Djoko Tjandra Hasilkan Ribuan Halaman Berkas Kasus

“Total berkas ketiga tersangka setebal 5.984 lembar,”

Djoko Tjandra Hasilkan Ribuan Halaman Berkas Kasus

Telegraf – Kerja keras penyidik Dit Tipidum Bareskrim untuk melimpahkan berkas penyidikan kasus penggunaan surat jalan asli tapi palsu (Aspal) untuk terdakwa kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra akhirnya membuahkan hasil.

“Untuk berkas perkara kasus pemalsuan surat jalan telah rampung. Hari ini langsung penyidik kirimkan ke jaksa untuk tahap satu,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jumat (04/09/2020).

Ada tiga tersangka dan tiga berkas, yakni berkas perkara untuk Anita Kolopaking setebal 2.025 lembar, untuk Djoko setebal 1.879 lembar, dan Brigjen Prasetijo Utomo setebal 2.080 lembar.

“Total berkas ketiga tersangka setebal 5.984 lembar,” terangnya.

Jika ada yang kurang lengkap maka berkas akan dikembalikan ke penyidik atau P-19. Jika sudah lengkap maka berkas akan dinyatakan P-21 yang artinya tersangka kasus ini akan disidang.

Penyidik mengebut pemberkasan kasus hilangnya red notice Djoko dan surat palsu. Dalam kasus ini mereka yang jadi tersangka adalah pengusaha Tommy Sumardi, Djoko sendiri, pengacara Anita Kolopoking, mantan Kadiv Hubinter Irjen Napoleon Bonaparte, dan mantan Korwas PPNS Brigjen Prasetijo Utomo. Hanya Napoleon dan Tommy yang belum ditahan.


Photo Credit: Petugas kepolisian membawa buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra yang ditangkap di Malaysia menuju Bareskrim Polri setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). ANTARA/Nova Wahyudi

 

Indra Christianto