Dorong Produk Lokal, Luhut Ingin Pejabat Jadi Pembeli

“Pejabat harus jadi teladan membeli produk dalam negeri. Dana yang kita miliki, kita upayakan untuk membeli produk dalam negeri. Itulah kekuatan kita bersama untuk membuat negeri lebIh hebat ke depannya,"

Dorong Produk Lokal, Luhut Ingin Pejabat Jadi Pembeli

Telegraf – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri acara launching Beli Kreatif Danau Toba secara daring,  Sabtu (20/02/2021).

Luhut pun mengajak seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali pejabat, untuk berpartisipasi dalam mendukung pengembangan produk lokal yang disandingkan dengan pengembangan kawasan wisata Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Pejabat harus jadi teladan membeli produk dalam negeri. Dana yang kita miliki, kita upayakan untuk membeli produk dalam negeri. Itulah kekuatan kita bersama untuk membuat negeri lebih hebat ke depannya,” kata Luhut.

Luhut mengatakan, keberadaan produk unggulan buatan pengrajin lokal akan terus didorong oleh pemerintah.

Saat ini, kurang lebih 64 juta usaha yang telah berkembang dan akan diarahkan untuk memasuki dunia digital atau digitalisasi.

“Saya ingin menambahkan kita semua harus membuat target dan kita cek lagi target itu. Ini saya kira harus terus kita kejar sebagai salah satu kekuatan Indonesia, kuliner dan kosmetik jadi penjualan tertinggi. Orang juga cari kosmetik herbal yang banyak jenisnya,” jelasnya.

Luhut menjelaskan, dalam upaya pengembangan UMKM, Pelaku usaha akan menggunakan QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai metode dalam bertransaksi.

Selain lebih praktis, penggunaan QRIS juga mendukung upaya literasi dan inklusi keuangan dalam negeri.

Dengan pengembangan pariwisata yang disandingkan dengan UMKM, tentu akan mendorong terbukanya lapangan kerja yang baru.

Baca Juga :   Pacu Petumbuhan Ekonomi, BTN Pangkas Bunga KPR

Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden untuk terus mengapresiasi budaya lokal dan menyejahterakan masyarakat.

“Saya harap melalui kegiatan ini, dapat membuat masyarakat menyadari serta mengenali potensi wisata yang ada di Indonesia, serta dapat mendukung perekonomian masyarakat,” paparnya.


Photo Credit : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan. FILE/IST. PHOTO