BI : China Masih Menjadi Pesaing Ketat Indonesia Dalam Ekspor

"Untuk meminimalisir persaingan dg China, umkm harus memiliki competitiveness yang tinggi. Untuk itu produknya perlu lebih spesifik dan perluasan akses pasar melalui platform digital perlu diperkuat"

BI : China Masih Menjadi Pesaing Ketat Indonesia Dalam Ekspor

Telegraf, Jakarta, – Deputi Eksekutif Departemen Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI), Budi Hanoto mengatakan China adalah salah satu negara yang masih menjadi pesaing Indonesia dalam ekspor, untuk itu perlu adanya competitiveness yang tinggi dan produknya lebih spesifik untuk merebut pasar ekspor yang ada.

Hal itu diungkapkan dalam konfrensi pers terkait BI akan mengadakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 dengan tema Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital di kantornya, Jakarta.

“Untuk meminimalisir persaingan dengan China, UMKM harus memiliki competitiveness yang tinggi. Untuk itu produknya perlu lebih spesifik dan perluasan akses pasar melalui platform digital perlu diperkuat,” tuturnya.

Budi menjelaskan KKI tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, KKI tahun ini mengangkat konsep sebuah keberhasilan UMKM yang dibina oleh BI dari tahun ke tahun hingga mencapai akses pasar, dengan pembiayaan lebih baik serta berkesempatan mengikuti event festival sehingga mendapatkan akses pasar lebih luas.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, KKI 2019 selain menapilkan produk produk UMKM di booth yang ada, akan ada sesi memfasilitasi UMKM dengan bussines matching antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan bahkan importir luar negeri, ” kata Budi,

Budi menjelaskan pameran akan dilakukan pada tanggal 12 – 14, Juli mendatang dengan menghadirkan 370 UMKM yang meliputi 120 UMKM tenun dan fasion, 88 UMKM craft atau kerajinan dan 120 makanan baik kering maupun basah.

“Karena ini bentuknya festival maka kegiatannya tidak hanya pameran pada lapak booth tetap akan ada pembukaan dan beberapa hal seperti fahsion show dan ada parade peragaan karya kreatif,” kata Budi. (Red)


Cresit Photo : ilustrasi/istimewa

Baca Juga  FinEXPO Diharapkan Dapat Memenuhi Target Inklusi Keuangan 2019

Bagikan Artikel



Komentar Anda