BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Tenaga Didik PAUD

“Hanya dengan iuran sebesar Rp 8.100 per orang per bulan, tenaga didik dan penyelenggara PAUD sudah dilindungi dengan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,”

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Tenaga Didik PAUD

Telegraf, Karawang – Berbagai strategi dalam melakukan perluasan kepesertaan terus dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Karawang, pada Jum’at siang (11/05/18) bertempat di ruang pertemuan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Karawang yang diketuai oleh Devi Sulaeman M,Pd.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karawang, Toto Suharto pada acara penandatangan tersebut menyampaikan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan bagi pekerja apapun pekerjaannya melalui 4 program antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Pada tahap awal tenaga didik PAUD dan penyelenggara PAUD dilindungi dengan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dengan manfaat, apabila peserta atau pekerja mengalami kecelakaan kerja maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan berupa seluruh biaya perawatan di rumah sakit sesuai kebutuhan medis, bila mana meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, maka ahliwaris akan mendapatkan santunan sebanyak 48 kali upah dilaporkan atau Rp 72 juta dan jika meninggal dunia karena sakit akan mendapatkan santunan sebesar Rp 24 juta.

“Kalau ada pekerja peserta BPJS Ketenaga kerjaa mengalami kecelakaan mulai dari berangkat dari rumah ke kantor balik ke rumah mengalami kecelakaan kerja dan harus dirawat di rumah sakit, maka seluruh biaya perawatan sesuai kebutuhan medis akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan dengan jaringan Pusat Layanan kecelakaan Kerja (PLKK) yang tersebar di Kabupaten Karawang termasuk seluruh Puskesmas di Karawang telah bekerjasa dengan kami,” kata Kacab BPJS ketenegakerjaan Karawang, Toto Suharto.

Selainitu, Ketua Himpaudi Kabupaten Karawang, Devi Sulaeman menyampaikan, kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan anggota HIMPAUDI baik tenaga didik maupun penyelenggara PAUD.

Baca Juga  Soni Ajak Masyarakat Sulsel Perangi Hoax Yang Semakin Masif

“Hanya dengan iuran sebesar Rp 8.100 per orang per bulan, tenaga didik dan penyelenggara PAUD sudah dilindungi dengan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” ujarnya.

Lanjut Devi Sulaeman, pihaknya menghimbau kepada seluruh PAUD dan tenaga didiknya untuk segera mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ndengan persyaratan fotocopy KTP/NIK melalui Koordinator Himpaudi yang ada di Kecamatan, agar mereka dapat tenang dan aman dalam menjalanakan tugas mulianya. (Red)


Share