BNI Xpora Membantu UKM Indonesia Go Internasional, Salah Satunya Azaki Food

Oleh : Atti K.

Telegraf -PT Azaki Food Internasional, produsen tempe asal Bogor, berhasil menembus pasar internasional berkat dukungan program BNI Xpora. Sejak berdiri pada 2005, perusahaan yang awalnya bernama Rumah Tempe Azaki ini kini telah memasarkan produknya ke 10 negara, termasuk Hong Kong, Jepang, dan Amerika Serikat. Transformasi Azaki Food ini menjadi contoh nyata bagaimana Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dapat berkembang pesat dan berkompetisi di pasar global.

Program BNI Xpora dirancang untuk memperkuat ekosistem UKM berorientasi ekspor dengan fokus pada tiga aspek utama: Go Productive, Go Digital, dan Go Global. Melalui program ini, BNI memberikan berbagai fasilitas dan dukungan untuk mendorong pelaku usaha di Indonesia agar dapat meningkatkan produktivitas, memanfaatkan teknologi digital, serta memperluas pasar ke luar negeri.

Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menyatakan bahwa hingga Desember 2024, BNI telah menyalurkan Rp33,6 triliun dalam bentuk kredit usaha ekspor kepada lebih dari 18.000 debitur. Nilai transaksi perdagangan yang tercatat mencapai Rp108,04 triliun. Dukungan ini menjadi bagian dari komitmen BNI untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional, dengan lebih banyak pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

“Ke depan, BNI akan terus mendukung lebih banyak pelaku UMKM berorientasi ekspor sehingga bisa berkontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional,” kata Okki dalam siaran pers yang di terima redaksi, Rabu (12/2).

Baca Juga :   Revolusi Digital di Muara Enim: Petani Karet Pagardewa Beralih ke Sistem Pencatatan Panen Digital

Cucup Ruhiyat, Direktur Azaki Food Internasional, mengungkapkan bahwa sejak bergabung dalam program BNI Xpora pada 2021, bisnisnya semakin berkembang. “Fasilitas yang diberikan BNI Xpora sangat berdampak pada usaha kami. Dengan dukungan yang tepat di saat yang tepat, kami dapat memaksimalkan setiap peluang untuk mengembangkan bisnis,” kata Cucup. Ia juga menambahkan bahwa tempe Azaki kini sudah mendominasi pasar modern di Jabodetabek dan semakin banyak diterima di pasar internasional.

Azaki Food tidak hanya berfokus pada ekspor produk tempe ke luar negeri, tetapi juga terus berinovasi dengan memenuhi berbagai sertifikasi internasional dan meningkatkan manajerial untuk memperkuat keberlanjutan bisnis. Cucup berharap dalam lima tahun ke depan, perusahaannya dapat memperluas pasar global lebih jauh lagi, dengan terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang ada.

Melalui keberhasilan Azaki Food, BNI Xpora menunjukkan dampak positif bagi pelaku UMKM Indonesia untuk meningkatkan daya saing di pasar global. Ke depannya, BNI berharap dapat terus memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM lainnya, agar lebih banyak lagi produk Indonesia dapat dikenal dan diterima di seluruh dunia.

Lainnya Dari Telegraf