Dorong Produk ber SNI Melalui E-Bike Ride di Bulan Mutu Nasional 2019

“Komitmen tersebut dibuktikan dengan diterimanya Penghargaan Efisiensi Energi Nasional dari Menteri ESDM 5 kali berturut-turut sejak tahun 2014. Jateng dinobatkan sebagai sebagai Juara 1 untuk Kategori Penghematan Energi di Lingkungan Pemerintah Daerah"

Dorong Produk ber SNI Melalui E-Bike Ride di Bulan Mutu Nasional 2019

Telegraf, Jakarta – Dalam rangka Bulan Mutu Nasional 2019. IQE 2019 dan wujudkan program Langit Biru, Badan Standardisasi Nasional (BSN) selenggarakan E-Bike Ride: Konvoi Kendaraan Listrik dan Sepeda Ber-SNI” pada 6 Oktober 2019 mendatang di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah.

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN Iryana Margahayu mengatakan, BSN menggandeng Jawa Tengah menjadi tempat pelaksanaan E-Bike Ride karena provinsi ini berkomitmen tinggi dalam mendukung Program Langit Biru.

“Komitmen tersebut dibuktikan dengan diterimanya Penghargaan Efisiensi Energi Nasional dari Menteri ESDM 5 kali berturut-turut sejak tahun 2014. Jateng dinobatkan sebagai sebagai Juara 1 untuk Kategori Penghematan Energi di Lingkungan Pemerintah Daerah,” ungkap Iryana ditemui di Kantor BSN.

Berdasarkan data dari BSN, hingga bulan September, terdapat 221 industri penerap SNI di Jawa Tengah. Mulai dari industri produk elektrik dan elektronika, makanan dan air mineral, mainan anak, pakaian bayi, baja, batik, dan sebagainya.

Iryana mengatakan Jawa Tengah merupakan daerah yang berkomitmen tinggi mengembangkan dan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), itu terbukti Jawa tengah mendapay penghargaan Tokoh Standardisasi 2018 Kategori Kepala Daerah kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

E-Bike Ride digelar sebagai rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional 2019. IQE 2019 diadakan pada 11 – 14 Oktober 2019 di Java Supermall, Semarang Jawa Tengah. Sebanyak 74 stan akan meramaikan Pameran IQE 2019, yang merupakan stakeholder BSN baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat.

“Jawa Tengah telah menunjukkan komitmen dalam mengangkat daya saing produk daerahnya. BSN akan terus mendorong Jawa Tengah dan juga daerah-daerah lain tentunya, agar semakin massif menggelorakan SNI,” ujar Iryana.

Baca Juga :   BI: Ketersediaan Liquiditas Perbankan Dalam Mempertahankan Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Tengah Pertumbuhan Ekonomi Global yang Stagnan

Selama beberapa tahun terakhir, BSN telah membina 33 UMKM untuk menerapkan SNI di Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, 14 UMKM sudah tersertifikasi SNI. BSN juga menganugerahkan penghargaan SNI Award pada beberapa organisasi dan industri di Jawa Tengah. yang menjadikan Jawa Tengah Menjadi role model penerapan SNI. (Red)


Credit Photo : ilustrasi/istimewa


Tanggapi Artikel