BNI Perkenalkan “Mutiara Hitam” dari Labuan Bajo ke Tamu KTT ASEAN SUMMIT 2023

Oleh : Atti K.

Telegraf – Indonesia Selain memiliki keindahan Wisata baik alam serta budaya, Indonesia juga banyak memiliki kekayaan hasil pertanian seperti biji kopi, cengkeh, kelapa sawit lada bahkan vanili.

Bertepatan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN SUMMIT 2023 yang di laksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah daerah tidak mau ketinggalan moment bagust tersebut.

Bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dorong UMKM industri pariwisata Labuan Bajo menggunakan kopi lokal, dalam rangka memberikan pertumbuhan positif terhadap perekonomian masyarakat daerah, sekaligus memperkenalkan cita rasa kopi NTT ke seluruh Nusantara, bahkan dunia.

Pemilik Kopi Wamor Marius Bria Nahak mengatakan untuk menghasilkan cita rasa yang kaya, pengolahan Kopi dilakukan dengan ketat dan disiplin, terlebih saat proses sangrai atau menggoreng biji kopi tanpa minyak. Kopi Wamor dibuat tanpa campuran, sehingga rasa yang dimunculkan murni cita rasa kopi lokal Labuan Bajo.

“Jadi ketika saya sangrai, saya berusaha munculkan cita rasa khas kopi Labuan Bajo. Kata orang campurkan dengan ini dan itu, saya tidak mau. Saya ingin konsisten dengan apa yang saya buat yaitu tanpa campuran,” kata pria yang akrab disapa Mario.

Dia mengatakan untuk menjaga konsitensi dan mengacu pada rasa murni kopi khas Labuan Bajo, bukanlah hal yang mudah. Mario selalu berusaha hadir dan mengontrol proses pembuatan sejak biji kopi ditanam hingga pengemasan, agar rasa benar-benar terjaga.

Baca Juga :   BNI Xpora Berangkatkan 12 UKM Makanan dan Minuman ke Indonesia in Korea - SFH 2024

Setelah memiliki kopi dengan cita rasa yang spesial, Mario tidak berpuas diri. Untuk dapat mendorong penetrasi produk Kopi Wamor lebih dalam ke pasar, Mario menyadari butuh lebih banyak bimbingan dan pendanaan. Beruntung, pada akhir 2022, dirinya mengikuti sebuah acara yang mempertemukan Kopi Wamor dengan berbagai komunitas penjual kopi dan pembeli.

 

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close