Djarot Dapatkan Dukungan Ribuan Suara Untuk Kembali Pimpin DKI

Djarot Dapatkan Dukungan Ribuan Suara Untuk  Kembali Pimpin DKI

Telegraf, Jakarta – Sikapnya yang merakyat dan pro rakyat kecil menjadikan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menjadi salah satu kandidat pemimpin Jakarta yang menarik perhatian publik. Kabarnya ribuan warga Jakarta siap merapat dan mendukung mantan Walikota Blitar ini untuk memenangkan pasangan Ahok-Djarot. Mereka mayoritas adalah orang Jawa dan Betawi yang ada di Jakarta.

Rencananya, massa pendukung mas Djarot, sapaan akrab Djarot Saiful Hidayat itu akan tampil ke publik dan mendeklarasikan Relawan Dulure Djarot.

Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari artis terkenal, ada pengacara, profesional, tukang potong rambut, tokoh-tokoh agama sampai komunitas pedagang kaki lima dan banyak profesi lainnya di Jakarta. Namun kebanyakan mereka adalah orang Jawa dan Betawi di Jakarta.

“Jumlah mereka mencapai ribuan,” ujar salah satu inisiator pendiri Dulure Djarot, Freddy Alex Damanik di Jakarta dalam Siaran Persnya, Senin (3/10/2016)

Relawan Dulure Djarot rencananya akan dideklarasikan secara resmi di Rumah Sarwono Gang Arab, Pasar Minggu yang sekaligus pindahan rumah cawagub Djarot, pada tanggal 5 Oktober 2016 besok. Rumah ini sangat bersejarah karena pernah ditempati Presiden Jokowi pada saat pertama sekali hendak menjadi Gubernur DKI tahun 2012.

Menurut Alex, mas Djarot dikenal sebagai sosok pemimpin yang bersih. “Beliau saat menjabat sebagai Walikota Blitar dikenal sangat pro rakyat kecil dan membela para pedagang kecil agar tidak tergusur mal-mal yang modern,” ujar Freddy Alex Damanik, yang ditunjuk sebagai Sekretaris Umum Dulure Djarot.

Gaya kepemimpinan mas Djarot yang merakyat –mirip gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu, menarik simpatik dan kepuasan mayoritas warga DKI Jakarta. Rasa simpatik warga Jakarta itu kemudian diwujudkan dengan dukungan riil yakni membentuk Relawan Dulure Djarot.

Semasa menjabat Walikota Blitar, Mas Djarot dikenal sangat membela kepentingan wong cilik. Bentuk nyata itu diwujudkan dengan kebijakannya membatasi pembangunan fisik modern yang tidak menguntungkan rakyat. Misalnya pembangunan gedung-gedung pencakar langit dan mal. Mas Djarot lebih suka menata pedagang kaki lima yang mendominasi roda perekonomian di kota Blitar saat itu.

Dengan konsep matang yang telah beliau gagas dan inovasikan, Djarot berhasil menata ribuan pedagang kaki lima yang dulunya kumuh di kompleks alun-alun kota menjadi tertata rapi.

Karya besar yang diterapkan Mas Djarot kala itu ternyata berhasil mendongkrak perekonomian di Blitar, tanpa adanya mall dan supermarket layaknya di kota-kota besar.

Djarot dikenal warganya sebagai wali kota yang merakyat, sederhana, dan gemar blusukan untuk melihat kondisi langsung di lapangan.

Bahkan di saat pejabat daerah lain menggunakan mobil terbaru, ia lebih memilih menggunakan sepeda untuk melihat kondisi langsung rakyatnya. Kota Blitar di bawah kepemimpinannya mendapat gelar adipura 3 kali berturut-turut yakni pada tahun 2006, 2007, dan 2008.

Atas kontribusi positif yang telah ia buat sebagai seorang wali kota, ia mendapat penghargaan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah pada tahun 2008. Djarot juga mendapatkan Penghargaan Terbaik Citizen’s Charter Bidang Kesehatan.

Bahkan rakyat Blitar pun memberi kepercayaan kepada mas Djarot dua kali menjabat Walikota Blitar, yakni tahun 2000 hingga 2005 dan 2005 hingga 2010 karena kesuksesannya mensejahterakan rakyat Blitar.

Rencananya para relawan yang tergabung dalam Dulure Djarot, lanjut Alex, akan bersinergi dengan tim kampanye rumah Lembang dan dengan relawan – relawan Ahok-Djarot lainnya, untuk meyakinkan Masyarakat Jakarta, bahwa Ahok-Djarot adalah pemimpin yang sudah teruji dan sudah bekerja untuk Jakarta yang lebih baik.

“Dengan kesadaran dan semangat kemenangan, kami akan bahu membahu bersama sama untuk bergerak dan berjuang demi Jakarta semakin OK, karena pak Ahok dan pak Djarot dinilai sudah teruji dan terbukti dalam memimpin DKI Jakarta,” paparnya. (red)

Foto  : Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat kembali dapatkan dukungan untuk pimpin DKI | Antara Photo

KBI Telegraf

close