Connect with us

Corporate

Alat Transportasi yang Eco-friendly Siap Perkuat Armada Kurir Blibli

Published

on

Peluncuran e-Bike ebagai salah satu komitmen Blibli dalam membangun bisnis yang berkelanjutan

Telegraf – Jelang puncak perayaan ulang tahun yang ke-11, Blibli memastikan kesiapan operasional perusahaan dalam memenuhi pesanan untuk menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja. Untuk menghantarkan operational excellence di tiap lini, sudah pasti warehouse dan logistics Blibli menjalankan peran penting. BES Paket sebagai in-house logistics Blibli, mulai hari ini akan didukung moda transportasi eco-friendly yang siap perkuat armada kurir Blibli untuk mengirim produk fresh and frozen khususnya di area Jabodetabek.

“Blibli, sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terpercaya dengan ekosistem terintegrasi, dalam 11 tahun perjalanannya melayani Indonesia, terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan. Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujar Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli.

Lisa menambahkan, Blibli menjamin setiap pesanan dikirim dengan aman dan cepat untuk menjaga barang tetap dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan, sekaligus menjadi keunggulan Blibli dibanding pelaku e-commerce lainnya. Dalam hal ini, Blibli menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli yang memiliki 14 warehouses  yang beroperasi 24 jam dengan total luas lebih dari 130,000 m2, 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman.

Blibli pun terus berinovasi dalam menyediakan layanan logistiknya melalui berbagai layanan bernilai tambah seperti gratis ongkir, solusi pengiriman 2 Jam Sampai, trade-in dan scheduled delivery. hingga kebijakan retur dengan rentang waktu sampai 15 hari. Blibli juga berkolaborasi dengan  20 mitra logistik untuk memberi pilihan metode pengiriman yang lebih luas bagi pelanggan. Semua upaya ini Blibli lakukan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan lebih bagi pelanggan di seluruh daerah di Indonesia.

Perkuat sustainable business, Blibli hadirkan alat transportasi eco-friendly untuk armada kurir

Pemerintah menargetkan untuk mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29% pada 2030 sesuai Paris COP 21. Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle) untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada 2025 dan 31% di 2030 serta mendorong industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor sesuai dengan tren global.

Memahami hal tersebut, sebagai e-commerce yang konsisten menjalankan sustainable business, Blibli berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan. Dalam hal ini, Blibli telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper.

Kini, menegaskan komitmennya sebagai sustainable e-commerce dengan prinsip ESG, Blibli resmi memperkenalkan e-bike ramah lingkungan yang akan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Penyediaan e-bike ini sendiri merupakan hasil kerja sama antara Blibli dengan Smoot Motor Indonesia, pionir motor listrik tanpa cas di Indonesia.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan. Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami,” tutup Lisa.


 

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Corporate

Tingkatkan Kualitas Melalui STI Untuk Lulusan SMK Siap Kerja

Published

on

By

Photo Credit : Alumni STI dari SMKN 1 Cimahi, Salma Oktaviani, berhasil mendapatkan pekerjaan di bidang yang ia sukai. Saat ini ia menjadi teknisi di Samsung Service Center/Doc/humasSamsung

Telegraf – Riset Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2021 lalu menunjukkan bahwa 82% responden tertarik melanjutkan pendidikan ke SMK karena peluang kerja yang bagus (57,8%) dan pilihan jurusan yang banyak (51,95%). Prospek kerja yang lebih cerah bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pendidikan vokasi seperti SMK memang dirancang untuk menghasilkan lulusan siap kerja. Dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, peningkatan kualitas pendidikan vokasi menjadi kunci untuk mengurangi pengangguran dan pemerintah mendorong kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri untuk mencetak tenaga kerja muda yang berkompetensi tinggi.

Samsung Electronics Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk turut berkontribusi meningkatkan kualitas dunia pendidikan vokasi di Indonesia melalui program Samsung Tech Institute (STI). STI melalui mitra sekolah kejuruan dan setara sekolah menengah memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta mampu memperbesar peluang kerja ketika mereka lulus. Inisiatif ini sekaligus mendukung program link and match yang digaungkan oleh pemerintah sejak tahun 2017.

Untuk menyerap lulusan, Samsung Tech Institute juga bekerja sama dengan mitra Samsung untuk memfasilitasi Program Kerja Lapangan, yang selanjutnya akan memberikan peluang bagi para siswa untuk mengikuti proses rekrutmen. Lulusan STI yang berhasil melewati proses ini mengakui bahwa materi yang dilatih di STI memang sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Program STI pun tidak pandang bulu, memberikan peluang bekerja bagi siapa saja di bidang yang bahkan dipandang ‘tak lazim’. Contohnya pengalaman Salma Oktaviani, tenaga SVC di Samsung Service Center Mall Ambassador, Jakarta. Alumni STI dari SMK Negeri 1 Cimahi ini mengakui bahwa tenaga teknisi memang mayoritas laki-laki. Tapi itu tak menyurutkan minat Salma untuk menggeluti bidang yang disukainya itu.

“Di sekolah kan basic-nya juga memang teknik. Kendala dan tantangan pasti ada, tapi di STI kami sudah belajar mengenai produk Samsung, cara kerja smartphone, bongkar-pasang, dan lain sebagainya. Apa yang dikerjakan sekarang sudah dipelajari dasarnya di STI dan dikembangkan di sini,” kata Salma

Bagikan Artikel
Continue Reading

Corporate

Dorong Masyarakat Gemar Konsumsi Buah Unilever Kampanyekan #AyoMinumBuah

Published

on

By

Tantangan Kesehatan Meningkat, Kampanye #AyoMinumBuah Edukasi Masyarakat Akan Pentingnya Asupan Buah untuk Daya Tahan Tubuh

Telegraf – Dalam rangka terus mendorong masyarakah hidup sehat PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui Buavita mengajak seluruh masyarakat indonesia konsumsi buah untuk kesehatan dan daya tubuh.

Kampanye #AyoMinumBuah dilakukan, selaras dengan upaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus untuk menggiatkan konsumsi buah masyarakat Indonesia yang saat ini masih terbilang rendah. Hal itu di ungkapkan oleh Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk dalam Press Conference Buavita Ajak Indonesia Lengkapi Kebutuhan Buah Harian Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Melalui Kampanye #AyoMinumBuah beberapa hari lalu di Jakarta.

“Sejalan dengan pilar strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Buavita dengan brand purpose ‘Delightful Nutrition, Powered by Fruits’ berkomitmen memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat dengan cara yang praktis dan menyegarkan, sekaligus menyuarakan pentingnya konsumsi buah demi tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih berkualitas,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan kampanye #AyoMinumBuah upaya untuk mengedukasi mengenai proporsi konsumsi buah yang ideal kepada masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melengkapi kebutuhan harian buah demi daya tahan tubuh yang lebih terjaga, salah satunya dibantu dengan minum jus buah setiap hari.

Di kesempatan yang sama dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan Buah berfungsi penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun nyatanya, konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup.

Sementara itu Nirina Zubir, Aktris dan Pegiat Gaya Hidup Sehat berbagi pengalaman, terkait konsumsi buah menjadi tubuh tidak mudah sakit. “Happy banget sama dampaknya, keluargaku jadi nggak gampang sakit meskipun kita sudah kembali aktif berkegiatan di luar rumah,” tuturnya.

 

Bagikan Artikel
Continue Reading

Corporate

Tanamkan Semangat Berbagi Jamsyar Salurkan 24 Ekor Sapi

Published

on

By

Photo Credit : Direktur Utama Jakrindo Syariah Gatot Suprabowo berbatik hitam (ke tiga dari ka)/Doc/Humas Jamkrindo Syariah

Telegraf – Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah PT Jamkrindo Syariah turut menyalurkan 24 ekor sapi kurban ke sekitar wilayah kerja JamSyar baik di Kantor Pusat maupun di Kantor Cabang.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Jakrindo Syariah Gatot Suprabowo dalam pres rilis yang di terima redaksi telegraf, Selasa (12/7).

“Dengan adanya kegiatan penyaluran hewan kurban dapat menghidupkan semangat para Insan JamSyar untuk berbagi kepada sesama. Semoga esensi utama kurban akan selalu tertanam dalam jiwa dan hati,” tulisnya.

Ia menjelaskan Hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dari segenap keluarga besar JamSyar yaitu Direksi serta karyawan JamSyar seluruh Indonesia. Penyaluran Hewan kurban di Kantor Pusat Jakarta diserahkan pada beberapa lokasi daerah yaitu Bekasi, Lenteng Agung, Pademangan dan di Kantor Pusat PT Jamkrindo yang berlokasi di Kemayoran.

Sedangkan penyaluran hewan kurban lainnya tersebar di Wilayah Kerja JamSyar meliputi Kantor Cabang Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Banjarmasin, Aceh, Mataram, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, dan Lampung.

Dikesempatan yang sama Endang Sri Winarni selaku Direktur Keuangan, SDM & Umum JamSyar, mengatakan Kegiatan ini adalah salah satu bentuk perwujudan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) yang menjadi core values BUMN dimana merupakan kegiatan rutin perusahan dalam menjalankan Amanah untuk selalu berbagi dan memelihara hubungan yang Harmonis dengan warga di sekitar lingkungan kerja

Lanjutnya JamSyar merupakan anak perusahaan dari PT Jamkrindo yang bergerak dalam bidang penjaminan berbasis Syariah. Hingga saat ini JamSyar telah memiliki 15 kantor layanan yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia yaitu di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Aceh, Banjarmasin, Pontianak, Mataram, Pekanbaru, Balikpapan, Lampung dan Padang.

Dia juga mengungkapkan dengan dukungan dan kerja keras serta semangat untuk terus tumbuh dan berkembang, JamSyar berkomitmen selalu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tagline perusahaan yaitu PROGRESIF (professional, gesit, responsif, syar’i dan inovatif).

Bagikan Artikel
Continue Reading

Corporate

Samsung Innovation Campus 2022 Berikan Pelatihan Coding 1.000 Siswa

Published

on

By

Credit Photo: Ilustrasi pelatihan coding/Doc/binaracademy.com

Telegraf – Berdasarkan data dari Kominfo , Indonesia diperkirakan akan membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital hingga tahun 2030 dalam mempersiapkan Industri 4.0. Artinya, ada kebutuhan 600 ribu talenta digital per tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Samsung Innovation Campus (SIC), inisiatif Corporate Citizenship selenggarakan program Student Coding & Innovation Training, tahap kedua dalam SIC Batch 3 2021/2022.

Dalam pelatihan ini menekankan pengembangan keterampilan siswa sekolah vokasi dalam hal problem solving dan merumuskan solusi atas masalah sosial dan lingkungan yang ada, serta dasar-dasar pemrograman Python yang populer.

“Program SIC adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kapasitas dan kesuksesan inovasi yang menjadi tantangan sistem pendidikan Indonesia dan mencetak talenta-talenta digital yang dibutuhkan industri. Program ini juga dirancang untuk membantu siswa di sekolah vokasi, menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan di era Industri 4.0 dan mendapatkan bekal keahlian digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami juga mengapresiasi peran guru dan mentor yang telah menjadi motor penggerak para siswa dalam menyelesaikan tugasnya hingga tahap akhir dan mengarahkan mereka merancang desain produk yang inovatif, sehingga siswa merasa percaya diri dalam menjalani proses pembelajaran,” ungkap Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Lanjutnya ia mengungkapkan teknologi dan digitalisasi adalah komponen penting dalam Industri 4.0. Selain kesiapan infrastruktur, Indonesia juga terus mengejar kesiapan SDM dengan meningkatkan literasi dan keterampilan digital masyarakat agar dapat memanfaatkan teknologi dan digital untuk memecahkan masalah, memaksimalkan kesempatan, berpikir kritis, dan mengasah kreativitas untuk terus berinovasi.

Ia juga mengungkapkan ditahap keua ini samsung melalui SIC menggelar tiga tahapan program, diantaranya Pelatihan Guru (Program Training of Trainers), Pelatihan Coding & Inovasi, dan pelatihan IoT Pengembangan Produk. Ada 1.000 siswa yang dibagi menjadi 250 tim yang lolos ke Tahap 2 SIC Batch 3 2021/2022, dimana ada 360 siswa berasal dari MA/MAK dan 640 siswa dari SMK yang sudah menjadi partner Samsung dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Program Coding & Innovation Training ini menantang para siswa untuk mengembangkan soft skill dan menemukan ide-ide solusi untuk memecahkan masalah di komunitas atau lingkungan sekitar mereka. Penyampaian materinya sendiri dibagi dalam dua tahap, yaitu:
1. 4 sesi webinar mengenai Problem Definition – Explore (mengeksplorasi solusi dan peluang serta menampung aspirasi), Ideation dan Experiment (mengembangkan dan membangun ide solusi IoT), Prototyping – Imagine (menterjemahkan ide ke dalam prototype), sampai dengan Pitching – Storytell (mempresentasikan masalah dan solusi).
2. 5 sesi webinar dan pembelajaran daring mengenai bahasa pemrograman Python, meliputi Python Dasar, Python Intermediate, dan Algorithm & Data Structures (Konsep dasar & algoritma Python, mempelajari dan menerapkan struktur data inti dan analisa data Python).

Python dipilih sebagai bahasa pemrograman ini adalah salah satu yang paling populer di dunia saat ini. Permintaan para profesional untuk membangun program-program yang menerapkan dasar-dasar Python berada di ranking paling atas. Program-program ini diyakini mampu mendorong solusi bisnis di seluruh industri. Python sendiri banyak digunakan untuk pembuatan program yang umum, seperti aplikasi pada smartphone, IoT, games, dan website.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Corporate

Dua Dekade APU-PPT, PPATK dan BNI Tanam 2.000 Bibit Pohon  

Published

on

By

Photo Credit : (ki-ka) Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dalam program penanaman 2.000 bibit pohon secara simbolis di Pantai Anyer Banten dalam rangkaq memperingati Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) yang genap berjalan dua puluh tahun,/Doc/BNI

Telegraf – Dalam rangka gerakan pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU-PPT) yang memasuki dua puluh tahun. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) menanam 2.000 bibit pohon di beberapa wilayah dalam negeri BNI dan beberapa cabang luar negeri BNI.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaa mengatakan penegakkan APU-PPT di BNI merupakan salah satu pilar penting dalam operasional BNI. Sebagai Bank, BNI berkewajiban menjaga setiap transaksi yang dilakukan bebas dari berbagai macam dugaan yang merugikan masyarakat secara luas.

BNI juga mendukung sepenuhnya penerapan prinsip kehati-hatian yang dapat melindungi penyelenggara maupun pengguna jasa dari berbagai risiko yang mungkin timbul.

Kami telah berkomitmen untuk mendukung Gerakan APU-PPT. Kami berterima-kasih atas segala arahan dari PPATK. BNI pun membentuk internal sistem yang lebih kuat, sekaligus menanamkan sifat AKHLAK,” katanya.

Lanjutnya denga semangat semangat Go Green, BNI juga merupakan anggota dari komunitas pecinta lingkungan yang aktif dan proaktif ikut menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk membantu pemulihan kembali fungsi alam dan lingkungan.

Di Kawasan Mega Mendung, kami Bersama masyarakat telah berhasil meng-hutankan Kembali 30 hektar lebih lahan tandus.

“Di Anyer Banten dan Hulu Sungai DAS Citarum, BNI membantu pembibitan sekitar 300.000 pohon yang ditujukan untuk pemulihan alam di Kawasan tersebut,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengapresiasi BNI atas inisiasi kegiatan peringatan dua dekade APU-PPT. Menurutnya, acara ini mengingatkan semua pihak bahwa tindak pencucian uang dan pendanaan terorisme juga bisa merugikan semua sektor termasuk lingkungan yang justru akan mengancam keberlangsungan alam.

“Kami mengapresiasi BNI yang proaktif membantu dalam pencegahan tindak pencucian uang dan pendanaan terorisme. Ini salah satu barometer integritas, mengingat integritas penerus bangsa harus terus dibangun,” ujarnya.

Ivan mengungkapkan kegiatan ini merupakan rangkaian 20 tahun atau dua dekade APUPPT Indonesia. Dia memaparkan PPATK sudah menerima laporan hingga 50.000 transaksi per jam. Ini pula menunjukkan bahwa begitu cepatnya kebutuhan transformasi hukum sehingga dapat mengikuti transformasi teknologi informasi.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close