Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Bumi Bank DKI Ajak Masyarakat Bentuk Komunitas JakOne Artri

“Aplikasi ini memfasilitasi Komunitas JakOne Artri yang terdiri dari warga pemilah, pengepul dan pengusaha sampah yang memiliki kepedulian akan kelestarian lingkungan melalui aktifitas R3 (Reduce, reuse, Recycle) untuk menambah penghasilan"

Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Bumi Bank DKI Ajak Masyarakat Bentuk Komunitas JakOne Artri

Telegraf – Masalah sampah termasuk menjadi masalah utama di Jakarta, limbah yang di hasikan baik rumah tangga, restoran jika tidak benar benar di kelola dengan baik bisa menjadi petaka kedepan.

Bank DKI melalui aplikasi Komunitas JakOne Artri mengajak seluruh masyarakat untuk mengelola sampahnya masing masing yang bisa menjadi tambahan penghasilan melalui aktifitas R3 (Reduce, reuse, Recycle).

“Aplikasi ini memfasilitasi Komunitas JakOne Artri yang terdiri dari warga pemilah, pengepul dan pengusaha sampah yang memiliki kepedulian akan kelestarian lingkungan melalui aktifitas R3 (Reduce, reuse, Recycle) untuk menambah penghasilan,” demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (05/10).

Herry juga mengungkapkan Komunitas JakOne Artri bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi melalui aktifitas R3 (Reduce, Reuse, dan Recycle) didukung dengan aplikasi yang modern.

“Tentunya kami ingin masyarakat khususnya di Jabodetabek yang setiap harinya menghadapi masalah dalam pengelolaan sampah dapat berpartisipasi aktif dalam Komunitas JakOne Artri untuk Bersama sama Selamatkan Bumi dengan cara yang mudah dan praktis,”
Kata Herry.

Untuk warga, pengepul sampah, maupun pengusaha sampah yang tertarik dengan komunitas JakOne Artri ini, Herry mempersilahkan untuk dapat mengunjungi situs bit.ly/jakoneartri guna memperoleh informasi persyaratan keikutsertaan.

Alur pengelolaan sampah Herry menjelaskan Setelah sampah terkumpul, pengepul Sampah akan mengirim notifikasi atau meminta pihak Pengusaha Sampah (Mountrash Collection Point) untuk mengambil sampah tersebut. Disini sampah akan ditimbang kembali, untuk kemudian hasilnya akan dibayarkan kepada pengepul sampah via aplikasi JakOne Artri secara non-tunai.

Terbentuknya komunitas JakOne Artri ini setidaknya memberikan tiga manfaat bagi masyarakat, yaitu menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern. (AK)


Photo Credit: Salah seoarang warga sedang mengakses JakOneArtri. FILE/DOK/IST

 

Atti K.