BPDP KS Salurkan Pembiayaan ke 20 BBN Biodisel

“Kami hari ini mengumumkan bahwa Perjanjian Pembiayaan Bahan Bakar Nabati jenis Biodiesel antara BPDP KS dengan Produsen Biodiesel telah ditandatangani”

BPDP KS Salurkan Pembiayaan ke 20 BBN Biodisel


Telegraf, Jakarta – Dalam mendukung pembangunan industri sawit yang berkelanjutan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dalam pebiayaan dengan 20 badan usaha produsen bahan bakar nabati (BBN) jenis biodiesel Periode November 2017 – April 2018.

Pembiayaan pengadaan Biodiesel ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk mendukung pembangunan industri sawit yang berkelanjutan dan sekaligus mendorong peningkatan diversifikasi energi, terutama pemanfaatan energi terbarukan, ungkap Dono Boestami, Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

“Kami hari ini mengumumkan bahwa Perjanjian Pembiayaan Bahan Bakar Nabati jenis Biodiesel antara BPDP KS dengan Produsen Biodiesel telah ditandatangani,” tuturnya.

Pendanaan tersebut hanya untauk jenis BBM terntentu (JBT)/ PSO dan pembangkit listrik PLN, yang mana total jumlahnya adalah 1,408 kl yang di salurkan ke PT. Pertamina (Persero) dan PT. AKR Corporindo, yang besaranya sesuai degan proyeksi kebutuhan solar nasional.

Kerjasama ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit berserta perubahannya pada Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, serta Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 26 Tahun 2016 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Jenis Biodiesel dalam rangka pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

Direktur Penyaluran Dana BPDP KS Edi Wibowo mengatakan bahwa Pelaksanaan kerjasama penyediaan Biodiesel melalui dana perkebunan kelapa sawit tidak terlepas dari dukungan penuh pihak terkait khususnya Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT. Pertamina (Persero), PT. AKR Corporindo Tbk.

Baca Juga :   Sri Mulyani Lakukan Intercept Bagi Penanganan Covid-19

“Kami juga memberikan apresiasi kepada 20 Badan Usaha BBN jenis Biodiesel atas perannya dalam program pemanfaatan BBN Jenis Biodiesel melalui kerangka dukungan insentif pembiayaan dana sawit. Hal ini mendorong pembukaan pasar baru untuk minyak sawit yang akhirnya dapat meningkatkan dan menjaga kestabilan harga CPO, sesuai amanat dalam Peraturan Presiden No. 61 Tahun 2015,” Jelas Edi Wibowo. (Red)

Photo Credit : Dok/Ist. Photo


 

Atti K.

close