Covid-19 Ikut Hantam Sektor Ekonomi Digital, Ini Kiat Untuk Bertahan

Covid-19 Ikut Hantam Sektor Ekonomi Digital, Ini Kiat Untuk Bertahan

"Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Economic Forum, ekonomi digital di Asia Tenggara akan mencapai USD$100 milliar dan akan menjadi tiga kali lipat di tahun 2025. Di Indonesia, sektor industri pengolahan adalah salah satu kontributor yang meningkatkan ekonomi di negara dan kehadiran online mungkin sekali meningkatkan bangsa ekonomi secara keseluruhan."

Covid-19 Ikut Hantam Sektor Ekonomi Digital, Ini Kiat Untuk Bertahan


Telegraf – Persoalan terkait dunia ekonomi digital dirasakan cukup berat bagi pelaku bisnis digital dan startup. Terlebih, di masa sulit dengan adanya pandemi seperti saat ini. Dalam kesempatan kali ini Telegraf berkesempatan membahas hal tersebut bersama Edwin Ginting, Business Development Manager, RS Components, Indonesia.

Bagaimana pandangannya mengenai segala kemungkinan dan apa saja tips yang ia bagikan untuk mengatasi persoalan ini. Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana menurut anda perkembangan dunia ekonomi digital secara global pada masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini?

Salah satu hasil positif dari pandemic ini adalah percepatan transformasi dan akselerasi digital secara global. Dalam rangka bagi perusahaan dan produsen untuk mempertahankan dan melanjutkan bisnis seperti biasa di bawah kondisi Covid-19, kemampuan mengadopsi strategi e-Commerce dan digital sangat penting.

Kami sudah menyadari bahwa bisnis dengan kemampuan digital mampu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lebih cepat dan tidak terganggu. Dalam pengalaman kami, tim RS Components di seluruh dunia bereaksi cepat dan bergeser untuk bekerja dari rumah dengan pengaturan ketat, untuk memberikan rasa aman kepada karyawan dan juga tetap dapat diakses oleh pelanggan. Banyak yang di antara mereka yang berada di industri penting dan dibutuhkan untuk menjaga bisnis kontinuitas di antara pandemi.

Di situs RS Components, nasabah yang dilayani mampu membuat pembelian online kapan saja. Melihat kedepan, perusahaan harus menjalankan strategi transformasi digital mereka lebih cepat daripada yang dibayangkan pertama atau berisiko ketinggalan.

Salah satu alasan eCommerce boom adalah kenyamanan pengalaman belanja oleh konsumen selama masa karantina. Mereka mampu untuk membeli kebutuhan dari keselamatan rumah mereka yang dikirim ke depan pintu mereka.

Usaha dan pabrik sekarang merangkul inovasi untuk menanggapi perubahan cepat ini perilaku konsumen dan meningkatkan belanja digital. Pengusaha ritel tersebut secara konsisten menggunakan pendekatan metode bertransaksi inovatif untuk mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar yang lebih luas dan untuk mencapai pemirsa luas.

Strategi apa kira-kira yang bisa diperbuat untuk tetap bisa bertahan melakukan penjualan di tengah badai Covid-19 ini?

Seperti yang saya sudah ceritakan sebelumnya, perusahaan dengan kemampuan digital akan mempunyai kekuasaan untuk bereaksi dan menyesuaikan car acara mereka bekerja saat pandemic. Kemampuan digital RS Component, dengan jaringan pasokan global kami memungkinkan kita untuk beradaptasi dengan cepat untuk lingkungan yang berubah tersebut dan terus melayani masyarakat. Ketika tindakan karantina tersebut diperkenalkan di negara negara di asia pasifik, tim office-based kami mampu bekerja dari rumah dan melanjut menarik pelanggan.

Dengan bantuan teknologi yang benar, kami mampu melanjutkan proyek proyek dan berinteraksi dengan pemasok dan konsumen secara inovatif terhadap memastikan adanya permintaan negara stabil. Untuk membantu produsen melanjutkan operasi dan menjadikan produktif, kami luncurkan situs eCommerce baru di Indonesia untuk membantu penyediaan pasokan handal produk dengan nilai tambah layanan selama masa-masa sulit ini.

Penggunaan teknologi inovatif adalah kesempatan bagus yang kami sudah mengambil keuntungan dari selama periode ini. Kami memahami kebutuhan dan kepentingan manusia yang menyentuh – telah kami tertanam dalam situs kami. Nasabah yang dilayani masih dapat untuk mencari produk dan membuat pembelian setiap saat, termasuk memanfaatkan layanan eSolutions kami. Namun, staf lokal, pelayanan pelanggan dan tim teknis yang tersedia hanya selama jam kantor.

Sebagai sales and business development leader, menurut anda kira-kira peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha digital dengan platform onlineya?

Focus seharusnya memberikan pelanggan kemudahan dan kenyamanan perjalanan, sepanjang waktu mereka dan ini tidak berhenti pada pembelian produk. Pengusaha harus melihat semua touchpoints dan memahami apa yang pelanggan membutuhkan – ini adalah bagaimana sebuah organisasi dapat mengembangkan strategi digital mereka.

Kami menggunakan teknologi best-in-class untuk situs eCommerce kami untuk menciptakan proses pembelian yang termudah, bagi pelanggan yang mungkin mempunyai orderan atau kebutuhan yang sulit. Kami meluncurkan situs Indonesia kami dalam Bahasa lokal agar pelanggan bisa mencari dari atas 50,000 produk yang siap untuk di order dari bagian perindustrian dan elektronik. Kami punya stok lokal di Asia Tenggara dan pusat distribusi dari singapura, agar pelanggan menerimah produk dalam waktu cepat.

Misalnya, seorang insinyur dapat mencari produk dari katalog online kami dan dapat kutipan harga dari tim penjualan kami dan memesan produk lewat situs kami dari mana saja. Jika ada masalah dengan pengiriman, pelanggan dapat melacaknya online atau menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Hal kemudahan mendapatkan berhubungan dengan perwakilan penjual atau anggota tim customer service kami merupakan salah satu aspek penting.

Penawaran dengan solusi e-Commerce, seperti sebuah e-Procurement sistem atau mengalihkan dukungan juga menelusuri jalan panjang ke arah menyederhanakan proses pengadaan barang dan jasa publik pelanggan industri. Sering pelanggan bersikap kritis atau memiliki orderan yang sangat besar. Kadang-kadang mereka butuhkan untuk mengganti bagian mesin dengan cepat untuk menghindari downtime dan hilangnya produktivitas. Di sana tersedia solusi yang membantu pengadaan barang dan jasa public spesialis, untuk menghemat biaya dan waktu pembelian.

Selama pandemi, konsumen B2B dan B2C telah bertransaksi digital dan menerima pembelian langsung di rumah. Mereka akan menginginkan kenyamanan dan kemudahan dalam transaksi seperti ini untuk selamanya, maka usaha harus mengintegrasikan teknologi e-Commerce mereka dan juga dalam rantai pemasok mereka, agar dapat memberikan service yang fenomenal bagai pelanggan.

Bagaimana dampak resesi terhadap bisnis digital dan dunia e-Commerce?

Pada awal tahun ketika pandemi baru menyerang dunia, produsen dan pengusaha ritel mengalami penderitaan masa paling gelap. Namun, usaha pelajari bahwa menggunakan hak jenis teknologi memberi mereka kelincahan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kami sudah melihat percepatan proses transformasi setelah mengadopsi teknologi dan digital secara global. Orang-orang yang dapat melakukan hal tersebut berhasil untuk berdagang lancar meskipun tantangan unik dan pembatasan yang ditimbulkan oleh pandemi.

Usaha juga akan ingin membangunnya dengan teknologi tepat untuk membuat operasi mereka lebih tabah di masa depan. Untuk distributor global seperti RS Components, ini artinya memastikan bahwa pelanggan dapat terus melakukan transaksi melalui situs web kami bahkan ketika kebanyakan rakyat kami masih sedang bekerja dari rumah. Untuk bisnis manufaktur, ini berarti mereka bisa memesan mendesak bagian bagian untuk mereka memastikan operasional pabrik mereka berjalan.

Menurut anda, apa saja kira-kira treatment yang bisa dijadikan untuk meningkatkan customer experience?

Untuk sementara, lebih banyak interaksi telah menjadi digital, tetapi masih penting untuk penyentuhan manusia yang akan memberikan sesuatu yang positif kepada pelanggan B2B dan B2C. Pengalaman pembelian yang ideal adalah sederhana dan mulus, namun pelanggannya memilike beda preferensi dan persyaratan.

Fitur personalisasi, seperti Bahasa lokal dan uang mata lokal akan memberikan sebuah pengalaman yang lebih relevan ke pelanggan. Platform eCommerce kami menawarkan pelanggan akses ke tim kami – untuk meminta sebuah kutipan, mengkonfirmasi spesifikasi teknis atau meminta dukungan after-sales. Memperkenalkan kemampuan end-to-end ini ke dalam sistem bisnis di Indonesia akan memungkinkan kami untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Selain itu, pengalaman pembayaran sangat penting dalam hal membuat pelanggan setia. Beberapa pemain e-Commerce di pasar sudah bermitra dengan platform e-wallet untuk membuat proses pembayaran lebih baik dan stabil. Untuk membuatnya nyaman untuk pelanggan, kami menawarkan metode pembayaran yang fleksibel lewat situs lokal kami, yaitu:

Rekening Tunai: metode pembayaran ini tersedia segera dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Rekening Kredit: nasabah dapat membuka rekening kredit RS hanya dengan mengisi formulir dan melampirkan laporan keuangan selama 3 tahun terakhir.

Checkout Tamu: pelanggan dapat membeli produk tanpa harus login atau melalui proses terdaftar.

Transfer lewat bank.

Selama bisnis mampu menjaga pelanggan mereka secara pribadi, mereka akan melihat peningkatan loyalitas merek dalam jangka panjang.

Bagaimana cara memilih platform e-Commerce yang sesuai dengan kebutuhan spesifik?

Dengan percepatan transformasi digital, pengalaman yang end-to-end yang dilakukan saat ini difokuskan kepada kemudahan. Kemudahan transaksi, kemudahan menghubungi staf lokal, kemudahan untuk keluar dan pilihan pembayaran. Seluruh ekosistem sekarang bekerja di sekitar ide tentang betapa mudahnya untuk menemukan produk dan untuk mendapatkan layanan after-sales.

Kami telah sesuaikan konsep kemudahan di platform e-Commerce kami dan menjadikannya one-stop-shop untuk industri pelanggan dan insinyur. Mereka bersanggup untuk bertransaksi melalui platform digital kami ke akses berbagai MRO dan produk elektronik – dari merek merek yang baik dan mencari dukungan untuk menyederhanakan proses pembelian mereka untuk menjadikannya lebih efisien.

Bagaimana cara untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang masih belum aware dengan dunia digital dan segala turunannya?

Salah satu cara untuk pengusaha membuktikan sukses mereka adalah mengadopsi strategi digital. Kombinasi otomasi, konsolidasi dan digitasi. Akan memungkinakan usaha dapat menebus tranformasi ini. Cara yang paling efektif untuk melakukan hal ini adalah untuk berkoordinasi dengan para ahli yang sudan menjalankan proses in selama bertahun tahun.
Sayangnya untuk pengusaha dan bisnis yang hanya memiliki platform offline/took tidak akan bermanfaat dengan situasi sekarang. Dalam rangka untuk menempatkan diri mereka dalam skala alas untuk meningkatkan bisnis mereka, sangat penting untuk mereka mengatur dirinya di platform online/eCommerce.

Di platform kami, kami memiliki DesignSpark, sebuah design engineering platform yang dibuat untuk insinyur dan mahasiswa bersama tentang bagaimana untuk merakit produk. Halaman ini menawarkan dukungan teknis, masyarakat yang lebih pintar, perpustakaan yang komprehensif dan software bebas bagi orang orang yang mendaftarkan dirinya.

Sesamanya, majalah MRO Solutions yang diterbitkan secara online di situs web kami dapat menyediakan pelanggan dengan ketersediaan produk di Indonesia, inisiatif pendidikan dan ide-ide yang bisa dibangun.

Melihat potensi saat ini, menurut anda segmentasi bisnis digital di sektor apa yang prospeknya akan bagus pasca pandemi Covid-19 ini berlalu?

Ada potensi yang sangat besar untuk menambah nilai inovasi bagi sebagian dari industri kesehatan, masyarakat termasuk teknologi, manufaktur, telekomunikasi dan lingkungan hidup. Saya dapat berbicara bagaimana kemajuan dalam teknologi telah membantu produsen.
Dampak teknologi terhadap sector industry pengolahan telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas pabrik. Apa yang sebelumnya menggunakan tenaga kerja yang berkapasitas tinggi telah sekarang menjadi pekerjaan bagi mesin otomatis. Tetapi kami tetap menjalankan dan mengingatkan kepentingan keselamatan dan keamanan pegawai kami dan memiliki beberapa strategi jaga jarak dalam lingkungan kerja.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Economic Forum, ekonomi digital di Asia Tenggara akan mencapai USD$100 milliar dan akan menjadi tiga kali lipat di tahun 2025. Di Indonesia, sektor industri pengolahan adalah salah satu kontributor yang meningkatkan ekonomi di negara dan kehadiran online mungkin sekali meningkatkan bangsa ekonomi secara keseluruhan.

Gross Merchandise Value (GMV) Indonesia diperkirakan mencapai USD$82 miliar pada tahun 2025 dengan adanya peningkatan industri eCommerce dibanding online travel yang akan menjadi ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Seperti yang kami sudah lakukan dengan website lokal kami, pemain industri eCommerce akan memberikan diskon kepada pelanggan untuk mempertahankan kepercayaan mereka kepada distributor, produsen dan pedagang

Apa harapan anda kedepan terhadap startup e-Commerce rintisan yang masih mengandalkan bootstrap?

Pelaksanaan teknologi akan mengubah dan mempercepat kemajuan startup e-Commerce di semua industri. Lebih sering dari tidak, teknologi tersebut akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggan, preferensi dan pola pembelian yang kan bermanfaat untuk perusahan.

Meskipun hal ini mungkin membutuhkan investasi yang cukup banyak di awal, perusahan akan mewujudkan hal itu keuntungan jangka panjang. Startup yang tidak memiliki keuntungan keahlian digital dapat bekerja dengan para ahli seperti kami. Kami kuasa untuk memberikan bantuan dalam melaksanakan solusi eCommerce dan merampingkan pengadaan barang untuk menjamin pelanggan telah menerima pengalaman yang terbagus saat membuat pesanan online.

Bagaimana cara meningkatkan loyalitas konsumen ditengah maraknya platform e-Commerce agar mereka tetap memilih platform kita sebagai page landing mereka?

Di e-Commerce, ada tantangan besar untuk perusahaan bisa memberikan pengalaman yang terbaik kepada pelanggan. Perjalanan yang mulus dan inovatif akan menghasilkan customer base yang setia. Itu adalah tentang menawarkan lebih kemudahan kepada para pelanggan melalui nilai tambah jasa serta menyederhanakan dan membuat proses pembelian lebih efisien bagi mereka melalui solusi eCommerce. Misalnya, pelanggan dengan beberapa pesanan bisa dapat bekerja dengan tim pembelian barang yang akan mengurus konsolidasi persyaratan agar pelanggan tidak menghabisi terlalu banyak waktu.

Saya juga sudah mengatakan bahwa kami bisa mengurus pelanggan dan menjadi satu pintu untuk mereka, toko mitra bagi pemesanan industri dan elektronik. Sistem dari kami untuk memelihara hubungan sama pelanggan adalah melalui pendekatan omnichannel. Kami beritahukan pelanggan baru tentang tingkat pertama membeli potongan harga bahwa mereka dapat menggunakan di situs web dan lewat data pembelian mereka, kita belajar produk yang terkait dengan pelanggan dan menghubungi mereka jika ada tawaran khusus. Kami menggunakan teknologi untuk mengerti bagaimana kita dapat mengantarkan nilai ke pelanggan.

Saya juga ingin berkomunikasi betapa pentingnya untuk pemain e-Commerce tetap investasi ke pengiklanan semasa panjang pandemi ini. Inilah yang akan meninggalkan dampak kepada pelanggan dan akan pengaruh daya beli mereka.

Apa pengalaman unik yang diberikan oleh RS Components kepada pelanggan mereka di Indonesia?

Kami bertekad untuk membuat proses pembelian mudah untuk pelanggan kami dalam hal komunikasi dengan kami dan pertemuan dengan kebutuhan pengadaan produk. Situs web yang terbaru tersedia di Bahasa lokal dan uang mata lokal untuk membuat pengalaman pembelanjaan gampang. Platform kami, DesignSpark juga menawarkan software gratis dan sumber daya untuk membantu pengguna pada proyek mereka sendiri.

Selain difokuskan pada menjual jenis barang barang yang di digital platform, apa yang membuat RS Components situs eCommerce yang beda?

Kami tidak hanya mampu menawarkan sebuah pengalaman e-Commerce sebagai omnichannel provider tetapi kami juga memberikan pelayanan end-to-end dan menawarkan solusi value-adding untuk pelanggan, insinyur dan pengadaan barang spesialis.

Kami ada jaringan global dengan perkantoran di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Utara dan kami juga memiliki keahlian di Indonesia dengan kehadiran staf lokal yang didukung oleh tim pelayanan pelanggan dan tim teknis. Kami adalah satu penyedia omnichannel, yang berarti kita berinteraksi dengan beberapa saluran pelanggan yang mereka pilih. Bersama dengan kemampuan digital kami, pasokan global dan pegawai kami, kami akan selalu memelihara hubungan dengan pelanggan dan memberikan mereka efisiensi dan kenyamanan saat pembelian dan setelah.

Selain kapabilitas kami untuk menyediakan MRO dan produk elektronik, kami juga adalah sebuah pelayanan dan penyedia layanan. Solusi value-adding kami membuat proses ini mudah. Kami ada pelanggan dengan persyaratan kompleks dan bervolume tinggi yang menginginkan proses sumber pengadaan dengan sederhana. Tim spesialis kami, tim penjualan dan customer service memiliki keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengarahkan pelanggan dalam proses pembelihan tanpa membuang waktu dan uang.


Ilustrasi Shutterstock/Roland Berger

 

Indra Christianto

close