dia terjatuh sendiri, kemungkinan karena terlalu kencang saat menikung ke kanan."

Dovizioso Tumbang, Marquez Juarai Le Mans


Telegraf, Le Mans – Marc Marquez mencetak hattrick kemenangan musim ini setelah menjuarai Grand Prix Prancis, Minggu (20/05/18), dan sirkuit Le Mans seperti berpihak penuh kepadanya karena dua rival utamanya di klasemen Andrea Dovizioso dan Johann Zarco jatuh dalam balapan tersebut.

Memulai balapan dari posisi dua, Marquez sempat terlempar dari lima besar di putaran-putaran awal balapan dan baru pada putaran ke-10 bisa memimpin balapan.

Drama sudah terjadi di putaran pertama ketika pembalap Suzuki Andrea Iannone terjatuh sendiri, disusul pembalap Marc VDS Tito Rabbat.

Pada putaran ketiga dua pembalap Ducati Jorge Lorenzo dan Dovizioso mampu memimpin balapan. Menginjak putaran kelima, Dovi bahkan mampu menyalip rekannya untuk memimpin balapan. Sayangnya, beberapa tikungan kemudian dia terjatuh sendiri, kemungkinan karena terlalu kencang saat menikung ke kanan.

Dua putaran kemudian di belakang Ducati, Marquez mampu menyalip pembalap Zarco untuk merebut posisi kedua. Pembalap Tech 3 Yamaha itu balas menyalip namun seperti halnya Dovi, tak lama kemudian dia jatuh sendiri. Hilanglah harapan publik tuan rumah untuk menyaksikan jagoan mereka finis podium.

Hanya soal waktu bagi Marquez untuk menyalip Lorenzo yang makin melambat, dan pada putaran ke-10 akhirnya dia mampu memimpin balapan dan tak terkejar hingga finis. Tiga kali beruntun pembalap Repsol Honda itu memuncaki podium setelah kemenangan di Texas dan Jerez.

Marquez juga menyamai rekor 38 kemenangan Casey Stoner.

Sementara itu, rekor buruk Ducati yang tak pernah menang di Le Mans pun bertambah panjang.

Lorenzo bahkan kemudian disalip oleh pembalap satelit Pramac Ducati Danilo Petrucci, dan kemudian veteran Yamaha Valentino Rossi. Bagi Rossi, ini adalah hasil podiumnya yang kedua musim ini setelah di Qatar.

Pembalap Pramac lainnya, Jack Miller, finis keempat tanpa gangguan, disusul pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, dan baru Lorenzo yang akhirnya menuntaskan balapan di urutan keenam.

Juara Le Mans tahun lalu, Maverick Vinales, tampaknya masih belum bisa menggali potensi motor Yamaha musim ini dan hanya finis di posisi ketujuh setelah berjuang melawan para pembalap satelit.

Cal Crutchlow tampil heroik untuk finis kedelapan bagi LCR Honda, setelah sempat diragukan tampil akibat kecelakaan sesi sebelumnya.

Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) menuntaskan balapan di posisi sembilan, sementara Alex Rins (Suzuki Ecstar) finis ke-10. (Red)


Marc Marquez mencetak hattrick kemenangan musim ini setelah menjuarai Grand Prix Prancis, Minggu (20/05/18), dan sirkuit Le Mans. REUTERS/David W Cerny


 

KBI Telegraf

close