BI Jadikan UMKM Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Nasional

"Platform digital menjadi sumbangsih dan dedikasi kami untuk bagaimana digital payment system bisa mengembangkan UMKM ini. Tidak kurang ada 8.000 pengunjung menghadiri berbagai acara ini dengan 377 UMKM terlibat dan menunjukkan produk-produk daerah mereka."

BI Jadikan UMKM Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Nasional


Telegraf – Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian/Lembaga (K/L) terus meningkatkan kewirausahaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga menjadi sumber baru dan kekuatan utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Untuk memajukan UMKM sebagai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru, BI telah menjalin sinergi antar K/L antara lain dengan Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata, maupun Kementerian Luar Negeri,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Seminar dan Kick Off Program BI di Jakarta, Minggu (30/08/20).

Sinergi diwujudkan melalui kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri pertama yang bertujuan UMKM go ekspor, go digital, hingga mampu menggebrak pasar dunia. Seminar ini sekaligus menjadi kickoff nasional Bangga Buatan Indonesia.

Selain itu, BI juga mendukung digitalisasi sistem pembayaran UMKM melalui QR Code Indonesia Indonesian Standard (QRIS). Saat ini, sebanyak 4,3 juta UMKM di Indonesia telah teregistrasi QRIS.

“Platform digital menjadi sumbangsih dan dedikasi kami untuk bagaimana digital payment system bisa mengembangkan UMKM ini. Tidak kurang ada 8.000 pengunjung menghadiri berbagai acara ini dengan 377 UMKM terlibat dan menunjukkan produk-produk daerah mereka. Business matching meningkat pesat dibandingkan tahun lalu, bahkan secara live menghadirkan 14 potential buyer dari Singapura, Italia, Jepang, Korsel, Tiongkok,” terangnya.

Perry mengatakan, BI juga sudah melakukan showcasing produk UMKM di berbagai daerah terutama di tiga wilayah Sumatera, Jawa dan Indonesia timur. Selain itu, melakukan pengembangan berbagai merchant produk UMKM di pasar tradisional.

Baca Juga :   Zipmax Tawarkan Crypto Currency Transparan

Photo Credit: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. ANTARA/Sigid Kurniawan

 

Shan Santi

close