Dengan Skor 2-1 Swiss Tumbangkan Serbia di Piala Dunia 2018

Dengan Skor 2-1 Swiss Tumbangkan Serbia di Piala Dunia 2018

"Gol yang ditunggu-tunggu oleh para pendukung Swiss pun akhirnya terjadi pada menit ke-52. Adalah Granit Xhaka yang berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan kaki kirinya yang berada di luar penalti. Serbia 1-1 Swiss."

Dengan Skor 2-1 Swiss Tumbangkan Serbia di Piala Dunia 2018


Telegraf, Kaliningrad – Laga matchday kedua penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Serbia melawan Swiss, berakhir dengan kemenangan untuk milik La Nati –julukan Timnas Swiss– dengan skor 2-1 . Laga yang berlangsung di Stadion Kaliningrad, Sabtu (23/06/18) dini hari tersebut, berlangsung sangat sengit.

Swiss yang tertinggal 0-1 terlebih dahulu di babak pertama, mampu melakukan comeback di babak kedua dengan mencetak dua gol. Xherdan Shaqiri menjadi aktor kemenangan Swiss di laga tersebut usai mencetak gol di menit-menit pertandingan ingin berakhir.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Sejak peluit dibunyikan, sebenarnya Serbia langsung memegang kendali permainan. Akan tetapi, justru Swiss lah yang pertama kali memiliki peluang untuk menciptakan gol. Adalah Blerim Dzemaili yang memiliki kesempatan tersebut, namun sayang tendangan pemain Bologna itu masih melambung tipis dari atas mistar gawang.

Selepas serangan Dzemaili tersebut, Serbia langsung membangun serangan dari lini pertahanan mereka. Perlahan demi perlahan tim berjuluk Beli Orlovi itu mulai membahayakan gawang Swiss yang dikawal Yann Sommer. Akan tetapi, upaya Sommer untuk menjaga gawangnya pun gagal pada menit kelima.

Aleksandar Mirtovic lah nama pemain Serbia yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada babak pertama pertandingan kali ini. Dengan memanfaatkan umpan silang dari Dusan Tadic , Mirtovic langsung menyundul bola ke arah gawang Swiss. Serbia pun unggul 1-0 atas Swiss.

Tak ingin berlarut dalam kekecawaan, Swiss pun mencoba bangkit. Hampir 70% penguasaan bola dimiliki Swiss hingga menit ke-35. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Swiss sangat ingin mencetak gol agar skor menjadi imbang.

Upaya-upaya yang dilancarkan Swiss untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil. Begitu pun bagi Serbia yang ingin menambahkan gol. Alhasil, laga pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Aleksandar Kolarov dan kawan-kawan.

Babak Kedua:

Memasuki paruh kedua pertandingan, Swiss langsung menggantikan penyerang utama mereka, Haris Severovic, yang tampil kurang baik di babak pertama dengan Mario Gavranovic.

Ternyata keputusan pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, memasukan pemain baru memberikan hal positif bagi lini serang tim berjuluk La Nati tersebut. Pasalnya, Swiss langsung menggempur lini pertahanan Serbia di beberapa menit awal babak kedua berjalan.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh para pendukung Swiss pun akhirnya terjadi pada menit ke-52. Adalah Granit Xhaka yang berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan kaki kirinya yang berada di luar penalti. Serbia 1-1 Swiss.

Swiss pun langsung bersemangat usai berhasil menyamakan kedudukan. Mereka tampil lebih menyerang dan masih mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan, Xherdan Shaqiri hampir saja membuat Swiss unggul jika bola yang ia lesatkan tidak mengenai tiang kanan gawang Serbia.

Meski Swiss lebih banyak menguasai jalannya pertandingan, namun dalam hal menciptakan peluang gol, kedua tim tidaklah terlalu jauh berbeda. Hingga meniat ke-80, mereka sama-sama mencatatkan tiga tembakan tepat ke arah gawang.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Swiss kembali membuat para pendukungnya bersorak sorai lantaran pemain andalan mereka, Shaqiri membuat gol kemenangan di laga tersebut. Melalui skema serangan balik, Shaqiri yang menerima umpan dari Gavranovic, langsung berlari tanpa kawalan dari bek Serbia. Tak ayal, saat berhadapan dengan kiper Serbia, Stojkovic, Shaqiri dengan mudah merobek jala gawang tim tersebut.

Gol Shaqiri menjadi gol terakhir yang tercipta di laga tersebut. Dengan begitu, Swiss pun keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 atas Serbia.

Berikut Susunan Pemain:

SERBIA (4-5-1): Vladimir Stojkovic; Branislav Ivanovic, Aleksandar Kolarov, Dusko Tosic, Nikola Milenkovic; Sergej Milinkovic-Savic, Filip Kostic, Luka Milivojevic, Dusan Tadic, Nemanja Matic; Aleksandar Mitrovic

Swiss (4-5-1): Yann Sommer; Manuel Akanji, Ricardo Rodríguez, Stephan Lichtsteiner, Fabian Schar; Granit Xhaka, Steven Zuber, Xherdan Shaqiri, Valon Behrami, Blerim Dzemaili; Haris Seferovic.


Photo FIFA .com

 

KBI Telegraf

close