Dibombardir Instagram Donald Trump Penuh Sesak Oleh “Om Telolet Om”

"Billboard Dance melihat klip video telolet, dan memang terdengar seperti instrumen elektronik. Kami bisa membayangkannya menjadi lagu tema sebuah festival,"

Dibombardir Instagram Donald Trump Penuh Sesak Oleh “Om Telolet Om”


Telegraf, New York – Frasa ‘om telolet om’ yang kini tengah menggemparkan jagat maya ternyata diadopsi untuk menyerang Presiden AS terpilih Donald Trump. Musisi elektronik DJ Snake dan Dillon Francis beberapa yang menghujani Trump dengan kata tersebut.

Akun Instagram presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump menjadi sasaran dan bulan-bulanan dari para netizen dan dijadikan ‘tempat sampah’ baru. Ribuan komentar berisi ‘om telolet om’ tiba-tiba menyerbu akun Instagram miliknya.

DJ Snake dan Dillon Francis yang sebelumnya sudah mencuit di Twitter mengaku terkena ‘wabah’ dari Indonesia ini bahkan ikut-ikutan membombardir kolom komentar foto Trump.

Masih belum diketahui apa motivasi keduanya, namun yang pasti komentarnya sama seperti ribuan komentar di foto itu: ‘om telolet om’.

Sebuah foto yang memuat pose kemenangan tim Trump bertanggal 19 Desember di Florida menjadi yang paling dipenuhi pengguna Instagram yang tertular wabah ‘om telolet om’. Dilihat dari nama akunnya, mayoritas berasal dari Indonesia.



Selain foto itu, serangan pengguna Instagram dengan amunisi ‘om telolet om’ ternyata juga menggempur foto-foto Trump yang lain. Bahkan gempuran tersebut menjangkau foto Trump yang diunggah dua pekan lalu.

Perbincangan seputar ‘om telolet om’ ini merajai trending topic di Twitter untuk wilayah Indonesia. Sampai berita ini ditulis, frase om telolet om sudah diperbincangkan hingga 306 ribu kali. Angka itu jauh melebihi tagar atau topik percakapan lainnya di Twitter.

Situs tangga lagu Billboard menangkap viral yang menjangkiti sejumlah DJ tadi. Sejatinya mereka bertanya-tanya apakah arti dari frase om telolet om yang sedang digandrungi di Indonesia. Walau demikian, perbincangan seputarnya justru terus berkembang.

Billboard menduga ramainya perbincangan para DJ mapan tadi dengan bunyi klakson bus berisik itu identik dengan suara efek instrumen elektronik yang biasa mereka pakai.

“Billboard Dance melihat klip video telolet, dan memang terdengar seperti instrumen elektronik. Kami bisa membayangkannya menjadi lagu tema sebuah festival,” tulis Billboard, Rabu (21/12).

Telolet ini sesungguhnya berasal dari bunyi klakson bus yang diterjemahkan oleh anak-anak dengan kata ‘telolet’ dan panggilan kepada supir dengan kata ‘om’ yang menjalankan bus.

Fenomena ini makin meluas di Indonesia setelah makin banyak video klip yang merekam kegembiraan bocah-bocah melihat bus dengan bunyi klakson ‘telolet’ di jalan raya. (Red)

Photo credit : Andrew H. Walker/Getty Images


KBI Telegraf

close