Beroperasi, Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo

"Ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan,"

Beroperasi, Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo


Telegraf – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo di Stasiun Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (01/03/2021).

“Hari ini saya resmikan koperasi kereta listrik lintas Yogyakarta-Solo,” katanya.

Transportasi ini lebih digadang-gadang lebih cepat dibandingkan transportasi massal lainnya.

“Lebih cepat 10 menit dari Prameks,” ungkapnya.

Menurutnya, transportasi yang diresmikan saat ini memiliki teknologi yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan teknologi listrik sebagai tenaga utama dalam menggerakkan keretanya, berbeda pada transportasi kereta api lainnya.

“Sangat bagus sekali dan juga yang paling penting kereta ini kereta listrik yang ramah lingkungan,” imbuhnya.

Jenis transportasi dengan tenaga listrik, lanjut dia, harus terus diperbanyak oleh berbagai pihak lain. Dan jadikan sebagai pilihan transportasi publik dalam beberapa waktu ke depan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo di Stasiun Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (01/03/2021).

Hal ini penting, karena saat ini pemerintah tengah gencar menerapkan kebijakan transportasi listrik. Sehingga, keberadaan transportasi ini dapat membawa dampak positif bagi lingkungan yang dilintasi oleh transportasi publik itu.

“Ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan,” paparnya.

Jokowi berharap, adanya transportasi ini dapat memobilisasi masyarakat antara dua wilayah tersebut menjadi semakin mudah. Dengan begitu, akan mendorong sektor pariwisata yang merupakan sektor unggulan dari dua wilayah itu.

Baca Juga :   China Akan Investasikan 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

“Juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita,” pungkasnya.


Photo Credit: Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat tiba di Pangkalan TNI AU Adisujipto, Minggu (28/02/2021). FILE/Setpres/Muchlis Jr

 

close