Connect with us

Nasional

BMKG Prediksi Hujan di Beberapa Kota Besar di Indonesia

Published

on

Pengendara sepeda motor saat menerabas hujan di jalan raya. FILE/Mila Arinda
Pengendara sepeda motor saat menerabas hujan di jalan raya. FILE/Mila Arinda

️Play Radio 🎶


Telegraf – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan situasi cuaca di kota-kota besar di Indonesia akan diguyur hujan berskala ringan hingga sedang, Rabu (12/10/2022).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, wilayah Sumatera diperkirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Lampung, Pangkalpinang, Palembang, dan Jambi. Sedangkan pada wilayah Pekanbaru diperkirakan hujan disertai dengan petir

Situasi cuaca di wilayah Tanjungpinang diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan disertai dengan petir di wilayah Padang. Prakiraan cuaca wilayah Aceh cuaca didominasi cerah berawan.

Situasi cuaca di wilayah Jawa diperkirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Serang. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Semarang dan Yogyakarta.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Bandung. Cuaca di wilayah Jakarta dan Surabaya diperkirakan berawan.

Prakiraan cuaca di wilayah Bali dan Nusa Tenggara akan turun hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Denpasar dan Mataram. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Kupang.

Pulau Kalimantan diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Palangkaraya, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Samarinda.

Waspadai potensi hujan disertai petir bagi masyarakat yang berada di wilayah Pontianak.

Prakiraan cuaca di Sulawesi didominasi hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Manado, Gorontalo, Mamuju, Makassar, dan Kendari. Sedangkan pada wilayah Palu, cuaca diprakirakan berawan.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Prakiraan cuaca di wilayah timur Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Ternate, Manokwari, dan Jayapura. Sedangkan wilayah Ambon diprakirakan hujan disertai dengan petir.

BMKG mendeteksi bibit siklon tropis 94 W berada di Laut China Selatan yang menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi di Laut China Selatan, Samudra Hindia Barat Banten dari Lampung, Jambi, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi, hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Nasional

FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Published

on

By

Credit Photo : Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) saat melakukan aksi/Doc/Istimewa

️Play Radio 🎶


Telegraf – Berkenaan dengan Pertamina Geothermal Energy atau PGE melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran perdana saham kepada publik, yang dilakukan per Rabu, 1 Februari 2023, Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menolak dengan melakukan aksi demo di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta.

Arie Gumilar, Presiden FSPPB menyampaikan berdasarkan pencermatan terhadap konstelasi yang terjadi di Perusahaan pasca restrukturisasi/holdingisasi Pertamina yang mana FSPPB pernah menggugat aksi korporasi tersebut karena dinilai Pertamina akan keluar dari khitohnya dalam menjalankan penugasan negara untuk membcrikan sebesar-besar manfaat bagi rakyat Indonesia sebagaimana amanat UUD 1945 Pasal 33.

“Sesuai dengan yang sudah FSPPB perkirakan dahulu, saat ini mulai terbukti yaitu telah terjadi proses privatisasi PT Pertamina Geothermal Energy yang dilakukan melalui aksi korporasi IPO atas kepemilikan negara melalui BUMN Pertamina di PGE oleh Pemerintah melalui Kementerian terkait, dimana patut diduga bahwa aksi korporasi tersebut tidak berlandaskan kajian yang prudent dan tanpa due dilligence yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga merugikan negara serta berpotensi adanya pelanggaran atas hukum yang cenderung menguntungkan sekelompok/golongan tertentu, bukan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat umum,” demikian pernyataan, Arie Gumilar, Senin(6/2/2023).

Sementara itu Sutrisno, Sekjen FSPPB, mengatakan bahwa PGE sebagai bagian dari afiliasi Pertamina, selama ini baik baik saja. PGE telah mencapai begitu banyak prestasi dan terus tumbuh sebagai salah satu perusahaan yang mengelola energi terbarukan serta menjadi masa depan elektrifikasi Indonesia di sektor hulu.

“Negara Indonesia memiliki kurang lebih 40% cadangan geothermal dunia dengan potensi cadangan 25.4 Giga Watt (GW) atau setara dengan 25.4 miliar Watt yang menjadikan Indonesia sebagai negara pemilik cadangan terbesar di dunia atas sumber energi geothermal yang bersih, ramah lingkungan dan terbarukan sekaligus yang secara terus menerus disediakan oleh Tuhan melalui gunung-gunung api di seluruh wilayah Indonesia. Sampai dengan tahun 2022 PGE memegang kuasa atas WKP panas bumi terbesar di Indonesia dengan total 13 wilayah kerja. Dengan kapasitas total PLTP di Indonesia sebesar 2.292 Mega Watt (MW), sebanyak 82% berdiri di WKP milik PGE baik dengan skema operasi sendiri ataupun Joint Operation Contract,” kata Sutrisno.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Didalam aksinya menolak IPO, FSPPB menyampaikan Deklarasi yang berisikan :

Darurat Privatisasi/Swastanisasi Pertamina dan Afiliasinya

Dalam suasana hati yang lirih kita semua sedang bertanya-tanya : Apa alasan yang membenarkan aset milik Negara menjadi bukan lagi milik Negara, lalu untuk dijual kepada swasta dan Asing?

Terlalu banyak nyawa melayang, terlalu banyak darah tertumpah, terlalu banyak air mata dan harta yang telah dikorbankan oleh para pejuang untuk memerdekakan Indonesia 100% dari panjajahan di masa lalu.

Terlalu banyak pengorbanan dan upaya nasionalisasi energi dan migas di masa lalu, kenapa sebagai generasi penerus kita malah ingin menjualnya kepada swasta dan asing??? Dimana empati dan rasa terima kasih kita sebagai anak bangsa ???

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, FSPPB memohon doa dan dukungan dalam perjuangan menjaga keutuhan PERTAMINA tetap 100% milik Negara, milik seluruh Rakyat Indonesia!!!

Kepada seluruh Insan Pekerja Pertamina dimanapun berada, kami mohon doa dan dukungan bagi perjuangan yang mulia ini demi keadilan dan kemakmuran masyarakat Indonesia.

Kepada seluruh anggota FSPPB di seluruh wilayah kerja PERTAMINA dari Sabang sampai Merauke, agar bersiap siaga untuk bersama FSPPB melakukan langkah-langkah organisasi lebih lanjut dalam menyikapi situasi ini sampai dengan aksi industrial terunggi jika diperlukan, tentunya dengan tetap menjaga operasional dalam menjalankan tugas melayani energi untuk seluruh Negeri sampai dikeluarkan instruksi selanjutnya.

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Nasional

Ganjar Pranowo dan Tokoh Masyarakat Galang Dukungan Bagi Tim Indonesia ke SOWSG Berlin

Published

on

Photo Credit: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FILE/JP/Tarko Sudiarno
Photo Credit: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FILE/JP/Tarko Sudiarno

️Play Radio 🎶


Telegraf – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOina) akan menggalang dukungan para tokoh masyarakat untuk kesuksesan kontingan Indonesia dalam Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, 17-25 Juni mendatang.

Langkah itu akan diujudkan dalam sebuah acara Gala Dinner yang akan berlangsung pada pukul 19.00 WIB, Rabu, 25 Januari 2023 di Museum Nasional, Jakarta. Undangan menghadiri

“Lewat penyelenggaraan acara ini kami harap dukungan masyarakat akan semakin luas kepada anak-anak bertalenta khusus (disabilitas intelektual) untuk berkembang,” kata ketua panitia penyelenggara Ismarilda, Rabu (25/01/2022).

Dia mengingatkan keberadaan anak-anak bertalenta khusus yang besar di Indonesia. Lewat acara ini akan ada harapan bahwa di masa mendatang dukungan yang lebih nyata akan muncul dari semua pihak. Misalnya saja, pemerintah perlu lebih memperhatikan kesejahteraan mereka dengan memberikan anggaran negara.

Prestasi di SOWSG

Dalam catatan Special Olympics Indonesia (SOina), kontingen Indonesia meraih 9 emas, 9 perak dan 4 perunggu pada SOWSG 2007 di Shanghai, China. Prestasi di ajang yang sama meningkat 4 berikutnya di SOWSG 2011 di Athena, Yunani. Indonesia meraih 15 emas, 13 perak dan 11 perunggu.

Peningkatan prestasi kembali terjadi pada gelaran serupa di Los Angelos, USA, 2015 sebanyak 19 emas, 12 perak dan 9 perunggu diraih para atlit Indonesia. Namun pada SOWSG XV 2019 di Abu Dhabi –UEA terjadi penurunan, hanya 11 emas, 6 perak dan 4 perunggu yang dibawa pulang ke tanah air.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Special Olympics Indonesia berafiliasi dengan International Special Olympics yang mendapat pengakuan sebagai anggota dari International Olympics Committee. Indonesia bergabung sebagai anggota ke 79 pada 9 Agustus 1989. Kini kepengurusan sudah ada di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Special Olympics merupakan gerakan yang berusaha memberikan kepada anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual yang menjadi warganegara yang berguna. Dengan kesempatan yang terbuka untuk mengekresikan diri mereka bakal menjadi warganegara yang produktif, diterima dan diakui kesetaraannya di masyarakat.

 

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Nasional

Oknum Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad di KTT G20 Bali

Published

on

Foto ilustrasi tindak asusila seksual oleh SHUTTERSTOCK
Foto ilustrasi tindak asusila seksual oleh SHUTTERSTOCK

️Play Radio 🎶


Telegraf – Kasus pemerkosaan oleh seorang perwira TNI AD, kepada Letda Caj GE membuat gempar. Pasalnya, peristiwa itu terjadi saat pelaku sedang bertugas melakukan pengamanan acara KTT G20 di Bali, beberapa waktu lalu.

Korban yang merupakan prajurit elite yang bertugas di Divisi Infanteri 3/Kostrad. Sementara pelaku adalah perwira TNI AD, Mayor Inf BF yang merupakan wakil komandan di salah satu detasemen di Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, Puspom TNI telah melakukan penyelidikan dan tindakan terhadap pelaku.

“Sudah proses hukum, langsung. Kalau satu itu tindak pidana, ada pasal yang pasti kita kenakan, KUHP ada. Kedua, adalah dilakukan sesama kelurga besar TNI, bagi saya keluarga besar TNI, Polri, sama saja, maka hukuman tambahannya adalah pecat. Itu harus,” kata Andika di Mako Kolinlamil, Kamis (01/12/2022).

Andika memastikan, bahwa tidak ada kompromi baik itu terhadap pelanggaran ringan maupun pelanggaran berat yang dilakukan oleh anggota keluarga besar TNI. Hingga saat ini pelaku pemerkosaan dinyatakan tersangka dan telah ditahan.

“Enggak ada kompromi. Sekarang sudah ditahan, sudah tersangka. Jadi kalau enggak salah sidiknya di Makassar,” tegasnya.

“Karena korban ini bagian dari Divisi III Kostrad tetapi akan diambil alih oleh Puspom TNI karena pelaku kan Paspampres itu kan di bawah Mabes TNI, kita ambil alih, penanganan di TNI,” tutupnya.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Nasional

Ini yang Dilakukan Pemerintah di Tengah Ancaman Krisis Ekonomi, Pangan dan Energi Global 2022

Published

on

By

Photo Credit: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai pandemi dan jaga jarak fisik atau physical distancing membuat wartawan sulit untuk hadir dan bertemu langsung dengan narasumber. FILE/Dok/KSP
Photo Credit: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai pandemi dan jaga jarak fisik atau physical distancing membuat wartawan sulit untuk hadir dan bertemu langsung dengan narasumber. FILE/IST. PHOTO

️Play Radio 🎶


Telegraf – Munculnya 3 varian baru mengancam krisis pangan, Krisis Energi serta krisis keuangan Global, dan di perparah dengan konflik Ukraina-rusia. Dalam rangka mengatasi krisis pangan, pemerintah terus mendorong terwujudnya swasembada pangan.

“Hakikat dari kondisi covid-19 dan peperangan ini memunculkan tiga varian baru ancaman. Pertama adalah krisis pangan, kedua krisis energi dan ketiga adalah krisis keuangan Global,” kata Moeldoko dalam diskusi online bertajuk “Capaian Kinerja Pemerintah Tahun 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat (FMB9), pada Jum’at (21/10/22).

Ia menjabarkan dalam krisis pangan pemerintah membangun infrastruktur seperti 35 unit bendungan, 10.035 hektar daerah irigasi, rehabilitasi terhadap 152.615 hektar jaringan irigasi, pembangunan 21 embung, dan pembangunan 157 km tanggul pengendali banjir dan pengamanan pantai.

Terkait energi, pemerintah telah mengantisipasi dengan menyiapkan kebijakan, salah satunya adalah Program Mandatori B30 yang mewajibkan semua bahan bakar diesel di Indonesia memiliki campuran minimal 30% biodiesel dan 70% Solar.

Dikesempatan yang sama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan varian Omicron kini muncul subvarian anyar. Namanya XBB yang sudah masuk di Tanah Air. Masyarakat diminta waspada.

Kebijakan menghadapi Covid-19 yang dikeluarkan Presiden saat kasus meningkat sudah melalui beragam pertimbangan dari ahli dan pakar kesehatan dan ekonomi.

“Jika kita patuh ke beliau maka kita bersama-sama bisa hadapi badai seperti judul lagu badai pasti berlalu. Jadi mohon juga doa restunya,” ucapnya.

Melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terus melakukan pengamatan terkait dengan potensi adanya subvarian baru XBB. “Ada varian baru namanya XBB. Varian ini juga sudah masuk ke Indonesia, kita amati terus,” kata Budi.

Ia juga mengatakan dalam menghadapi badai Covid sampai ekonomi semua pihak harus bekerjasama.
Semuanya bekerjasama. Yang tua, muda, kaya, miskin, orang Jawa, Kalimantan dan lainnya bersama menjaga kapalnya dalam artian negara supaya jangan rusak dan bisa melewati badai atau tantangan tahun depan.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Menurutnya jika semua elemen masyarakat bersama Pemerintah kompak apapun tantangannya bisa jadi bisa dilewati dengan baik. Hal itu sudah terbukti saat negara menghadapi puncak kasus Covid-19 di tahun lalu.

“Kita benar-benar harus bekerjasama seperti yang ditunjukkan saat kita mengatasi pandemi Covid,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini capaian vaksinasi Indonesia sudah berada di angka 440 juta dosis yang telah disuntikan kepada 204 juta populasi nasional. Hal itu, kata dia, membuat imunitas masyarakat terhadap Covid-19 menjadi lebih baik. Kendati demikian, ia pun berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero)menggambarkan nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut yang tangguh.

“Saya mau kasih metafora sedikit nenek moyang kita tu pelaut. Jadi nenek moyang kita sudah sering menghadapi badai,” ujar Budi, kemarin.

Badai yang dimaksud saat ini bisa berupa tantangan menghadapi pandemi Covid-19, dampaknya hingga persoalan lain menyangkut sosial, ekonomi dan politik.

“Mereka tahu cara menghadapi badai. Ada dua opsi pertama balik mundur atau dia maju terus berlayar dengan seluruh keahliannya memanfaatkan angin di belakang untuk bisa menerjang badai dan sampai ke tujuan lebih cepat,” paparnya.

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Nasional

Pengamanan G20 di Bali TNI Turunkan 18.030 Personil dan 4 Pesawat Tempur

Published

on

By

Photo Credit: Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. FILE/IST. PHOTO
Photo Credit : Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa/Doc/ ist

️Play Radio 🎶


Telegraf – Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan 18.030 Personil dan 12 pesawat yang akan di siapkan untuk pengamananserta kenyamanan para tamu dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) yang akan dilaksanakan di Bali November mendatang.

“Untuk pengamanan pada G20 mendatang secara umum personil yang kami siapkan total 18 ribu 30 personil. Ada diantaranya sekitar 3.200 personil polri dan 492 personil dri institiusi lain tapi mereka masuk dalam tugas kami. TNInya sendiri ada 14.300 personil,” ungkap Andika dalam konfrensi pers daring, Kamis (20/10).

Andika mengatakan satgasnya bermacam macam, termasuk satgas VVIP yang akan menempel para masing masing Kepala negara.

“Kita sudah siapkan 42 paket pengamanan untuk menjaga segala kemungkinan, jika nanti yang hadir seluruhnya sehingga kami siapkan 42 paket pengamanan kepan]la Negara atau setingkat Kepala negara, selain itu juga ada satgas laut dan udara,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan untuk satgas udara akan di turunkan serjumlah 12 pesawat dengan masing maing 4 pesawat tempur 2 F16 dan 2 Sukoi, 6 Helicopter dari Angkatan Udara, 5 Helicopter dari Angkatan Laut dan 2 Helicopter dari Angkatan Darat dengan total 13, selain itu juga ada 2 pesawat Hercules (yang di siapkan 1 untuk medis dan 1 untuk angkutan).

“Selain itu kita menyediakan juga 1 Pesawat boing VIP apa bila di butuhkan sebagai tambahan dan 2 pesawat boing sebagai pesawat pengintai,” tuturnya.

Baca Juga :   FSPPB Tolak PGE IPO dan Sampaikan Deklarasi

Andika menambahkan untuk satgas laut melibatkan 12 KRI yang di tempatkan di lingkaann pulau bali untuk pengamanan, termasuk pendampingan kapal kapal militer negara negara partisipan yang akan mengirimkan.

Untuk panglanan udara ada 13 pangkalan udara yang disiapkan tenaganya dari Sumatra kalimantan dan Jawa, ” Gampangnya kalau kita melihat peta Indonesia, pangkalan udara yang ada di sumatra kecuali Ace, Jawa, Bali, Lombok dan untuk Kalimantan itu ada di banjar masin dan Balikpapan serta 1 pelabuhan,” kata Andika.

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close