Cuaca dan Masa Liburan Pekerja Mengakibatkan Pasokan Tersendat

Cuaca dan Masa Liburan Pekerja Mengakibatkan Pasokan Tersendat

"Karena cuaca ekstrim itu kita bisa saksikan di Dieng, dan sebagainya, serta dari sisi suplay ke pasarnya langsung ke konsumen itu terjadi pengurangan yang juga diakibatkan dari masa libur yang panjang ternyata para pekerja dipeternakan ini juga mau cuti"

Cuaca dan Masa Liburan Pekerja Mengakibatkan Pasokan Tersendat


Telegraf, Jakarta – Menteri perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim naiknya harga telur dan ayam yang terjadi akhir-akhir ini di sebabkan cuaca dan masa libur yang panjang.

Selain dari cuaca yang ekstrim juga di pengaruhi oleh masa libur yang panjang pada saat lebaran, yang mana para pekerja yang bekerja di peternakan juga libur sehingga mempengaruhi pasokan dan pendistribusian.

“Karena cuaca ekstrim itu kita bisa saksikan di Dieng, dan sebagainya, serta dari sisi suplay ke pasarnya langsung ke konsumen itu terjadi pengurangan yang juga diakibatkan dari masa libur yang panjang ternyata para pekerja dipeternakan ini juga mau cuti,” tutur Enggar di kantornya, Jakarta.

Enggar juga mengatakan faktor faktor itulah yang terakumulasi sehingga pasokan dan pendistribusikan secara relatif terganggu, serta adanya potensi menikmati margin keuntungan dari pedagang.

Untuk mengatasi hal tersebut Enggar meminta data data dari penyuplai D1, D2, D3, harus mendaftarkan jika tidak mendaftar akan diambil tindakan sama seperti gudang dan distributor distributor lainnya.

Enggar mengharapka kepada para distributor harus membatasi dengan tidak mengambil tambahan keuntungan dari mulai produsennya maka secara berjenjang akan meminta kepada D1, D2, D3 dan seterusnya, untuk membatasi margin. (Red)


Credit Photo: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/telegraf


Atti K.

close